Rukun-rukun Yang Harus Dipenuhi Saat Puasa

Jika kamu ingin menjalankan ibadah puasa maka ada 2 Rukun Puasa yang harus kamu perhatikan, yang pertama adalah  Niat puasa dan yang kedua adalah  Menahan diri dari hal hal yang dapat membatalkan puasa kamu mulai dari terbit fajar hingga matahari terbenam. Berikut pemaparannya agar kamu lebih faham tentang rukun puasa:

Niat

doa niat puasa sunah dzulhijjah
jasaseopurwokerto.blogspot.com

 

Jangan lupa untuk berniat didalam hati saat malam hari atau ketika kamu melakukan sahur. Karena niat puasa hukumnya wajib.

Menahan Diri Dari Perkara Yang Membatalkan Puasa.

batal puasa
berniatpuasa.blogspot.co.id

 

Dan berikut beberapa contoh yang dapat membatalkan puasa sehingga kamu harus dapat menahannya ketika berpuasa.

  • Makan dan minum

Kamu harus dapat Menahan lapar dan dahaga, sehingga mulai terbinya fajar hingga matahari terbenam kamu tidak boleh makan atau minum, walaupun hanya sedikit. Karena jika kamu melanggar maka puasa kamu batal.

  • Muntah dengan sengaja

Berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a , bahwa muntah yang disengaja itu membatalkan puasa, namun jika tidak disengaja maka tidak batal puasanya.

Jangan kamu melakukan hubungan badan ketika kamu sedang puasa saat mulai fajar tebit hingga terbenam walaupun saat melakukannya tidak mengeluarkan mani. Karena puasa tidak hanya menahan haus dan lapar namun juga menahan syahwat.

  • Al-Istimna’

Selain berhubungan badan apapun kegiatan yang dapat menimbulkan syahwat sehingga berpotensi keluar mani seperti bercumbu atau yang lainnya dapat membatalkan puasa kamu. Jadi tahannlah syahwatmu ketika kamu berpuasa.

  • Haid dan nifas

Bagi kamu para wanita, ketika kamu berpuasa lalu keluar darah haid ataupun nifas saat mulai terbit fajar hingga terbenam  maka batalah puasamu. Saat puasa Ramadhan kamu bisa mengganti puasamu dihari yang lain ketika sedang haid atau nifas. Yang demikian sesuai hadist Rasulullulah.

  • Gila dan murtad

Rukun puasa yang terakhir adalah kamu harus dalam keadaan sehat dari penyakit gila serta seorang muslim, Ketika kamu berpuasa lalu murtad atau gila saat sebelum matahari terbenam maka puasa kamu batal. Karena tidak ada kewajiban bagi orang gila melakukan puasa.

Sudah mendapat titik terang tentang rukun puasa? Jika kamu ingin puas kamu benar – benar penuh, maka jalankan rukun puasa dan insya’allah kamu akan mendapat ridho yang melimpah.

 

Tinggalkan komentar