Resep Semur Daging Sapi yang Menggugah Selera

RESEP SEMUR DAGING SAPI – Salah satu makanan yang jarang banget dimakan sama orang kecil adalah daging sapi. Tapi yang jelas, pasti bisa lah makan daging sapi satu tahun sekali, tepatnya waktu Idul Adha.

Nah, dengan jatah daging sapi yang diterima, dari pada bingung mau dimasak apa, mending bikin menu yang satu ini. Semur daging sapi yang selain enak rasanya juga gampang bahannya.

 

Semur Daging Sapi Lada Hitam

Semur daging sapi lada hitam
tips-cara.info

Bahan Semur Daging Sapi Lada Hitam

  • 1/4 kg daging sapi yang sudah dipotong kecil
  • 10 buah cabe rawit
  • 4 buah kentang berukuran besar yang sudah dikupas dan dipotong sesuai selera
  • 3 buah tomat
  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdt lada hitam
  • Kecap secukupnya
  • 150 gram gula merah
  • Minyak
  • Air secukupnya
  • Kayu manis secukupnya
  • Pala secukupnya
  • 2 sdm gula pasir
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Semur Daging Sapi Lada Hitam

  1. Goreng kentang sampai warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan, sisihkan.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan tomat. Tumis dan tambahkan pala, kayu manis, gula merah, lada hitam, gula pasir, garam dan kecap.
  3. Masukan daging sapi dan tambahkan air yang banyak agar daging matang dengan sempurna.
  4. Jika daging sudah empuk, masukan kentang, masak sampai air mengering.
  5. Semur daging sapi lada hitam siap disajikan.

Semur Daging Sapi Kentang

Semur
sehatplus.com

Bahan Semur Daging Sapi Kentang

  • 1 kg daging sapi yang sudah dipotong dadu
  • 1 liter air matang
  • 1/4 kg kentang yang sudah dipotong dadu
  • 3 sdm minyak goreng

Bumbu Semur Daging Sapi Kentang

  • 10 butir bawang merah yang sudah diiris halus
  • 2 lembar daun salam
  • 1 biji pala yang sudah dimemarkan
  • 2 cm kayumanis
  • 5 sdm kecap manis
  • Garam sesuai selera

Bumbu Halus Semur Daging Sapi Kentang

  • 5 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 7 buah kemiri yang sudah disangrai
  • 2 sdt ketumbar yang sudah disangrai

Taburan Semur Daging Sapi Kentang

  • Bawang goreng

Cara Membuat Semur Daging Sapi Kentang

  1. Panaskan minyak, kemudian masukkan bawang merah, bumbu halus, daun salam, pala dan kayu manis. Aduk sampai tercampur rata dan tercium bau wangi.
  2. Masukkanlah daging sapi ke dalam tumisan, tambahkan kecap, lalu tumis kembali sampai bumbu meresap ke dalam daging.
  3. Tambahkan air dan juga potongan kentang, aduk sampai semua tercampur rata. Masak kembali sampai daging menjadi empuk dan air mengering.
  4. Susun di atas piring dan beri taburan bawang goreng.
  5. Semur daging sapi kentang siap disajikan.

Semur Daging Sapi Gula Asam

Semur daging sapi asam
oasisjakarta.com

Bahan Semur Daging Sapi Gula Asam

  • 300 gr daging sapi
  • 1/2 butir gula merah berukuran sedang
  • 2 sdm kecap manis
  • 1/2 sdm asam jawa
  • 1 sdt ketumbar
  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Minyak

Cara Membuat Semur Daging Sapi Gula Asam

  1. Potong daging sapi dengan ketebalan 3-4 cm, sisihkan.
  2. Haluskan gula merah, bawang merah, bawang putih, ketumbar, bawang putih dan garam. Kemudian tumis sampai tercium bau wangi.
  3. Masukan potongan daging sapi, diamkan sebentar, lalu tambahkan kecap, asam jawa dan air.
  4. Masak kembali sampai air menyusut dan sedikit mengental. Cicipi, jika ada yang kurang bisa ditambah gula dan garam.
  5. Semur daging sapi gula asam siap disajikan.

