26 Inspirasi Rumah Minimalis Satu Lantai yang Nyaman dan Ekonomis

RUMAH MINIMALIS 1 LANTAI – Rumah adalah tempat bernaung dari segala ancaman bahaya dan juga cuaca. Rumah juga termasuk satu dari tiga kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi. Namun pada perkembangannya sering sekali rumah tidak lagi menjadi sekedar tempat tinggal namun juga sebagai gaya hidup.

Dari sekian banyak model rumah yang dicari adalah rumah berdesain minimalis satu lantai. Selain cocok untuk daerah dengan lahan sempit biaya pembangunannya juga tidak mahal. Sebelum kamu melihat koleksi desain rumah minimalis satu lantai, ada baiknya kamu mengetetahui apa saja kelebihannya dan bagaimana caranya agar tetap nyaman tinggal di rumah minimlalis.

Kelebihan desain rumah minimalis 1 lantai

1. Lahan

Yang pertama adallah lahan. Saat ini kebutuhan lahan untuk membangun rumah sangatlah terbatas, terutama di kota-kota besar. Dengan membangun rumah dengan konsep minimalis satu lantai, maka akan menghemat lahan. Dengan tata ruang yang pas, rumah minimalis satu lantai pun akan tetap nyaman di tinggali.

2. Desain Interior Rumah

Yang kedua adalah desain interior yang simple namun tetap berkesan modern nan elegan. Jadi meski bergaya sederhana, rumah tipe minimalis satu lantai tak kalah kerennya dengan rumah-rumah besar dengan biaya pembangunan yang mahal.

3. Sesuai Kebutuhan

Rumah minimalis 1 lantai sangat menyesuaikan kebutuhan masyarakat modern. Bagi kamu yang menginginkan desain rumah yang unik, simple dan modern, rumah jenis ini sangat sesuai menjadi pilihan.

4. Biaya Pembuatan

Yang keemapat adalah biaya dalam pembuatannya cukup murah. Karena minimalis, material-material yang digunakan juga tidak terlalu banyak. Berbeda jika kamu membangun rumah dengan ukuran besar dan mewah.

Selain material, yang membuat biaya pembangunannya murah adalah karena lahan yang dibutuhkan tidak terlalau besar.

5. Menghemat biaya listrik

Karena bentuknya yang minimalis, konsumsi listrik juga akan berkurang. Tentu ini sangat bermanfaat tatkala kebutuhanakan kebutuhan energi semakin hari semakin berkurang.

6. Menghemat konsumsi air

begitu juga dengan penggunakaan air yang bisa ditekan ketimbang menggunakan ruamh minimlis dua lantai atau rumah mewah lainnya. Semakin sedikitnya jumlah ruangan, maka semakin sedikit pula konsumsi air baik itu untuk mandi atau MCK.

7. Mengurangi Resiko

Resiko di sini misalnya terjadi kebakaran, maka akan kebih mudah melakukan evakuasi.

8. Lebih Mudah Dibersihkan

karena ukurannya yang kecil, maka mudah sekali untuk dibersihkan. Kamu tidak perlu menyewa pembantu utuk membersihkan rumah.

9. Ruangan Lebih Mudah Diatur dan Ditata

Tidak terlalu bnayak sekat yang membatasi tiap ruangan akan memudahkan kamu untuk mengatur dan merapikan setiap sudut ruangan rumah.

Tips Agar Rumah Minimalis Lebih Nyaman

1. Gunakan kreativitas kamu untuk mengatur ruangan dengan memakai furniture sederhana dengan rapi agar tidak menghabiskan banyak tempat.

2 Kombinasikan warna cat pada dinding rumah kamu dengan menggunkan warna-warni cerah sehingga terasa lebih luas, misalnya hijau biru atau putih.

3. Bikin atap rumah kamu lebih tinggi untuk membuat sirkulasi udara dalam rumah menjadi lebih leluasa dan semakin membuat segar.

