Resep Minuman Segar untuk Dinginkan Hari-harimu

RESEP MINUMAN SEGAR – Saat cuaca panas, paling enak adalah minum minuman dingin yang menyegarkan. Apalagi kalau porsinya cukup banyak dan bisa membuat kita jadi kenyang. Itung-itung ngirit gitu, sekalian buat makan siang, hehe.

Nah, ternyata, di Indonesia ada banyak minuman segar yang bisa kamu pilih. Mau yang bahannya campuran buah-buahan, atau terbuat dari tepung beras juga ada. Banyak variasinya lah pokoknya, sesuai dengan selera kamu aja.

Kalau kamu ingin mendapatkan porsi yang banyak, salah satu caranya adalah membuat sendiri minuman segarnya. Nggak sulit kok bikinnya, ikuti langkah-langkah berikut ini ya.

 

Es Doger

Resep Minuman Segar - Es Doger
kovoid.blogspot.com

Bahan Es Doger

  • 200 gram kelapa muda yang sudah dikeruk lebar
  • 2,5 kg gram es batu
  • 25 gram sagu mutiara merah yang sudah direbus
  • 25 gram sagu mutiara hijau juga sudah direbus
  • 125 gram alpukat yang sudah dikeruk lebar
  • 125 gram nangka yang sudah dipotong-potong
  • 100 gram tape singkong yang sudah dipotong-potong
  • Susu kental manis vanila secukupnya

Bahan Sirup Es Doger

  • 450 gram gula pasir
  • 250 ml santan yang terbuat dari 1 buah kelapa
  • 1/2 sdt garam
  • Pewarna merah muda secukupnya

Cara Membuat Es Doger

  1. Rebus semua bahan sirup menggunakan api kecil sampai mendidih, pastikan gula sudah larut, angkat dan dinginkan.
  2. Susun alpukat, nangka, sagu mutiara, kelapa muda dan tape singkong ke dalam gelas.
  3. Serutkan es batu di atas bahan-bahan tadi. Tambahkan susu kental manis dan sirup yang sudah dibuat.
  4. Es doger siap disajikan.

Es Melon Leci

es melon
tinkturedrsulca.com

Bahan Es Melon Leci

  • 1 sdt biji selasih yang sudah direndam terlebih dahulu
  • 200 gram melon yang sudah dikeruk bulat
  • 200 gram leci kaleng yang sudah dibuang airnya
  • 150 gram strawberi yang sudah dibelah menjadi dua bagian
  • 250 ml sirup rasa melon
  • 600 ml air
  • 1 buah jeruk lemon yang diambil airnya saja
  • 500 ml soda tawar
  • 500 gram es batu

Cara Membuat Es Melon Leci

  1. Masukkan melon, leci, selasih, strawberi dan sirup melon ke dalam gelas besar.
  2. Tambahkan air dan es batu, aduk sampai semua tercampur rata.
  3. Es melon leci siap disajikan.

Es Nata de Coco

ea nata de coco
bisnisukm.com

Bahan Es Nata de Coco

  • 150 gram nata de coco
  • 500 ml air jeruk, sesuai selera mau menggunakan jeruk apa saja
  • 250 ml air kelapa
  • 200 gram kelapa muda yang sudah dikeruk panjang

Bahan Sirup Es Nata de Coco

  • 400 ml air
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat Es Jeruk Medan

  1. Untuk membuat sirup, masak air dan gula sampai larut. Masukkan ke dalam freezer sampai beku. Setelah beku, blender es sirup sampai halus, tambahkan air jeruk nipis, bekukan kembali.
  2. Masukkan kelapa muda dan nata de coco ke dalam gelas. Tambahkan air kelapa, air jeruk medan dan es sirup.
  3. Es nata de coco siap disajikan.