Semur Daging Empuk

Semur daging sapi
gogopixlibrary.com

Bahan Semur Daging Empuk

  • 500 gram daging sapi
  • 8 butir bawang merah
  • 1 buah tomat 1 berukuran sedang
  • 5 buah cabe merah besar
  • 4 cm jahe sekitar
  • 3 buah kemiri
  • 2 batang serai yang sudah dimemarkan
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 5 buah cengkeh
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1 sdt garam
  • Kecap manis secukupnya
  • 1 liter air
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Semur Daging Empuk

  1. Potong daging sapi sesuai selera. Rebus daging yang telah dipotong-potong tersebut.
  2. Haluskan bawang merah, jahe, kemiri, bawang putih dan tomat. Tumis bumbu sampai tercium bau wangi.
  3. Masukkan serai, pala bubuk, merica, cengkeh dan garam. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Masukkan daging tersebut ke dalam bumbu tumis, aduk sampai semua tercampur rata.
  5. Selanjutnya masukkan daging yang telah tercampur dengan bumbu ke dalam air kaldu rebusan daging sapi. Masak sampai daging benar-benar empuk.
  6. Tambahkan garam dan juga kecap manis secukupnya, aduk sampai semua tercampur rata. Masak sampai air menyusut dan bumbu meresap ke dalam daging.
  7. Semur daging empuk siap disajikan.

Semur Daging Sapi Pedas

zonareseponline.blogspot.com
zonareseponline.blogspot.com

Bahan Semur Daging Sapi Pedas

  • 350 gram daging sapi yang sudah dipotong dadu
  • 10 buah cabe merah
  • 25 ml kecap manis
  • 200 ml air
  • 1 sdt gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 3 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus Semur Daging Sapi Pedas

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri yang sudah disangrai
  • 1/2 sdt merica butir yang sudah disangrai
  • 2 cm lengkuas
  • 5 buah cabe rawit merah atau sesuai selera

Cara Membuat Semur Daging Sapi Pedas

  1. Tumis bumbu halus sampai tercium bau wangi.
  2. Masukkan potongan daging, aduk sampai berubah warna.
  3. Tambahkan air dan tambahkan kecap manis. Masak dengan api kecil sambil sesekali diaduk sampai daging lunak dan air menyusut.
  4. Masukkan cabe rawit sebelum semur diangkat.
  5. Semur Daging Sapi Pedas siap disajikan.

Semur Daging Sapi Giling Bola-bola

bola daging
firstlookthencook.com

Bahan Semur Daging Sapi Giling Bola-bola

  • 300 gram daging giling
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 3 sdm margarin

Bumbu Semur Daging Sapi Giling Bola-bola

  • 5 butir bawang merah yang sudah diiris tipis
  • 2 cm jahe yang sudah dimemarkan
  • 1 buah tomat yang sudah dipotong-potong
  • 6 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 250 gram kentang yang sudah dipotong dadu
  • 50 gram soun yang sudah direndam dalam air dingin
  • 1 liter air

Cara Membuat Semur Daging Sapi Giling Bola-bola

  1. Campur daging giling dengan kecap manis, merica bubuk, garam dan pala bubuk. Aduk sampai rata dan bentuk menjadi bola-bola, sisihkan.
  2. Goreng bola-bola daging tersebut menggunakan margarin, aduk sampai berubah warna.
  3. Masukan bawang merah dan jahe, aduk sampai tercium bau wangi.
  4. Msukkan tomat, aduk kembali sampai layu. Tambahkan air dan masak sampai mendidih.
  5. Tambahkan kecap manis, saus tomat, ketumbar bubuk, pala bubuk, garam dan merica bubuk, aduk sampai semua tercampur rata.
  6. Masukkan kentang, masak kembali sampai bumbu dan air meresap.
  7. Tambahkan soun, aduk sampai semua tercampur rata. Masak kembali sampai matang kemudian angkat dan tiriskan.
  8. Semur daging sapi giling bola-bola siap disajikan.