4. Jangan membuat sekat-sekat pembatas antar ruangan. Kamu bisa menyiasatinya dengan memakai dua ruangan menjadi satu, misalnya dapur dengan ruang tamu. Sehingga ruangan di rumah kamu tidak terlalu kelihatan sempit.

5. Pasang jendela rumah kamu dengan ukuran besar. Ini akan memberikan kesan rumah minimalis satu lantai kamu terlihat besar dan luas.

Berikut ini 30 konsep desain rumah minimalis yang kami ambil dari berbagai sumber.

Rumah Minimalis Dengan Garasi Terbuka Tanpa Pagar

gambar rumah minimalis sederhana baru
modelrumahminimalislengkap.blogspot.com

Rumah minimalis yang pertama berkonsep rumah minimalis bergarasi terbuka. Rumah seperti ini sangat lazim digunakan untuk ukuran lahan yang sempit dan diapit oleh bangunan kiri dan kanan. Banyak dari tipe rumah kompleks menggunakan konsep seperti ini.

Selain murah biaya pembangunannya model bangunannya juga cukup elegan. Rumah seperti ini sangat cocok untuk daerah perkotaan dan padat penduduk.

Rumah Minimalis Dengan Garasi Terbuka dengan Pagar

gambar rumah minimalis sederhana nyaman (modelrumahminimalislengkap.blogspot.com)
modelrumahminimalislengkap.blogspot.com

Rumah minimalis seperti ini adalah modifikasi dari rumah minimalis garasi terbuka dengan menambahkan pagar di areal depan rumah. Model seperti ini sangat terlihat elegan dan juga lebih rapi dalam penataannya. Meskipun begitu ruang yang dipakai tidaklah cukup banyak sehingga masih cocok jika dibuat di perkotaan.

Tetapi sebaiknya tidak memaksakan membuatnya di areal padat penduduk karena lahannya terlalu sempit. Salah satu saran terbaik jika memang ingin rumah bertipe ini adalah memesan tanah yang sedikit lebih luas untuk taman dan pagarnya.

Rumah Minimalis Dengan Garasi Terbuka dengan Taman Depan Belakang

gambar rumah minimalis sederhana terbaik
modelrumahminimalislengkap.blogspot.com

Rumah minimalis berikut ini sangat cocok jika dieruntukkan untuk perumahan dan kompleks real estate yang nyaman. Hunian seperti ini sekilas tampak panas, namun dengan adanya taman di areal belakan dan depan dapat menyerap panas.

Jika menginginkan desain rumah yang seperti ini sebaiknya membeli tanah yang agak luas, jika memungkinkan beli di daerah pingir. Selain murah harga tanahnya biasanya ukuran tanahnya juga paling luas sehingga bisa dimodifikasi lebih banyak.

Rumah Minimalis Tanpa Garasi dan Tanpa Pagar

modelrumahminimalislengkap.blogspot.com
modelrumahminimalislengkap.blogspot.com

Rumah minimalis yang bermacam-macam bisa jadi pilihan yang sulit. Namun tidak dengan model yang satu ini. Model rumah minimalis tanpa garasi dan pagar adalah pilihan yang tepat jika ingin membangun rumah di lahan sempit dan pendek.

Meski tidak terdapat garasi bukan berarti rumah ini kurang mendukung kebutuhan pemiliknya. Selain ekonomis rumah ini juga menggunakan tie bangunan tinggi sehingga udara keluar masuk juga sangat terjaga. Mungkin rumah inilah tipe minimalis yang sangat sejuk meski tanpa taman dan pepohonan.

Rumah Minimalis Tanpa Garasi dengan Taman Depan

gambar rumah minimalis sederhana
modelrumahminimalislengkap.blogspot.com

Rumah bertipe minimalis seperti ini sangatlah nyaman jika dibangun diantara kawasan pemukiman yang berada di pinggiran kota. Meski tampak seperti rumah sesderhana namun jika dibandingkan dengan tipe lainnya sangat murah biayanya.