Es Dawet

Es dawet
hensi.wordpress.com

Bahan Cendol

  • 250 gram tepung beras
  • 2 liter air yang sudah matang
  • 2 sdm air kapur sirih

Bahan Santan

  • 1 liter santan kelapa
  • 1 1/2 sdt garam dapur

Bahan Sirup

  • 250 gram gula merah
  • 1 liter air
  • 5 sdm gula pasir
  • 5 lembar daun pandan

Cara Membuat Es Dawet

  1. Campurkan bahan cendol dan masukkan ke dalam air mendidih. Setelah menjadi kental dan pucat, masukkan ke dalam saringan untuk mencetak. Tekan-tekan cendol di atas saringan yang bagian bawahnya sudah diberi wadah berisi air matang.
  2. Untuk menyiapkan santan kelapa, rebus santan dengan garam, gunakan api kecil sambil terus diaduk sampai mendidih.
  3. Untuk sirup, campurkan semua bahan sirup sampai semua bahan mencair.

Cara Menyajikan Dawet Ayu

  1. Masukkan dawet ke dalam gelas, tambahkan es batu dan sirup. Setelah itu tuangkan santan sampai gelas hampir penuh.
  2. Es dawet siap disajikan.

Sup Buah

sup buah
cara-resep.blogspot.com

Bahan Sup Buah

  • 200 gram gula pasir
  • 1,5 liter air
  • 3 cm kayu manis
  • 5 buah cengkeh
  • Garam secukupnya
  • Air jeruk nipis secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya
  • 1 sdm kapur sirih
  • Buah Semangka, melon, pepaya, alpukat secukupnya

Cara Membuat Sup Buah

  1. Campur gula, garam, kayu manis, cengkeh dan air. Masak sampai mendidih, setelah itu angkat dan saring.
  2. Potong buah sesuai selera, lalu rendam menggunakan larutan kapur sirih, diamkan beberapa menit. Cuci sampai bersih kemudian masukkan ke dalam larutan gula, aduk sampai rata.
  3. Tambahkan susu kental manis dan air jeruk nipis ke dalam campuran larutan gula dan buah.
  4. Tuangkan ke dalam gelas dan tambahkan es batu.
  5. Sup buah siap disajikan.

Es Oyen

es oyen
warbiasya.com

Bahan Es Oyen

  • Cincau hitam yang sudah dipotong dadu secukupnya
  • Melon yang sudah dipotong dadu secukupnya
  • Nanas yang sudah dipotong panjang secukupnya
  • Mangga yang sudah dipotong dadu secukupnya
  • Kelapa muda yang sudah dikeruk dagingnya secukupnya
  • 300 gram gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 500 ml air
  • Es batu secukupnya
  • Susu kental manis
  • Sirup gula

Cara Membuat Es Oyen

  1. Campur gula pasir, garam, dan sirup gula. Rebus sampai mendidih dan gula benar-benar larut, angkat dan dinginkan.
  2. Masukkan melon, nanas, mangga, cincau hitam dan kelapa muda ke dalam mangkuk.
  3. Tambahkan es batu secukupnya, kemudian siram dengan lauratn air gula dan tambahkan susu kental manis.
  4. Es oyen siap disajikan.

Resep Minuman Segar Es Teler Sintesa

Resep Minuman Segar Es Teler Sintesa
cookpad.com

Bahan-bahan membuat Es Teler Sintesa

  • 1 bungkus santan kara 64 mil
  • 1 bungkus agar – agar nutrijel plain
  • 4 sendok makan gula
  • ¼ sendik teh garam
  • Susu kental manis
  • Sirup marjan cocopandan
  • Jeruk nipis

Langkah-langkah membuat Es Teler Sintesa

  1. Tuangkan sekitar 3 gelas air, agar – agar nutrijel plain, santan kara, garam, dan gula.
  2. Lalu masak dengan api sedang sampai mendidih
  3. Siapkan baskom yang sudah terisi es batu, lalu tuangkan sedikit saja agar – agar nutrijel yang tadi dimasak sambil diaduk – aduk
  4. Siapkan gelas atau mangkuk, susu, dan sirup cocopandan
  5. Lalu masukkan nutrijel yang berbentuk gumpalan – gumpalan, kemudian tambahkan es batu dan beri perasan jeruk nipis
  6. Es Teler Sintesa siap dinikmati.

