Kalau Suka Makan Rujak Ulek, Maka Buah-buahan Ini Akan Kita Temui di Dalamnya

Salah satu jenis makanan yang terdiri dari aneka buah dan tidak perlu proses pematangan terlebih dahulu adalah rujak ulek. Salah satu ciri khas dari rujak ulek ini, karena rasa buah-buahan yang ada di dalamnya, bercampur dengan rasa bumbu rujaknya.

Kenapa dinamakan rujak ulek? Karena proses pembuatan bumbunya dengan cara diulek. Dan yang membuat rujak ulek ini ramai sekali rasanya, karena isi buah-buahannya macam-macam, ada yang rasanya manis dan ada yang rasanya asam, selain itu ada juga yang rasanya hambar, asam nggak manis pun nggak.

Kalau kamu yang biasa makan rujak ulek, pasti udah tahu dong buah-buahan apa saja yang terdapat di dalam campuran rujak ulek? Wah, apa saja ya? Ayo diingat-ingat! Bagaimana kalau kita ingat bersama-sama saja? Yuk kita lihat, buah-buahan yang biasa dijadikan rujak ulek apa saja sih?

Mangga Muda

thevocket.com

Kamu pasti tau dong bagaimana rasanya mangga muda ini? Saat melihatnya saja, ia langsung memaksa air liurmu untuk mengalir di dalam rongga mulutmu dan dikepalamu sudah terbayang betapa asam rasanya. Nah, karena rasanya yang asam inilah, maka mangga muda dipilih sebagai bagian dari anggota keluarga rujak.

Sebenarnya sih, rujak tanpa mangga ya sah-sah saja, namun rasanya kurang afdhol kalau tidak melibatkan mangga dalam dunia ‘perujakan’.  Jadi, kalau kamu mau buat rujak, jangan pernah melupakan buah yang satu ini ya!

Bengkoang

jiahjava.wordpress.com

Hidup akan terasa ramai, jika disekeliling kita dipenuhi banyak warna. Begitu pula ketika kita memakan rujak. Jika rujak isinya buah-buahan yang rasanya asam saja, tentunya akan terasa kurang sensasinya. Oleh karena itu, kita pun memerlukan buah-buahan yang rasanya manis dan berair, salah satunya adalah bengkoang.

Jadi, kalau kita lagi makan rujak bersama teman-teman dan ternyata teman kita nggak suka asam, maka teman kita bisa memilih bengkoang sebagai salah satu alternatifnya. Bengkoang, selain enak dimakan dengan bumbu rujak, buah ini pun enak dimakan begitu saja. Apalagi kalau bengkoangnya baru keluar dari kulkas. Wah, pastinya seger dong!

Kedondong

vegetafruit.com

Selain mangga muda, kita pun bisa menggunakan kedondong untuk dicampurkan ke dalam rujak. Rasa kedondong ini pun juga asam lho! Walaupun tingkat keasamannya masih di bawah mangga muda. Tapi, kalau mau menjadikan kedondong sebagai salah satu buah-buahan di rujak, kamu jangan masukkan bijinya ya! Soalnya bijinya bisa nyangkut ditenggorokan kamu.

Jambu Air

vegetafruit.com

Buah-buahan lainnya yang sering kita temui dicampuran rujak adalah jambu air. Kalau buah-buahan yang lain sudah bisa diidentifikasi rasanya seperti apa, kalau jambu air berbeda. Rasa jambu air tergantung dengan jenis jambunya. Selain itu, beda musim saja rasa jambu air ini berbeda rasanya. Terkadang manis, terkadang asam dan kadang juga hambar.

Nanas

manfaatbuah.info

Buah-buahan ini sering ditakuti oleh ibu yang sedang hamil muda, buah ini adalah nanas. Nanas bisa menimbulkan kontraksi pada ibu hamil, itulah sebabnya buah ini sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Tapi tidak buat orang-orang penyuka rujak yang sedang tidak hamil, karena buah ini begitu lezat rasanya jika kita masukkan ke dalam bumbu rujak.

Timun

khasiatherba.com

Untuk menambah kesegaran rujak yang kita makan, maka tidak ada salahnya jika kita mencampurkan timun ke dalamnya. Rasa timun yang tidak condong ke asam dan ke manis, membuatnya sebagai penetralisir saat kita sedang memakan rujak.

Ubi Jalar

portal.cbn.net.id

Agak aneh sebenarnya mendengar bahwa ubi jalar bisa dimasukkan ke dalam campuran rujak. Tapi ini adalah sebuah fakta yang perlu kita ketahui. Biasanya ubi jalar yang digunakan adalah ubi jalar berwarna kuning kemerahan. Penambahan ubi jalar pada rujak ini, salah satu fungsinya untuk mencegah kita terkena diare setelah memakan rujak.

Tinggalkan komentar