Seperti bisa dilihat dari bentuknya dan juga konsep peletakannya maka hunian seperti ini sangat layak dipertimbangkan untuk dimiliki. Setidaknya jika lahan dan kantong sangat minimalis pilihan ini rasanya tidak terlalu buruk.

Rumah Minimalis Dengan Taman Luas

gambar-rumah sederhana-2
modelrumahminimalislengkap.blogspot.com

Rumah yang bisa membuatmu nyaman yang terakhir ini mungkin akan cocok jika dibangun di areal pinggiran kota atau pedesaan. Pasalnya tipe ini sangat membutuhkan luas tanah yang sedang tidak sempit juga tidak luas.

Konsep sederhanannya adalah kembali ke alam dengan menaruh taman mengelilingi rumah dengan beberapa pohon besar. Jika rumah biasanya panas jika musim kemarau, ucapkan selamat tinggal pada itu semua.

Rumah Minimalis Satu Lantai dengan Satu Garasi Mobil

Rumah Minimalis Satu Lantai dengan Satu Garasi Mobil
desainrumahnya.com

Warna abu-abu dikombinasikan dengan warna orange pada bagian depan pintu, membuat rumah minimalis ini terlihat begitu elegan dan kalem.

Garasi mobil di depan juga meemperlihatkan rumah ini terlihat lebbih modern. Di depannya kamu bisa tanam bunga atau rumput untuk menambah kecantikan rumah minimalis kamu.

Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Simple

Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Simple
http://www.desainrumahnya.com/

Dengan gaya klasik, rumah minimalis ini tetap terlihat menarik. Perpaduan warna putih dan abu-abu pada tembok serta warna cokelat dan pintu pada pintu dan jendela, membuat kita betah tinggal di dalamnya.

Tak lupa, rumput jepang menghiasi halaman untuk menambah kesan hijau pada rumah.

Desain rumah Minimalis 1 Lantai Unik Modern

Desain rumah Minimalis 1 Lantai Unik Modern
http://www.desainrumahnya.com/

Bisa dilihat pada gambar, desain ini sangat unik, dimana antara lantai dan halaman depan dibuat lebih tinggi. Desain ini sangat cocok untuk yang tinggal di daerah rawan banjir. Desain atapnya juga terkesan modern ditambah jendela kaca yang terlihat luas.

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai Simpel 2

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai Simpel 2
http://www.desainrumahnya.com/

Desain ini sudah banyak dipakai oleh sebagian masyarakat indonesia. Baik di kota maupun di desa-desa, desain rumah simple ini begitu menjamur. Tidak heran memang, mengingat dalam pembuatannya yang cukup terjangkau.

Desain Rumah MInimalis dengan Pagar Tembok Minimalis

Desain Rumah MInimalis dengan Pagar Tembok Minimalis
http://www.desainrumahnya.com/

Inspirasi berikutnya adalah membuat pagar tembok pada rumah minimalis kamu. Selain bisa melindung tanaman bunga atau rumput, pagar ini juga memebrikan kesan modern.

Desain Rumah Minimlis Satu Lantai Simple dan Elegan

Desain Rumah Minimlis Satu Lantai Simple dan Elegan
http://www.desainrumahnya.com/

Lihatlah rumah itu, begitu simple dan elegan bukan? Dengan tata ruang dan tata bangun yang baik, rumah minimalis bisa diubah menjadi rumah yang enak dipandang.

Rumah Minimalis Satu Lantai Eco Design

Rumah Minimalis Satu Lantai Eco Design
http://www.desainrumahnya.com/

Warna hijau daun pada sisi rumah akan memberikan kesan go green pada rumah tersebut. Ditambah pohon-pohon disekeliling rumah semakin menambah kesan tersebut.

Desain ini sangat cocok dibangun pada daerah yang panas, karena akan terlihat unik. Dan juga akan memberikan hawa sejuk dalam rumah.