Resep Minuman Segar Es Kelapa Muda Super

Resep Minuman Segar Es Kelapa Muda Super
cookpad.com

Bahan – bahan Es Kelapa Muda Super:

  • 1 bungkus santan kara 65 gram
  • 1 bungkus nutrijel plain 15 gram
  • 1 sachet susu kental manis putih
  • 400 mili air

Langkah – langkah Membuat Es Kelapa Muda Super

  1. Siapakan wadah (gelas atau mangkuk)
  2. Lalu masak semua bahan yang sudah disiapkan hingga agak mendidih
  3. Jangan lupa sambil diaduk sesekali
  4. Tuang adonan pada wadah yang tadi sudah disipkan, dinginkan sampai busa – busanya hilang
  5. Kemudian masukkan ke dalam kulkas dan tunggu hingga mengeras
  6. Kerok pake penutup botol atau semacamnya
  7. Campurkan sirup DHT / coco pandan
  8. Tambahkkan susu kental manis dan air
  9. Terakhir, masukkan es batu dan aduk rata
  10. Bisa juga ditambahkan biji selasih agar menarik untuk dipandang
  11. Es Kelapa Muda Super siap dinikmati

Resep Minuman Segar Es Buah Pinky

Resep Minuman Segar Es Buah Pinky
cookpad.com

Bahan – bahan membuat es buah pinky

  • Kelapa muda satu buah
  • Melon disesuaikan dengan jumlah porsi yang dibuat
  • Nata de coco satu bungkul (disesuaikan dengan jumlah porsi)
  • Buah Naga Merah satu buah
  • Jelly
  • Cintau
  • Susu kental manis
  • Sirup DHT
  • Air Mineral secukupnya

Langkah – langkah membuat es buah pinky

  1. Pertama, parut kelapa muda dan melon sebagian
  2. Sebagian lagi potong sesuai selera (bisa potong dadu atau panjang – panjang)
  3. Setelah semua buah diparut dan dipotong, masukkan ke dalam wadah
  4. Campurkan air, susu kental manis dan sirup DHT
  5. Aduk hingga semua bahan tercampur rata
  6. Es Buah Pinky siap untuk diminum

Resep Minuman Segar Es Gula Manis Asam Jawa

Resep Minuman Segar Es Gula Manis Asam Jawa
cookpad.com

Bahan-bahan Membuat Es Gula Manis Asam Jawa

  • Buah nanas satu buah
  • Buah pir satu buah
  • 1 sendok makan asam jawa
  • 200 gram gula jawa (disesuaikan dengan selera, kalau suka manis bisa ditambah; kalau kurang suka bisa dikurang)
  • 2 liter air bersih
  • 1 sendok makan gula pasir

Langkah – langkah membuat Es Gula Manis Asam Jawa

  1. Rebus air bersama asam dan gula.kemudian potong – potong dadu buah pir dan nanas
  2. Untuk Buah nanas setelah dibersihkan dan dipotong.direndam dulu beberapa menit dalam air garam setelah itu baru buah nanas dicuci lagi sampai bersih
  3. Setelah air mendidih masukan buah ke dalam air yang mendidih tersebut. Tidak perlu lama, bisa sampai 5 menit untuk mencicipi rasanya.
  4. Lalu matikan kompor.dan biarkan dingin dengan menyimpannya dalam kulkas
  5. Es buah pinky siap diminum

Resep Minuman Segar Es Cincau Hijau

Resep Minuman Segar Es Cincau Hijau
kuliner.panduanwisata.id

Bahan-bahan Es Cincau Hijau:

  • 1 Kg daun cincau hijau
  • 1 buah kelapa bakar kemudian parut dan peras santannya
  • 1 gelas gula pasir kemudian kasi air secukupnya, dan rebus sampai larut
  • 1 sendok teh garam
  • 2 liter air yang matang
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Es Cincau Hijau:

  1. Tuangkan cappucino dan gula kedalam gelas kemudian larutkan dengan air hangat apabila sudah larut tuangkan air dingin dan aduk rata
  2. Setelah semuanya siap, masukkan cincau dan es batu secukupnya ke dalam wadah, dan es segar pun siap untuk anda nikmati.

