Beberapa Resep Makanan Pendamping ASI

Anak adalah harta yang paling berharga. Anak merupakan investasi masa depan dimana kehidupan orang tuanya di masa depan juga bergantung bagaimana kehidupan anaknya.

Salah satu cara menjaga harta yang paling berharga ini adalah dengan memberikannya nutrisi terbaik sejak kecil. Gempuran bahan-bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan pada anak lebih besar dibandingkan saat kita kecil dulu.

Mungkin bunda merasa cukup memberikan susu formula termahal dan sereal bubur bayi instan tebaik. Padahal makanan yang terbaik justru berasal dari alam dan harganya jauh lebih murah.

Sayangnya makanan terbaik ini juga harus dibayar dengan kerepotan. Namun untuk anak-anak bunda tentu tak keberatan melakukan semuanya.

Air Susu Ibu (ASI) adalah nutrisi terbaik pada bayi. Saat usia bayi 0 – 6 bulan, anak hanya membutuhkan asupan ASI tanpa perlu bahan makanan lainnya. Namun saat anak berusia lebih dari 6 bulan, tentu ASI saja tidak cukup.

Oleh karena itu bunda harus memberikan makanan pendamping ASI (MP ASI). Ada berbagai merk sereal MP ASI instan dengan klaim kandungan gizi yang bermacam-macam. Namun MP ASI buatan bunda sendiri tetap lebih sehat.

Berikut ini beberapa resep MP ASI yang bisa bunda sajikan untuk si kecil.

Puding Sayur Mayur

www.zarahgy.wordpress.com

Bahan-bahan yang perlu disiapkan diantaranya brokoli 100 gram, wortel 1 buah, kaldu daging 200 ml, roti tawar 2 lembar, telur 2 butir, garam ½ sendok teh, dan susu UHT secukupnya.

Sebelum dimasak, cincang halus brokoli. Kemudian kupas dan parut halus wortel. Adapun telur dipecahakan serta dikocok lepas.

Selanjutnya rendam roti tawar dalam air kaldu sampai lunak. Campurkan semua bahan kecuali susu UHT. Aduk rata dalam wadah yang terbuat dari bahan bukan plastik.

Letakan pada wadah berisi air. Panggang campuran ini sampai sayur mayur melunak. Angkat kemudian tambahkan susu UHT. Puding sayur mayur siap disajikan untuk si kecil.

Bubur Ati Ayam

thedytaputri.wordpress.com

Meskipun namanya bubur ati ayam, namun tetap gunakan beberapa sayur hijau untuk memperkaya kandungan gizinya.

Bahan-bahan yang diperlukan diantaranya 2 genggam beras merah, ati ayam 1 buah, 1 buah wortel lokal, 1 buah labu siam kecil, 1 batang daun bawang, ¼ bagian bawang bombay, sedikit seledrim, 100 ml kaldu ayam, dan air secukupnya untuk merebus.

Rebus ati ayam selama beberapa saat terlebih dahulu. Kemudian potong kecil-kecil wortel, labu siam, daun bawang, daun seledri, dan bawang bombay.

Cuci bersih beras merah. Kemudian rebus dengan air secukupnya. Saat beras sudah merekah tambahkan air kaldu ayam. Setalah beberapa saat masukan semua bahan-bahan. Jika sayuran sudah lunak, bubur ati ayam dapat disajikan.

Bubur Ikan

as3fauziah.blogspot.com

Bahan-bahan untuk membuat bubur ikan diantaranya ikan salmon seukuran jempol orang dewasa, nasi putih 2 sendok makan, brokoli 2 kuntum, setengah wortel lokal, keju parut, dan air mineral secukupnya.

Cara memasak bubur ikan yang pertama dengan mengukus wortel, brokoli, dan ikan salmon. Kemudian masukan bahan yang sudah dikukus ini ke dalam blender. Tambahkan nasi putih dan air mineral. Haluskan semua bahan dengan blender.

Sebelum disajikan taburi dengan keju parut untuk memberikan tambahan gizi dan rasa.

Gurame Kukus

dentistvschef.wordpress.com

Bahan-bahan yang perlu disiapkan diantaranya gurame fillet 75 gram, bawang putih 1 siung, bawang merah 1 siung, jahe ½ cm, dan keju cheddar parut 1 sendok teh.

Haluskan bawang putih, bawang merah, dan jahe. Kemudian lumuri gurame fillet dengan bumbu halus ini. Masukan pada wadah yang tidak terbuat dalam plastik. Tambahkan keju parut.

Kukus ikan gurame selama kurang lebih 20 menit. Setelah tekstur ikan lunak, gurame kukus siap dihidangkan pada si kecil.

Tinggalkan komentar