Rumah Adat Sumatera Utara

RUMAH ADAT SUMATERA UTARA – Sumatera bagian utara merupakan provinsi yang memiliki jumlah penduduk terbanyak ke 4 di Indonesia. Provinsi yang di ibukotakan oleh Medan ini kebanyakan dihuni oleh suku batak yaitu suku asli sekaligus suku mayoritas disana. Batak sendiri adalah salah satu suku di indonesia dengan jumlahnya yang besar setelah suku jawa. Batak dikelompokkan menjadi beberapa sub suku lagi. Yaitu batak toba, simalungun, angkola, pakpak, dan mandailing. Masing-masing sub suku tersebut memiliki budaya yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut bisa terlihat dari rumah adatnya.

Rumah Adat Sumatera Utara

Rumah Adat Sumatera Utara
http://adat-tradisional.blogspot.com

Secara garis besar rumah adat sumatera utara ini dikenal dengan nama rumah adat balon. Selain rumah bolon beberapa rumah adat lainnya juga ada. Pada artikel ini akan dibahas mengenai rumah adat sumatera utara lebih rinci terkait dengan sejarah, struktur rumah, nilai-nilai filosofis yang terkandung didalamnya.

Struktur Bangunan Rumah

Rumah adat bolon ini adalah sebutan untuk rumah adat suku batak di bagian sumatera utara. Terdapat beberapa sub suku batak yang karena sub suku tersebut bentuk arsitektur rumah adatnya juga berbeda-beda versi. Contoh lain rumah adatnya yaitu bolon toba, bolon karo, bolon pakpak, bolon simalingun, bolon angkola, dan bolon mandailing.

Perbedaan yang terlihat dari rumah adat bolon dengan rumah adat di provinsi lain yaitu rumah bolon ini menyerupai panggung yang hampir seluruh bahan bangunannya terbuat dari alam.

Tiang yang memiliki tinggi kisaran 2 meter dari permukaan tanah dibentuk dari gelondong-gelondong kayu dengan diameter 40 cm, dindingnya dibuat menggunakan anyaman bambu, lantai dibentuk dari papan-papan, atap dari bahan ijuk atau daun rumbia. Agar rumah ini kokoh dibutuhkan ikatan yang kuat agar rumah ini bisa menyatu karena rumah ini tidak menggunakan paku satupun pada bangunannya. Yang menjadi penghubung antara satu dengan yang lainnya hanyalah sistem kunci menggunakan kayu yang natinya diikat dengan tali.

Fungsi Rumah Adat Bolon

Ruang jabu bong

ruangan ini dikhususkan bagi kepala keluarga yang lokasinya terletak di sudut belakang sebelah kanan.

Ruang jabu soding

Ruangan ini khusus bagi anak perempuan yang lokasinya di bagian belakang disebelah kiri yang berhadapan langsung dengan jabu soding.

Ruang jabu suhat

Terkhusus untuk anak laki-laki

Ruang tampar piring

Ruangan khusus untuk menyambut para tamu yang datang berkunjung.

Tinggalkan komentar