Resep Minuman Segar Es Jus Sirsak Selasih

Resep Minuman Segar Es Jus Sirsak Selasih
resephariini.com

Bahan es jus sirsak selasih:

  • Daging buah sirsak sebanyak 300 gr
  • Sirup guka sebanyak 100 ml
  • Biji selasih sebanyak 1 sdm (rendam di air hangat)
  • Es batu secukupnya

Cara  Membuat Jus Sirsak Selasih

  1. Masukan sirup gula sirsak dan juga es batu secukupnya ke dalam tabung blender, kemudian proses sampai bahan-bahan didalamnya tercampur halus dan rata.
  2. Kemudian tuangkan bahan di dalam blender tersebut ke dalam gelas, dan masukan biji selasih
  3. Minuman ini sangat segar bila disajikan selagi dingin.

Resep Minuman Segar Es Kiwi Punch Soda

Resep Minuman Segar Es Kiwi Punch Soda
resephariini.com

Bahan Es Kiwi Punch Soda

  • Siapkan 2 buah kiwi dan kemudian potong-potong buah tersebut
  • Siapkan sirup rasa melon 200 ml
  • Soda manis 300 ml
  • Siapkan juga es batu secukupnya atau sesuai dengan selera anda

Cara membuat es kiwi punch soda:

  1. Pertama, masukan sirup melon kiwi dan es batu secukupnya ke dalam blender lalu proses sehingga bahan-bahan didalamnya tercampur dengan rata.
  2. Tuang ke dalam gelas dan tambah dengan soda manis
  3. Minuman segar ini siap disajikan atau diminum.

Resep Minuman Segar Es Orange Lassy

contoh resep-minuman-segar-es-orange-lassy
hello-pet.com

Bahan Es Orange lassy:

  • Jelly orange sebanyak satu bungkus
  • Air yang sudah masak sebanyak 200 ml
  • Gula pasir 5 sdm
  • 1 buah jeruk sunkist kemudian kupas dan potong-potong
  • Konsentrat jeruk 5 sdm
  • Yogurt jeruk 5 sdm
  • Air mentah 600 ml
  • Es batu secukupnya

Cara membuat es Orange Lassy:

  1. Hal pertama yang dapat anda lakukan adalah mencampurkan jelly, air dan juga gula pasir. Masak sambil terus aduk-aduk bahan tersebut sampai rata dan mendidih
  2. Tuangkan ke dalam wadah bahan yang telah dimasak tadi dan diamkan sampai jelly tersebut mengeras, kemudian potong-potong sesuai dengan selera anda.
  3. Kemudian masukan jeruk sunkist, konsentrat, air, yoghurt dan juga es batu ke dalam blender, lalu proses sampai semuanya tercampur rata dan halus.
  4. Masukan jelly kedalam gelas dan tuangkan es jeruk
  5. Silahkan tambah es batu sesuai dengan kebutuhan anda.

Resep Minuman Segar Es Lemon Tea Sederhana

Contoh resep-minuman-segar-es-lemontes
resephariini.com

Bahan untuk membuat es teh lemon

  • Teh celup 3 buah/kantong
  • Air matang 500 ml
  • Lemon dua buah yang diambil airnya
  • Gula pasir 250 gr
  • Lemon 1 buah yang diiris tipis
  • Daun mint secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara Membuat Es Teh Lemon:

  1. Seduh teh dengan air yang mendidih sampai berwarna pekat
  2. Kemudian tambahkan gula pasir dan aduk sampai merata, biarkan sampai dingin
  3. Masukan air lemon yang telah diperas tadi dan aduk secara perlahan sampai merata. Kemudian masukan juga potongan lemon
  4. Siapkan gelas yang telah diberi es batu, kemudian tuangkan teh lemon tersebut, beri hiasan daun mint agar panampilannya semakin cantik.
  5. Beri es batu sesuai selera anda dan terakhir. Es teh lemon segar pun siap untuk dihidangkan.

Resep Minuman Segar Es Mc Punch

Contoh resep-minuman-segar-mc-punch
tokomesin.com

Bahan Es Mc Punch

  • Beras kencur sebanyak 50 ml
  • Jus jeruk 50 ml
  • Jus jambu 50 ml
  • Jus apel 40 ml
  • Jus lemon 40 ml
  • Jus nanas 60 ml
  • Es batu 200 gr atau secukupnya
  • Air soda secukupnya

Cara membuat Es Mc Punh:

  1. Pertama, masukan semua bahan tersebut kedalam blender kemudian beri soda sesuai selera.
  2. Proses semua bahan sampai tercampur rata kemudian sajikan selagi masih dingin.

