5 Roller Coaster Terekstrem dan Tercepat di Dunia, Berani Coba?

Roller Coaster merupakan salah satu wahana bermain layaknya kereta pacu yang bergerak dengan kecepatan tinggi di atas jalur rel khusus.

Jalur rel tersebut biasanya diletakkan diatas tanah dengan ketinggian tertentu. Rangka baja pada rel kereta roller coaster menopang sebuah jalur yang telah tersusun sedemikian rupa.

Roller coaster merupakan salah satu wahana yang memang sangatlah berbeda dengan permainan lainnya. Selain membuat jantung berdegup kencang, sehingga wahana ini cocok sebagai media dalam melatih adrenalin kita.

Ketika roller coaster berjalan, kereta harus melewati jalur menukik terlebih dahulu dengan menggunakan sebuah rantai katrol untuk mengumpulkan gaya gravitasi dari ketinggian.

Setelah itu, barulah sensasi keseruan dimulai. Roller coaster melaju dengan cepat, menukik tajam bahkan berputar 360 derajat. Seakan-akan tubuh kita hampir terlempar karenanya.

Baiklah, untuk yang benar-benar ingin menguji adrenalin, kali ini kami akan membahas beberapa wahana roller coaster tercepat di dunia. Mau tahu seperti apa kelanjutannya? Simak liputannya dibawah ini.

 

 

Formula Rossa

Formula Rossa - Roller Coaster Tercepat
orangesmile.com

Wahana hasil dari pabrikan Intamin  ini berhasil masuk dalam jajaran roller coaster tercepat di dunia karena kecepatannya yang mencapai hingga 240 km/jam. Usut punya usut, ternyata Intamin adalah salah satu perusahaan pembuat wahana ekstrem ternama di seluruh dunia.

Berbekal dengan kemampuan sistem peluncuran hidrolik, formula rossa dapat berakselerasi dalam waktu 5 detik untuk mencapai kecepatan tertingginya.Panjang jalur lintasan formula rossa yakni sekitar 2,2 km.

Formula rossa berhasil menyabet peringkat keenam di dunia dengan mengalah beberapa wahana unggulan di dunia. Asal-usul bentuk lintasan formula rossa ini sendiri sebenarnya terinspirasi dari trek balap legendaris Itali yakni Autodromo Nazionale Monza.

Semua penumpang dari formula rossa diwajibkan untuk memakai kacamata pelindung (seperti yang digunakan saat terjun payung) agar terhindar dari resiko kecepatan udara tinggi dan tabrakan antara mata dengan serangga.

 

Kingda Ka

Kingda Ka - Roller Coaster Tercepat
gatehousemedia.com

Merupakan roller coaster yang berada di Six Flags Great Adventure in Jackson, Amerika Serikat. Kingda ka sempat dinobatkan sebagai roller coaster tercepat kedua dan tertinggi di dunia.

Kereta ini melaju cepat dengan memanfaatkan sistem peluncuran hidrolik tipe mekanik.Tak heran jika Kingda Ka memiliki kecepatan laju sebesar 206km/jam atau setara dengan 128 mil per jam dalam kurun waktu hanya 3,5 detik.

Di titik akhir jalur peluncuran, kereta akan naik mendaki sebuah menara utama yakni setinggi 139m. Kemudian meluncur bebas sejauh 950m pada jalur lintasannya.

Dodonpa

Dodonpa - Roller Coaster Tercepat
komakino.ch

Roller coaster yang berlokasi di Fuji-Q Highland Amusement Park, Jepang ini adalah wahana kedua yang menggunakan kekuatan kompresi udara sebagai pendorong dalam peluncuran keretanya.

Debut roller coaster Dodonpa dimulai pada tanggal 21 Desember 2001. Kala itu roller coaster ini sempat menjadi perbincangan media massa bahkan menjadi berita utama tatkala berhasil memecahkan dua rekor dunia sekaligus.

Millenium Force

Millenium Force - Roller Coaster Tercepat
cedarpoint.com

Wahana yang juga diproduksi oleh Intamin ini merupakan roller coaster tercepat dan terpanjang kedua lintasannya di wilayah Amerika Utara.

Millenium force menerapkan sistem penggunaan lift kabel pertama di dunia daripada beberapa roller coaster lain yang menggunakan rantai angkat tradisional.

Jika kamu memang tertarik dengan roller coaster pemecah 10 rekor ini, datanglah ke taman bermain Cedar Point Sandusky, Amerika Serikat.

Dijamin, kamu akan merasakan ujian adrenalin yang pastinya sulit untuk dilupakan. Meskipun wahana ini sudah dibuka sejak tahun 2000, akan tetapi jalur lintasannya masihlah tidak kalah bersaing dengan beberapa roller coaster baru lainnya di seluruh dunia.

Leviathan

Leviathan - Roller Coaster Tercepat
aceonline.org

Berlokasi di taman hiburan Faire Medieval, Kanada, Leviathan adalah roller coaster baja debutan pertama dari produsen Swiss Bolliger & Mabillard. Dengan ketinggian lintasan daki sekitar 300 kaki, kereta ini mampu melesat dengan kecepatan 148km/jam.

Oleh karena itu, tak heran jika di Kanada roller ini menjadi tercepat dan tertinggi disana. Roller coaster ini resmi dibuka pada tanggal 6 Mei 2012, yang mana wahana ini telah rampung pada februari 2012 serta lolos tes pertama di tanggal 15 maret 2012.

Berlokasi di taman hiburan Faire Medieval, Kanada, Leviathan adalah roller coaster baja debutan pertama dari produsen Swiss Bolliger & Mabillard. Dengan ketinggian lintasan daki sekitar 300 kaki, kereta ini mampu melesat dengan kecepatan 148km/jam.

Oleh karena itu, tak heran jika di Kanada roller ini menjadi tercepat dan tertinggi disana. Roller coaster ini resmi dibuka pada tanggal 6 Mei 2012, yang mana wahana ini telah rampung pada februari 2012 serta lolos tes pertama di tanggal 15 maret 2012.

Tinggalkan komentar