Penjelasan dan Pengertian Respirasi Aerob Beserta Gambarnya

RESPIRASI AEROB – Pada artikel kami kali ini akan membahas tentang respirasi aerob kami akan menjelaskannya dengan sangat detail dan terperinci. Nah!!! langsung saja mari kita bahas pada artikel yang ada dibawah ini.

Pengertian Respirasi Aerob

almansyahnis.com

Untuk awal pembahasan kami akan menerangkan terlebih dahulu tentang pengertian dari respirasi aerob. Respirasi aerob merupakan peristiwa pemecahan glukosa yang menggunakan bantuan oksigen untuk dapat menghasilkan energi dalam bentuk ATP.

ATP sering digunakan untuk organisme yang untuk melakukan berbagai aktivitas yang perlu membutuhkan energi. Organisme yang paling sering menggunakan respirasi aerob adalah hewan, jamur, tumbuhan, bakteri dan masih banyak lagi yang lainnya.

Persamaan dari reaksi untuk perombakan salah satu molekul glukosa yang secara sederhana merupakan sebagian berikut

C6H12O6 + 6O2   →  6H2O + 6CO2 + 38 ATP
Glukosa    Oksigen      Air    Karbon dioksida     Energi

Pada proses yang seperti pada diatas tersebut maka glukosa akan dirombak dan menjadi sebuah molekul yang lebih sederhana lagi dengan melepaskan energi nya. Peristiwa pemecahan antara molekul kompleks menjadi sebuah molekul sederhana sering disebut dengan sebutan katabolisme.

Proses ini terjadi beberapa tahap tapi paling sering prosesnya terjadi dalam 4 tahapan karena pembahasan tentang tahapan ini sangatlah panjang maka kami hanya akan menjelaskan beberapa tahapan awal saja.

1. Glikolisis

Mikrobio.Net

Yang paling pertama dalam tahapan ini adalah peristiwa yang dinamakan dengan nama glikolisis. Proses ini merupakan peristiwa pemecahan 1 molekul yang terpecah menjadi 2 molekul asam piruvat.

Rekasi ini sering terjadi di sitoplasma pada sel. Jalur glikolisis ini terdiri dari 10 langkah masing-masing langkah memiliki enzim dan spesifika masing-masing. Tapi sangat disanyangkan kami tidak akan menjelaskan kesepuluh tahapan tersebut.

Sekian penjelasan kami tentang repirasi aerob semoga semua yang kami tuliskan pada artikel dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Jika anda ingin menuliskan saran atau kritik anda bisa menulisnya di kolom yang ada dibawah ini.

Jika anda membutuhkan informasi yang lainnya anda juga dapat membaca artikel kami yang lain karena semua artikel yang kami sajikan kepada pembaca sangat bermanfaat dan akan menambah wawasan anda.

 

Tinggalkan komentar