Resep Minuman Segar Iced Taro Tatte

resep-minuman-segar-es-taro-latte
hipwee.com

Bahan-bahan Milo on Top:

  • 2 sndk teh minuman bubuk taro
  • 240 mili gram susu putih kental ( kamu bisa mengantinya dengan susu kedelai dan susu almond atau yang lainna.)
  • Gula pasir sesuaikan dengan pemakaian
  • Air putih hangat
  • Es batu sebutuhnya saja

Cara membuatnya:

  1. Larutkan bubuk iced taro latte menggunakan air hangat. Kemudian aduk atau Kocok sampai semuanya teraduk rata.
  2. Lau Masukkanlah susu ke dalam wadah minum yang digunakan. Tutup rapat dan kocok lagi sampai merata dan permukanannya mengeluarkan buih.
  3. Kemudian masukan es batu secukupnya saja ke dalam gelas minuman. lalu Tuangkan iced taro latte, susu dan  gula pasir yang sudah dikocok.
  4. Aduk lagi secara merata untuk memastikan semua bahan tercampur rata.
  5. iced taro latte-nya sudah jadi deh…! Silahkan, kamu bisa nikmati Minuman iced taro latte ini sambil melihat film film biaar rasanya semakin enak. Hehehe

Resep Minuman Segar Milo on Top

resep-minuman-segar-es-milo-on-top
hipwee.com

Bahan Milo on Top:

  • 3-4 bungkus Milo
  • 1 sndk teh gula pasir
  • air panas
  • air biasa atau lebih bagusnya air dingin
  • Es batu seperlunya saja

Cara membuat Milo on Top:

  1. Masukkanlah 2 sampai 3 bungkus Milo ke dalam wadah. Kemudian tambah gula pasir dan masukan air panas, lalu aduk sampai merata dan Milo-nya nggak menggumpal.
  2. Tuangkan air dingin atau air biasa ke dalam larutan Milo. Aduk sampai tercampur rata.
  3. Masukkan es batu dan sesuai yang kamu inginkan.
  4. Kemudian Taburkan sisa milo ke dalam wadah yang kamu gunakan. Kali ini, jangan kamu aduk.

Resep Minuman Segar Es Frappuccino

 

resep-minuman-segar-es-frappuccino
hipwee.com

Bahan Es Frappuccino:

  • 2 sendok makan kopi bubuk
  • 2-3 sendok makan sirup cokelat
  • 100 ml air mendidih
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 100 ml susu putih cair
  • 1 gelas es batu

Cara membuatnya:

  1. Seduh kopi bubuk dengan air mendidih. Aduk rata, saring untuk membuang ampasnya, dan simpan selama 8-10 menit di dalam kulkas.
  2. Masukkan es batu, kopi dingin, susu cair, gula, dan sirup cokelat ke dalam blender. Halus dan campurkan semua bahan tersebut selama 20-30 detik atau sampai lembut.
  3. Tuang deh ke dalam gelas saji.

Resep Minuman Segar Es Strawberry

resep-minuman-segar-es-strawberry-merah

Bahan Es Strawberry Segar:

  • 1 sendok makan madu
  • 10 buah strawberry segar
  • 500 ml air
  • Sirup coco pandan
  • Bubuk vanila secukupnya
  • Es batu secukupnya

Cara membuat Es Strawberry Segar:

  1. Cuci sampai bersih buah strawberry kemudian belah menjadi 4 bagian, sisihkan.
  2. Panaskan air sampai mendidih, masukkan sirup, bubuk vanila  dan madu. Kemudian aduk merata sampai larut lalu angkat.
  3. Selanjutnya, biarkan air yang telah direbus menjadi hangat kemudian masukkan buah strawberry ke dalamnya dan aduk semua bahan sampai merata.
  4. Siapkan gelas (wadah es) yang telah diberi es batu. Kemudian masukkan buah strawberry ke dalamnya.
  5. Hiasi gelas menggunakan buah lemon atau strawberry di pinggirannya, lalu sajikan.

