5 Resep Olahan Nasi yang Bikin Kamu Ketagihan

Bosan dengan masakan nasi yang itu-itu saja? Berarti kamu harus coba resep berikut ini. Dijamin, selera makan kamu akan meningkat 100% deh.

Let’s check it!

Nasi Uduk Sederhana

resepmasakansederhana.info

Ini dia idola sarapan anak kosan, orang kantoran sampai keluarga yang tidak sempat memasak di pagi hari. Nasi uduk namanya. Kalau ada waktu luang, kamu bisa membuatnya sendiri di dapur.

Pertama, kamu harus siapkan bahan-bahan berupa beras, santan, garam, daun salam, lengkuas, jahe, sereh, cengkeh, telur dadar, bawang goreng, cabe goreng, kerupuk dan ayam goreng.

Langkah kedua, masukan beras yang telah dicuci bersih ke dalam magic com bersama santan, garam, daun salam dan bahan yang dikeprek (jahe, laos, lengkuas, sereh). Aduk-aduk sampai merata lalu tekan tombol cook pada magic com.

Jika sudah lima menit, buka tutup magic com dan aduk sekali lagi. Kemudian, tutuplah seperti sedia kala dan masak sampai matang.

Setelah matang, hidangkan nasi uduk bersama irisan telur dadar, ayam goreng, cabe, kerupuk dan bawang goreng. Lengkapi dengan sambal supaya semakin nikmat.

Praktis bukan?

Nasi Goreng Mengkudu

keninglebar.com

Ide cemerlang lainnya datang dari seorang perempuan bernama Nureva Octaviani. Nasi goreng yang satu ini dinamankan nasi goreng mengkudu. Kamu pasti sudah tidak asing dengan buah mengkudu.

Buah mengkudu dikenal berbau tajam namun banyak khasiatnya. Bagaimana jika daun mengkudu dicampurkan dalam nasi goreng?

Agar mengetahui rasa dan aromanya, mungkin kamu perlu membuatnya di rumah. Bahan utama nasi goreng mengkudu, yakni daun mengkudu yang masih muda dan nasi putih.

Sebelum menggoreng nasi dan daun mengkudu, haluskan dahulu bahan bumbu, yaitu bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai, kunyit, jahe, terasi dan garam.

Pertama, semua bahan-bahan tadi di cuci bersih. Kemudian, gulung daun mengkudu seperti cerutu dan potong tipis.

Buatlah bumbu halus dari bawang merah, bawang putih, kemiri, cabai, kunyit, jahe, terasi dan sedikit garam, lalu sisihkan.

Tumis bumbu halus sampai aromanya harum. Setelah itu masukan irisan daun mengkudu, taburkan garam dan aduk rata. Tumis lagi, tapi jangan sampai daun mengkudunya gosong.

Segera masukan nasi dan aduk lagi selama 3-5 menit. Kalau sudah matang, angkat nasi goreng mengkudu dan hidangkan. Kamu boleh menambahkan telur goreng mata sapi atau sosis yang digoreng terpisah.

Nasi goreng sangat nikmat dan lezat jika disantap saat masih hangat.

Nasi Bakar Jamur

kabarinews.com

Jamur merupakan jenis tanaman yang banyak digemari masyarakat. Tanaman ini dapat dibuat menjadi aneka macam masakan.

Bahan-bahan yang kamu sediakan untuk membuat nasi bakar jamur ada 4 macam, yaitu bahan untuk nasi, bahan tumis, santan areh dan bahan pelengkap.

Bahan-bahan nasi terdiri dari beras pandan wangi, garam, serai, daun salam, cengkeh dan santan.

Sementara itu, untuk bahan-bahan tumisnya, yaitu bawang putih, bawang merah, cabe merah, jamur merang, petai dan garam. Bahan untuk membuat santan areh yang harus kamu siapkan, yakni santan dan garam.

Pertama, rebuslah santan, garam, serai, daun salam dan cengkeh hingga mendidih. Kemudian
masukan beras dan masak sampai airnya terserap habis. Proses pematangan kurang lebih 45 menit.

Langkah kedua, tumislah bahan-bahan yang sudah kamu haluskan. Saat aromanya mengharum, masukan jamur merang, petai dan garam. Lalu aduk lagi hingga menyatu dengan bumbu.

Selanjutnya, masukan nasi yang sudah direbus tadi ke dalam bahan tumisan. Aduk-aduk kembali sampai merata dan bumbunya meresap. Matikan kompor dan angkat bahan yang ditumis tersebut.

Setelah itu, seperti biasanya, nasi campur dibungkus dengan balutan daun pisang. Kamu bisa menambahkan santan areh dan kemangi untuk menambah kegurihan rasa.

Bakarlah nasi bungkusan hingga aromanya harum. Setelah matang, angkat dan sajikan.
Kini, kamu sudah bisa menikmati rasa istimewa dari nasi bakar. Selamat menikmati!

Nasi Liwet Khas Solo

arifsetiawan.com

Kalau tadi kamu sudah tahu tentang resep nasi liwet Sunda, sekarang saatnya mengenal nasi liwet khas Solo.

Bahan-bahan yang harus kamu sediakan, yaitu beras (usahakan yang pulen), bawang putih, serai, daun salam, air, garam dan gula.

Untuk bahan pelengkap, siapkan sayur krecek, irisan telur dadar, hati ampela goreng, sambal goreng hati dan ikan teri kering.

Langkah pertama, cucilah beras sampai bersih dan tiriskan. Kemudian, iris tipis bawang putih dan goreng hingga kering. Sisihkan bawang goreng ke wadah khusus.

Langkah kedua, masak beras di dalam rice cooker. Gunakan air sedikit lebih banyak daripada ketika memasak nasi biasa. Masukan juga serai, daun salam, bawang putih, garam dan gula.

Biarkan nasi liwet sampai 30 menit. Kalau nasi sudah matang, angkat rice cooker dan pindahkan nasi ke piring saji.

Lalu, berikan bahan pelengkap di piring saji yang berisi nasi liwet. Sekarang, nasi liwet siap disantap.

Nasi Goreng Buah Naga

naninewfreawika.wordpress.com

Resep nasi goreng yang satu ini datang dari dapur Ratna Perwitasari. Uniknya, nasi goreng buah naga memiliki warna ungu persis seperti buah naga.

Penasaran dengan rasanya? Cobalah membuat nasi goreng tersebut di rumah. Bahan-bahannya tidak terlalu rumit. Siapkan saja, bahan dasar nasi putih, ayam goreng, separuh buah naga,
bawang merah, bawang putih dan bombay.

Langkah pertama, iris buah naga, bawang putih dan bawang bombay. Kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay di atas wajan dengan api sedang.

Jika aroma sudah terasa harum, masukan ayam goreng yang telah disuwir, garam dan sisipkan sedikit gula sebagai pemanis. Lanjutkan dengan memasukan irisan buah naga dan nasi putih.

Tumis dan aduk semua bahan-bahan tersebut hingga rata dan bumbunya meresap. Angkat nasi goreng jika warnanya sudah berubah menjadi pink keunguan.

Sekarang, nasi goreng buah naga siap disantap. Seperti apa yang rasanya?

Tinggalkan komentar