Semur Daging ala Anak Kost

Photo

Siapkan bahan-bahan berikut :

  • 1/4 kg daging, iris sesuai selera
  • 2 buah kentang, potong kecil-kecil
  • 5 siung bawang putih
  • Merica bubuk
  • Garam
  • Kecap manis
  • 7 buah cabe rawit merah, iris tipis
  • 1 buah tomat, bagi 4
  • Air

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Rebus daging selama 30 menit atau sampai dirasa cukup empuk.
  2. Panaskan minyak, goreng kentang hingga setengah matang.
  3. Haluskan bawang putih dan garam. Tumis hingga harum, tambahkan sedikit air agar
  4. tidak hangus. Masukkan daging dan kentang. Taburi merica serta tuangkan kecap manis.
  5. Tambah sedikit air. Campur hingga rata.
  6. Masak selama 10-15 menit, sampai bumbu meresap ke daging. Sebelum diangkat tambahkan irisan cabai dan tomat.
  7. Sajikan selagi panas. Let’s try, happy cooking

Semur Daging Manis Pedas

Photo

Siapkan bahan-bahan berikut :

  • 250 gram daging sapi
  • 1/4 bagian tahu kotak besar
  • 1/2 batang brokoli
  • Kecap

Cara membuatnya:

  1. Rendam daging dengan kecap agar rasa manis meresap ke dalam daging, diamkan 15-20 menit.
  2. Goreng tahu setengah matang. Di wadah lain, rebus brokoli sampai cukup empuk untuk digigit. Sisihkan.
  3. Haluskan bumbu. Lalu tumis sampai harum.
  4. Masukkan daging beserta kecap rendaman. Tumis sampai daging berubah warna.
  5. Tambahkan air agak banyak ke dalam tumisan, panaskan api hingga air mendidih.
  6. Kecilkan api lalu tutup panci/wajan sampai airnya menyusut agar daging menjadi empuk.
  7. Setelah dirasa empuk, masukkan tahu dan brokoli. Aduk rata, lalu tambahkan garam secukupnya. Selesai.

Semur Daging Tahu Kentang

Photo

Siapkan bahan-bahan berikut :

  • 4-5 porsi
  • 2 bh kentang,potong, goreng
  • Minyak goreng
  • 1 kotak besar tahu putih, potong, goreng setengah matang
  • 1/4 kg daging sapi, potong melawan serat, pukul2, cuci
  • 2 lbr daun salam
  • bawang goreng
  • 1 batang daun pre
  • penyedap rasa
    bumbu halus :
  • 6 siung bawang merah
  • 2 butir kemiri
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sendok teh bubuk ketumbar
  • 2 sdm gula merah, sisir
  • 2 bh cabe merah keriting

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Daging direndam dulu pakai kecap manis selama 15 menit, biar kecap meresap ke dalam daging,bikin warna nya cantik.
  2. Sambil menunggu meresap, kita goreng tahu+kentang setengah matang saja.
  3. Haluskan semua bumbu halus. Tumis sampai harum masukkan daun salam. Lalu tambahkan daging rendam kecap tadi, kl dirasa krg ngitem, tambahkan kecap.
  4. Setelah daging berubah warna tambahkan air, tutup biar daging sampai empu dan kuah agak menyusut.
  5. Setelah daging empuk,incip rasa, tambahkan penyedap rasa kl suka, terus baru masukkan tahu+kentang goreng. Tunggu sebentar saja, tambahkan daun pre+ bawang goreng. Angkat, sajikan dengan nasi anget