Resep Minuman Segar Es Kacang Merah

resep-minuman-segar-es-kacang-merah
cookpad.com

Bahan Es Kacang Merah

  • 250 gr kacang merah
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt vanilla cair
  • 4 sdm maizena
  • 1/2 butir santan kelapa murni
  • 3 saccet susu kental manis
  • 2 lembar daun pandan
  • 3 potong gula merah ukuran kecil
  • Topping syirup cocopandan

Cara Membuat Es Kacang Merah

  1. Pertama kacang merahnya direndam semalam. Kemudian direbus dengan air 500ml sampai empuk lalu masukan gula merah dan garam. Supaya agak kental tambahkan 1 sdm maizena yang sudah dicairkan dengan air. Setelah merata kentalnya kemdian angkat dan supaya dingin simpen dikulkas.
  2. Masak santan dengan gula pasir, garam, vanilla dan daun pandan. Setelah mendidih masukan susu kental manis dan sisa maizena nya. Kemudian angkat lalu dinginkan dalam freezer sampai setengah beku dan diblender agar tidak mengkristal dan simpan dikulkas lagi. (santan dapat dibuat sehari sebelumnya).
  3. Selanjutnya tata di gelas dan massukkan santen (setengah beku seperti es krim) dengan centong es krim kemudian tambahkan kacang merah diatasnya dan siram dengan sirup cocopandan.

Resep Minuman Segar Es Buah Cincau Ndeso

resep-minuman-segar-es cincau ndeso
cookpad.com

Bahan Es Buah Cincau Ndeso:

  • 200 ml santan
  • 1/2 buah melon
  • 1/2 buah pepaya
  • 1 bungkus pacar cina
  • 15 lembar daun cincau hijau
  • 1 sachet susu putih
  • gula merah secukupnya
  • es batu secukupnya
  • 300 ml air mateng biasa (jangan air mineral, jangan yg udah di kulkas, yg suhu ruang biasa aja)

Cara Membuat Es Buah Cincau Ndeso:

  1. Cuci bersih daun cincau kemudian masukan ke dalam baskom 300ml air serta daun cincau. Kemudian remas-remas terus sampai mengental. Selanjutnya saring dan biarkan menjadi padat dengan sendirinya jangan dikulkas. (Usahakan tangan jangan terkena garam karena memungkinkan cincaunya cincaunya tidak jadi).
  2. Rebus santan dan gula merah. Sambal menunggu bisa menyiapkan buah melon dan papaya dengan memotongnya kecil-kecil.  Selanjutnya rebus juga pacar cina sampai matang.
  3. Campurkan buah melon, pepaya, cincau yangg telah dipotong kecil-kecil dan pacar cina dalam satu baskom. Kemudian siram dengan santan dan tambahkan susu sachet, aduk merata dan tambahkan juga es batu.
  4. Es Buah Cincau Ndeso siap disajikan

Es Pallubutung Khas Makasar

resep-minuman-segar-es-pallu-butung-khas-makasar

 

Bahan Es Pallubutung

  • 1/2 sdt vanili dan sejumput garam
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 lembar daun pandan
  • 5 buah pisang raja/kepok kukus                         
  • 50 gr tepung beras
  • 500 ml santan (100 ml santan instan di campur air mateng hingga 500 ml)
  • sirup cocopandan abc secukupnya

Cara membuat Es Pallubutung Khas Makasar   

  1. Campur semua bahan yang ada kecuali pisang kukus kemudian aduk merata sampai benar-benar larut
  2. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk (agar santan tidak pecah) sampai mendidih dan meletup-letup
  3. Selanjutnya potong pisang dan tata di dalam mangkuk/ wadah tambahkan saus flanya(sum – sum) dan siram dengan sirup cocopandan
  4. Porsinya di sesuaikan dengan keinginan dan flanya (sum-sum) di buat dengan perbandingan 1:10 (di atas  menggunakan 50 gr tepung 500 ml santan)

Es Jenang 

es-jenang

Bahang Es Jenang :

1. 2 buah singkong ukuran besar

2. Gula jawa Sesuai Selera

3. Garam Secukupnya

4. Santan Sesuai selera

Cara Membuat es Jenang :

