Resep Sederhana Agar Badan Selalu Sehat Sepanjang Hari

Rumah sakit selalu penuh dengan orang yang berobat, sehingga banyak rumah sakit didirikan di sebuah kota. Puskesmas menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan sebelum dirujuk ke rumah sakit. Tapi pasien tetap membludak, ada apa gerangan?

Pernah terjadi di satu masa, dokter tidak laku karena masyarakat tidak pernah sakit. Kisah ini terjadi pada abad pertama Hijriah, ketika seorang dokter (zaman dahulu lebih dikenal dengan tabib) diperbantukan di kota Madinah oleh Raja Mugaugis dari Mesir. Untuk memeriksakan diri, masyarakat tidak dipungut biaya sepeserpun karena sudah disubsidi oleh pemerintah.

Setelah tinggal di kota Madinah, dokter tersebut malah menjadi pengangguran dan akhirnya mohon izin kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam untuk mudik ke Mesir. Dia merasa penduduk kota Madinah tidak memerlukan keahliannya mengobati penyakit, tak ada satupun warga yang dijumpainya mengeluh sakit.

Rasulullah menyampaikan terima kasih kepadanya dan raja Mesir atas kesediaannya menjaga kesehatan penduduk kota Madinah. Dokter tersebut bertanya kepada Rasulullah sebelum meninggalkan kota Madinah, “Wahai Tuan, izinkan saya mengetahui rahasia kenapa tidak ada seorang pun yang mengeluh sakit?”

Rasulullah bersabda yang artinya, “Kita adalah golongan umat yang tidak makan sebelum lapar, dan berhenti sebelum kenyang.” (HR. Abu Dawud)

Ternyata tidak ada rahasia agar selalu sehat, hanya resep sederhana dengan tidak makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Resep ini berlaku turun temurun sampai sekarang, dan terbukti orang yang selalu menerapkan resep ini sepanjang hidupnya jarang sekali sakit, sayangnya hanya segelintir orang yang menerapkannya.

Berbagai jenis dan menu makanan berkembang setiap tahun, orang mulai tergoda mencicipi satu persatu. Nafsu menghabiskan makanan mulai tak terbendung. Padahal seperti yang kita tahu perut merupakan salah satu sumber penyakit.

Siapa yang ingin badan selalu sehat sepanjang hari, silahkan terapkan resep sederhana ini. Insya Allah rumah sakit dan dokter akan sepi dari kunjungan pasien karena sakit.

Tinggalkan komentar