Semur Kecap Daging Sapi Kentang

Photo

Persiapan bahan

  • 1/2 kg daging sapi
  • 5 bawang merah
  • 5 bawang putih
  • 4 buah kentang
  • 2 butir kemiri
  • 1 buah kayu manis
  • 1 bungkus kecap 65ml
  • 1/2 sdm ketumbar
  • garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh masako rasa sapi
  • 1/2 sendok teh merica/ lada bubuk

Cara membuatnya

  1. Bersihkan daging sapi dari lemak, cuci bersih dan rebus hingga daging terasa empuk
  2. Haluskan semua bahan (kecuali jahe dan kayu manis)
  3. Kupas kentang,bersihkan,potong,lalu goreng
  4. Tumis bumbu yg sudah d haluskan dan masukan jahe,daun salam,daun jeruk dan kayu manis
  5. Masukan air secukupnya, beri garam+gula+kecap+masako secukupnya. Kemudian masukan daging. Klo air udh mulai berkurang masukan kentang
  6. Setelah air meresap taburi dengan bawang goreng

Semur Daging Telur Puyuh

Photo

Siapkan bahan-bahan berikut :

  • 500 gr daging sapi
  • 10 butir telur puyuh rebus
  • 1 buah santan kara yg kcil
    bumbu yang dihaluskan :
  • 4 siung baput
  • 8 siung bamer
  • 6 buah cabe rawit merah
  • 1 ruas kunyit
  • 3 butir kemiri
  • jahe..lengkuas secukup nya
  • 3 lembar daun salam
  • air secukup nya
  • 1 sachet kecap bango
  • garam..gula..penyedap rasa secukup nya

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama daun salam sampai harum dan matang
  2. Lalu masukkan daging
  3. Aduk rata daging agar bumbu menyatu dgn daging…masak sampai daging berubah warna
  4. Setelah itu masukkan air agak banyak…karena gak pake presto jadi air harus banyak biar daging empuk
  5. Biarkan sampai mendidih…setelah itu masukkan santan…beri garam gulpas n penyedap rasa…terakhir kecap manis
  6. Last masukkan telur puyuh yg sudah direbus…masak sampai daging empuk dan air menyusut…jika daging belum empuk tapi air sudah mo habis bisa ditambah kan air lagi secukup nya
  7. Setelah air berkurang n daging empuk matikan api..ada yang seneng masih ada kuah nya ada jg yg suka jika kering…sesuai selera aja
  8. Semur daging sederhana siap dinikmati… Happy cooking

Semur Bola Daging dan Tahu

Photo

Siapkan bahan-bahan berikut :

  • 3 porsi
  • 1/4 kg daging sapi cincang
  • 5 tahu potong dadu
  • bawang bombay
  • 4 bawang putih
  • merica
  • 1 sendok teh garam
  • 1 tomat kecil
  • sejumput gula
  • kecap manis

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Genggam daging bentuk bulat hingga air daging keluar terperas.
  2. Panaskan air dalam panci hingga mendidih, masukan bola-bola daging 5-10menit. Tiriskan.
  3. Haluskan bawang putih, merica, garam.
  4. Tumis irisan bawang bombay hingga harum, masukan bahan yang sudah dihaluskan dan tambahkan tomat. Lalu masukan bola-bola daging.
  5. Tambahkan air , lalu masukan gula & kecap.
  6. Masukan tahu. Tunggu hingga bumbu meresap di daging & tahu.
  7. Cicipi, jika rasa sudah pas pindahkan pada mangkuk dan taburi bawang goreng.