  • Parut singkong
  • Masukan gula jawa ke air mendidih
  • Bikin beberapa bulatan, masukan kedalam air mendidih
  • Setelah bulatan matang, Lalu parutan sisa bulatan di masukkan juga ke rebusan air gula
  • Tunggu hingga matang dan agak kental
  • Siap disajikan ditambahkan santan

Es Kopyor nutrijel 

es-kopyor

Bahan Es Kopyor :

1. 1 bks nutrijel plain

2. 1 bks santan kara 65 ml

3. 1/4 sendok teh garam

4. 4 sendok makan gula

5. sirup cocopandan saya pakai marjan

6. susu kental manis

7. jeruk nipis

Cara Membuat Es Kopyor :

  • Masukkan 3 gelas air, santan kara, nutrijel plain, gula & garam masak dengan api sedang sampai mendidih\
  • Siapkan baskom dengan es batu, tuangkan sedikit demi sedikit nutrijel yg telah dimasak sambil diaduk
  • Siapkan gelas, beri sirup cocopandan, susu, masukkan nutrijel yg telah berbentuk gumpalan gumpalan.
  • tambahkan es batu beri jeruk nipis tes rasa
  • Es teler siap dinikmati

Es Kiwi Nutella 

es-kiwi-nutella

  1. Bahan Kiwi Nutella :

1. 1 buah kiwi matang

2. 100 Gram selai nutella ( bisa pakai coklat lain )

3. 30 ML Susu Cair

4. 1/4 Kaleng SKM

5. 500 ML heavy whipping cream

6. serut Topping: coklat

Cara Membuat Kiwi Nutella :

  • Panaskan susu cair, sebentar saja hingga hangat, lalu campur dgn selai nutella,aduk rata, setelah rata campur dgn Susu kental manis dan kiwi,aduk rata,sisihkan.
  • Blender whipping cream hingga berhenti berputar, tanda whipping cream sudah kaku.
  • Campur whipping cream & campuran coklat,aduk rata, simpan diwadah,beri topping, simpan difreezer +- 2jam baru siap dinikmati.

BACA JUGA: Resep Minuman Coklat Panas Buat Kamu

Es Krim Ubi 

es-krim-ubi-ungu

Bahan Es Krim Ubi :

1. 500 Gram Ubi Ungu

2. 100 Gram Gula Pasir

3. 800 Cc air putih

4. 3 saset Susu Kental Manis Putih

5. 2 Sendok makan Maezena

6. Sedikit Garam dan Vanilli

Cara Membuat Es Krim Ubi :

  • Kupas ubi ungu, cuci dan kukus sampai matang
  • Blender ubi ungu yang sudah matang bersama air
  • Masak lagi lalu tambahkan sedikit gula, susu, maezena, dan garam sambil di aduk Sampai matang
  • Tambahkan Vanilli dan pindahkan ke wadah lain, setelah dingin masukan kedalam freezer
  • Setelah setengah beku lalu blender hingga halus.
  • Es Krim ubi siap di nikmati .

Es Lapis Gabus Coklat

es-lapis-gabus

Bahan Es Lapis Gabus :

1. 2 Bungkus Hunkwe

2. 250 gram gula pasir

3. 6 sendok makan susu coklat

4. 1 bungkus santan kental

5. 2 sendok makan tepung maezena

6. essens coklat secukup nya

7. garam halus secukup nya

8. 500 ML air

Cara Membuat Es Lapis Gabus :

  • Masukkan semua bahan ke dalam panci, sebelum di letakkan di atas kompor, aduk2 dulu semua bahan2nya sampai larut.
  • Kemudian nyalakan api, dan letakkan panci yg berisi adonan td di atas kompor, sambil di aduk2 tunggu hingga mengental.
  • Setelah mengental dan warna coklatnya mjd lbih pekat. angkat adonan dan masukkan ke dalam wadah yg sudah di siapkan. tunggu hingga dingin.
  • Setelah dingin, iris2 adonan secukup, kemudian bungkus2 dg plastik. naaah klo udah di iris, tunggu deh sampai beku.
  • Oiy, jangan lupa besarkan volume kulkasnya biar cepet beku… selamat mencobaaa.

Tinggalkan komentar