Rujakan Yuk! Biar Siang Harimu Makin Mantab

Libur di akhir minggu adalah waktu-waktu yang ditunggu dan merupakan waktu yang sangat membahagiakan. Membahagiakan karena di hari libur ini kita bisa mamanfaatkan waktu berkumpul bersama keluarga, berkumpul dengan teman atau pergi tamasya ke tempat wisata terdekat dari tempat tinggal kita.

Nah, saat liburan seperti inim, tentunya akan lebih asyik dan lebih nikmat jika dilengkapi dengan suguhan tertentu. Misalnya saja kue-kue manis atau pun gorengan hangat yang ditemani dengan es buah segar. Wow, rasanya pasti begitu menggoda selera. Dan dengan begini, suasana keakraban pun akan terbangun antar anggota keluarga.

Oiya, ada satu lagi jenis makanan yang selalu diminati keberadaannya saat hari libur, apalagi kalau bukan rujak buah. Makanan ini akan lebih nikmat jika dimakan beramai-ramai, apalagi kalau makannya di bawah pohon rindang di siang yang cerah. Wah, pasti ditemani semilir angin dong! Ngebayanginnya aja asyik sekali lho.

Tapi permasalahannya, buat rujak buahnya gimana? Soalnya kalau buat sendiri, rasanya suka tidak seenak kalau beli. Tapi kalau beli kan harganya lumayan, apalagi kalau belinya banyak. Sebenarnya buat rujak ini mudah lho, kalau nggak percaya, langsung kita lihat yuk cara membuatnya!

Bahan-bahan untuk Membuat Rujak Buah

id.openrice.com

Dari namanya saja, kita sudah bisa membayangkan bahwa yang perlu kita siapkan untuk mebuat rujak ini adalah buah-buahan. Tapi, kira-kira buah-buahan apa saja yang bisa kita gunakan ya! Buahnya sih bisa disesuaikan dengan selera. Bisa mengguankan buah lokal atau pun buah impor. Itu sih tergantung kitanya mau apa.

Tapi, pada umumnya rujak buah itu berisi buah-buah yang ada di sekitar, sehingga mudah untuk kita dapatkan, jumlah varian buahnya bisa bervariasi. Nah, jenis-jenis buahnya seperti mangga muda, bengkoang, timun, jambu air, kedondong dan nanas. Selain itu, kita pun bisa menambahkan ubi jalar. Penambahan ubi jalar ini dimaksudkan agar kita tidak diare setelah memakan rujak yang rasanya pedas dan asam ini.

Selain buah-buahan sebagai bahan utama, kita pun perlu menyiapkan bahan untuk membuat bumbu rujaknya. Bahannya sederhana sekali lho! Kita hanya perlu menyiapkan gula merah, cabe rawit atau cabe keriting, kacang tanah goreng dan asam jawa. Bagaimana? Bahannya mudah didapat dan sangat sederhana kan? Tanpa harus membelinya, biasanya bahan-bahan ini sudah ada di dapur kita.

Jika bahan-bahannya sudah kita siapkan, maka kita bisa langsung masuk ke proses pembuatan dan peracikan. Tapi kamu perlu tanya dulu ke peserta rujakannya, mereka suka pedas atau nggak? Kalau Sebagian ada yang suka pedas sebagian ada yang nggak tahan pedas, maka kamu bisa membuat bumbu rujaknya berlevel-level tingkat kepedasannya.

Supaya lebih terbayang proses pembuatannya seperti apa, maka kita langsung praktekin aja yuk! Kalau segera membuatnya, kita kan bisa segera memakannya. Sudah nggak sabar kan pengen nyobain rujak buatan sendiri? Ya sudah, yuk kita ikuti langkah-langkahnya.

Cara Membuat Rujak Buah

indonesian-medan-food.blogspot.com

Bagian terberat dari membuat rujak ini adalah saat proses mengupas dan memotong buah-buahannya. Jika kamu membuatnya dalam skala yang banyak, maka kamu sebaiknya minta bantuan keluarga yang lain.

Jika semua buah sudah dipotong, maka kita bisa menyajikannya dengan meletakkan masing-masing buah berdasarkan jenisnya.
Kalau urusan potong-memotong sudah selesai, maka kini saatnya kita membuat bumbu rujak. Enak atau tidaknya bumbu rujak ini pada akhirnya akan menentukan kenikmatan kita memakan rujak, jadi yang serius membutnya ya!

Langkah pertama, kita ulek cabe rawit ditambah garam, lalu dicampur dengan gula merah, kacang tanah dan asam jawa. Semua bumbu-bumbu itu kita halus sampai semuanya tercampur merata. Untuk kacangnya, kita bisa giling kasar, agar sensasi gurihnya terasa ketika digigit. Kalau bumbunya sudah jadi, rujak pun siap untuk disantap.

Tinggalkan komentar