Semur Daging Sapi Kentang

Photo

Siapkan bahan-bahan berikut :

  • 4 org
  • 300 gr daging sapi
  • 2 buah Kentang
  • 7 siung bawang merah
  • 2 lbr daun salam,
  • 1 buah pala
  • sesuai selera Garam,gula, kecap
  • 2 buah kayu manis
    Bumbu halus:
  • 5 siung bawang putih
  • 1 ruas Jahe
  • 2 sdm ketumbar5 buah kemiri
    Taburan :
  • bawang goreng

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Setelah daging direbus sampai empuk, tumis bawang merah, bumbu halus, daun salam, kayu manis, Dan pala adik rata sehingga tercium aroma harum
  2. Lalu masukan daging, Dan beri kecap sampai adik hingga meresap di daging
  3. Tuangkan air secukupnnya, Dan masukan Kentang yang sudah dipotong dadu adik hingga bumbu meresap Dan Kentang menjadi empuk, aduk rata Dan cicipin APA sudah sesuai selera
  4. Taburkan bawang goreng
  5. Siap dihidangkan

Semur Daging Sambal Rujak with Potato

Photo

Siapkan bahan-bahan berikut :

  • 2 siung baput
  • 2 siung bamer
  • 1 ruas jahe
  • 2 buah asam jawa
  • 4 buah cabe kriting
  • 2 buah cabe rawit
  • 3 potong mangga muda (diiris halus)
  • garam
  • penyedap rasa.sapi
  • gula aren
  • 1 buah tomat

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Siapkan bumbu dan uleg baput, bamer, jahe, cabe Potong kentang agak besar Dan potong tomat kecil kecil
  2. Rebus.daging sapi sampai empuk, setelah empuk, lalu potong potong daging sesuai selera anda
  3. Tumis bumbu.yang sudah di uleg, sampai wangi…
  4. Lalu masukan daging pada bumbu yang sudah wangi, dan masukan asam jawa lalu potongan mangga ke dalam wajan
  5. Lalu masukan garam, gula aren, penyedap rasa, lalu trakhr masukn kentang, agar tdk over cook, jdi belakangan masukin kentang nya ya…tunggu deh sampe bumbu meresap.dan semuanya empuk
  6. Terakhir masukan tomat dan garnish lainnya, tadaa…this is it…masakan sudah jadi

Semur Daging Presto

Photo

Siapkan bahan-bahan berikut :

  • 250 gr daging sapi
  • 1 buah tomat
  • kecap
  • garam,gula
  • santan (aku pakai santan kara 1 sachet yg 65 ml)
    Bumbu yg di haluskan:
  • 2 butir kemiri
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit
  • 2 ruas jahe kira2
  • 2 buah cabai merah
  • 1/4 buah tomat
  • lada
  • 2 buah kentang

Langkah-langkah pembuatannya:

  1. Cuci dan potong2 daging dan kentang
  2. Presto daging kurleb 20 menit bersama rempah2 (bumbu presto’a saya tdk cantumkan.. pakai bumbu biasa saja)
  3. Haluskan bumbu *bahan2 bumbu halus
  4. Setelah daging empuk,tiriskan
  5. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu hingga harum
  6. Tambahkan air hingga menutupi daging dan kentang sampai mendidih.. tambahkan kecap, garam & gula
  7. Masukkan daging dan kentang..kemudian santan, aduk2.. tunggu hingga air menyurut & bumbu mengental.. tambahkan irisan tomat sisa bahan yg d haluskan tadi…
  8. Koreksi rasa.. jika d rasa kurang bisa d tambahi garam/gula.. sajikan.

Semur Daging 1

Photo

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:

  1. 300 gram daging sapi
  2.  1 batang sereh, kemudian digeprek
  3.  2 buah daun salam, jadikan dua
  4.  1/2 sendok makan gula merah
  5.  3 sendok teh air asam jawa
  6.  2 sendok makan kecap manis
  7.  1/2 buah tomat, dipotong-potong kotak
  8.  6 butir cabe kecil
  9.  50 ml air

Hal-hal yang harus dipersiapkan:

  • Garam Secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Minyak goreng
  • Bumbu halus :
  • 6 buah bawang merah
  • 4 buah bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk

Langkah yang harus dilakukan:

  1. Rebus daging sapi sampai terasa empuk (kalau mau cepat di presto selama 15 menit) kemudian potong jadi dadu.
  2. Bumbu halus ditumis, cabe utuh, daun salam dan sereh hingga bumbu tercium wangi dan matang
  3. Kemudian masukkan dagingnya dan aduk rata, beri air secukupnya kurang lebih 50 ml
  4. Masukkan air asam jawa, gula merah, kecap, garam dan gula. Aduk rata campura ini sampai air menyusut
  5. Terakhir masukkan tomat,di aduk rata, lalu cek rasa dan siap untuk disajikan

Semur Daging Plus Kentang

Photo

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:

  1. 250 gram daging sapi
  2. 2 butir kentang berukuran sedang
  3. 3 butir bawang putih
  4. 3 butir bawang merah
  5. 1/2 jari jahe di geprek
  6. 1 potongan kecil lengkuas
  7. 3 butir kemiri
  8. secukupnya garam, gula, kaldu bubuk, kecap
  9. 500 ml air
  10. Sediakan minyak untuk menumis bumbu
  11. Secukupnya merica bubuk
  12. Secukupnya ketumbar bubuk

Langkah yang harus dilakukan yang dilakukan:

  • Rebus daging hingga terlihat empuk (caranya : didihkan air sampai bergejolak, masukkan daging dan masak selama 10 menit). Kemudian potong-potong daging sesuai yang dinginkan.
  • Kupas kentang dan iris sesuai selera.
  • Haluskan bawang putih, kemiri, bawang merah, merica, ketumbar, garam, gula.
  • Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, kemudian tambahkan air.
  • Siapkan air, kemudian tunggu hingga mendidih, setelah itu masukkan potongan daging dan kentang. Lalu tambahkan kaldu bubuk dan kecap, cek rasa.
  • Setelah di rasa pas, masak kentang dan daging sampai empuk.
  • Hidangan siap disajikan.

Semur Daging Jengkol

Photo

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:

  • 350 gram daging yang tidak ada lemaknya
  • 250 gram jengkol rebus empuk
  • 7 butir bawang putih
  • 15 butir bawang merah
  • 5 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • secukupnya gula dan garam
  • secukupnya kecap manis
  • minyak goreng untuk menumis

Langkah yang harus dilakukan:

  1. Potong-potong tebal daging, memarkan jengkol
  2. Haluskan bawang putih, sebagian bawang merah dan kemiri. Rajang halus sisa bawang merah. Tumis bumbu halus dan iris sampai matang kemudian masukkan daging.
  3. Aduk sampai daging kaku dan berubah warna. Tambahkan gula garam dan sendok teh kecap untuk mengunci rasa dulu kemudian tuang air mendidih kira² cukup sampai empuk dagingnya. Masak sampai air menyusut dan daging empuk.
  4. Koreksi rasa dan masukkan jengkol
  5.  Aduk merata kembali dan biarkan sampai bumbu merasuk ke jengkol. Matikan api dan semur siap disajikan.
  6. Disantap dengan nasi hangat dan sambel korek dari cabai rawit dan garam.

Semur Daging & Telur

Photo

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:

  • 500 gram daging sengkel
  • 6 butir telur direbus
  • 5 buah cengkeh
  • 1 buah bunga lawang
  • 3 buah kapulaga
  • 1 batang serai dikeprek
  • seruas kayu manis
  • seruas lengkuas dikeprek
  • 1 sendok makan gula merah
  • 8 butir bawang merah diiris
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 80 ml kecap manis
  • secukupnya garam

Bumbu yg dihaluskan :

  • 5 siung bawang putih
  • 8 buah bawang merah
  • 5 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1/2 sendok teh ketumbar
  • secuil pala
  • secuil jinten
  • seruas jahe
  • 2 sendok makan angciu

Langkah yang harus dilakukan yang dilakukan:

  • 1. Potong daging sesuai selera dan ungkep dengan semua bumbu halus dan bumbu-bumbu launnya serta telur rebus hingga daging setengah Mateng.
  • 2. Tumis bawang merah lalu masukkan keungkepan daging dan tambahkan air secukupny. Tambahin garam ya.
  • 3. Masak hingga daging benar”empuk dan kuah mengental.
  • 4. Koreksi rasa, jika sudah pas angkat dan hidangkan dengan taburan bawang goreng.
  • 5. Siap disantap dengan nasi putih hangat dan segelash es teh.

Semur Daging Tahu

Photo

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:

  • 1. 5 buah tahu kotak
  • 2. 1/2 daging potong
  • 3. 8 siung bawang merah
  • 4. 8 siung bawang putih
  • 5. 1/2 siung bawang bombay
  • 6. 10 buah cabe rawit merah
  • 7. 2 lmbr daun jeruk
  • 8. 3 lmbr daun salam
  • 9. 1 santan
  • 10. 2 gelas air
  • 11. minyak
  • 12. garam
  • 13. gula
  • 14. 1 lengkuas
  • 15. kecap

Langkah yang harus dilakukan:

  1. Potong tahu kotak menjdi 2 bagian atau Potong miring menjadi segitiga
  2. Potong danging kotak kotak Sesuai selera
  3. Haluskan bawang merah dan bawang putih iris bawang bombay dan cabai Geprek lengkuas
  4. Rebus daging lalu tambahkan 2 lmbr daun jeruk hingga empuk
  5. Tumis bawang bombay hingga harum Kemudian masukan bumbu yg sudah dihaluskan,masukan daun salam dan masukan lengkuas hingga harum
  6.  Masukan daging dan tahu Tambahkan air,kecap,gula dan garam
  7. Lalu masukan santan dan cabe rawit merah
  8. Tunggu hingga mendidih masak dengan api kecil Koreksi rasa lalu sajikan

Semur Daging Sapi CincangPhoto

 

Bahan bahan yang dipersiapkan:

  • 500 gram daging sapi cincang
    2 buah kentang (kurang lebih 300 gram) iris sesuai keinginan
  • 1 buah bawang bombay iris halus
  • 1 siung bawang putih di haluskan
  • 2 sendok makan Saus tiram
  • Kecap manis sesuai keinginan
  • 1 sendok makan saos tomat
  • 2 buah tomat merah, iris sesuai keinginan
  • 2 sendok makan margarin untuk menumis
  • Merica bubuk dan pala bubuk sesuai keinginan
  • 11. Garam / Gula / Kaldu jamur sesuai keinginan

Langkah yang harus dilakukan yang dilakukan

  1. Lelehkan margarin, tumis bawang sampai harum & layu.
  2. Masukkan daging cincang aduk sampai berubah warna, bumbui dengan merica bubuk, pala bubuk dan kecap manis, saus tiram dan garam + gula.
  3. Tambahkan air kurang lebih 600cc atau sesuai keinginan (sesuai jumlah kuah yang diinginkan) masak sampai agak menyusut lalu tambahkan kentang.
  4. Masak sampai bumbu meresap, koreksi rasa. Terakhir masukkan saos tomat dan tomat. Aduk rata. Siap dihidangkan.

Semur Daging 2Photo

 

Bahan bahan yang dipersiapkan:

  • 250 gram daging has dalam iris2 tipis
  • kentang kupas, kemudian iris dan goreng
  • 3 butir cengkeh
  • 4. tomat belah
  • 5. bumbu halus :
  • 10 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • kecap manis
  • air

Langkah yang harus dilakukan yang dilakukan:

  1. Tumis bumbu halus dan cengkeh sampai harum..tuang air masak sampai mendidih
  2. Masukkan kecap dan daging masak sampai empuk
  3. Beri garam gula dan merica
  4. Masukkan kentang dan tomat, masak sampai kuah agak menyusut

Tinggalkan komentar