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai Tanpa Pagar

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai Tanpa Pagar
http://www.desainrumahnya.com/

Bagi kamu yang suka rumah tanpa pagar keliling, desain ini mungkin bisa menjadi inspirasi. Desain ini akan memberikan kesan luas, meski sebenarnya dibangun pada lahan sempit. Dengan desain ini akan banyak keuntungan, misalnya area taman bisa dipakai untuk tempat bermain anak-anak.

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai dengan Atap Unik

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai dengan Atap Unik
http://www.desainrumahnya.com/

Ingin terlihat beda dengan yang lain? Desain yang satu ini bisa kamu coba.Dengan desain yang anti-mainstream, yaitu menggunakan cor-coran sebagai atap dan dibuat miring. KEsan yang bisa dilihat adalah rumah kamu terlihat kokoh dan kuat. Ditambah lukisan batu di tembok, semakin menegaskan bahwa rumah kamu benar-benar kokoh.

Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Keren

Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Keren
http://www.desainrumahnya.com/

Desain tembok bertekstur bamu dipadukan warna tembok abu-abu terang memiliki kesan rumah ini berada disebuah hutan. Namun tetap dengan konse modern minimalisnya. Taman rumput yang didesain sedemikian rupa dan dua pohon babmu jepang berdiri tegak di depan rumah. Background rumah juga dikelilingi berbagai pohon.

Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Bergaya Modern

Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Bergaya Modern
http://www.desainrumahnya.com/

Desain jalan menuju pintu utama yang dibuat bertingkat menjorok kedalam, memebrikan kesan mewah pada rumah ini, meski dibangun pada lahan sempit.Penempatan lampu yang pas degan berbagai tanaman hias di depannya.

Rumah MInimalis Satu Lantai Untuk Orang Kantoran

Rumah MInimalis Satu Lantai Untuk Orang Kantoran
http://www.desainrumahnya.com/

Desain ini sangat cocok untuk kamu yang bekerja di kantor. Garasi mobil yang cukup luas dan area taman yang luas juga akan membuat kamu semakin semnagat pergi ke kantor di tiap paginya.

Desain Rumah Minmalis untuk Orang Kantor 2

Desain Rumah Minmalis untuk Orang Kantor 2
http://www.desainrumahnya.com/

Ini juga sangat cocok untuk orang kantoran. Warna kalem abu-abunya di kombinasikan background rumah yang dikelilingi pepohonan. Desain ini sangat cocok dibangun pada lahan sempit.

Desain Rumah Minimalis untuk Orang Kantoran 3

Desain Rumah Minimalis untuk Orang Kantoran 3
http://www.desainrumahnya.com/

Yang berikutnya ini juga sangat cocok untuk orang kantoran seperti kamu. Desain atap tiga lapis dimana yang satu lebih rendah dari yang dua. Desain jendela yang unik dengan taman minimalis. Pada garasinya diberi pagar tembok dengan sedikit sentuhan desain.

Desain rumah Minimalis Satu Lantai

Desain rumah Minimalis Satu Lantai
http://www.desainrumahnya.com/

Atap rumah yang besar berbentuk kerucut. Terdapat dua jendela disebelah kanan dan empat jendela disebelah kiri. Ditengah-tengahnya terdapat pintu dua pintu. Warna yang dipakai antara atap, jendela dan pintu begitu serasi. Di bagian depannya, kamu bisa pohon-pohon kesuakaan kamu.

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai Unik

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai Unik
http://www.desainrumahnya.com/

Tiga atap dibuat bergelombang dengan warna abu-abu gelap. Pada bagian jendelanya dibuat dua bukaan begitu juga dengan pintunya. Tembok didominasi warna putih. Yang unik adalah tiga tiang di depan pintu yang menjulang dari atap hingga dasar. Ketika kamu membuka jendela, kamu akan disuguhi pemandangan rereummputan hijau. Kamu juga bisa menanm tanaman lain, bunga misalnya.

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai Cool

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai Cool
http://www.desainrumahnya.com/

Desain atap yang tidak biasa dimana pada bagian depannya terdapat potongan segiempat. Pada bagian bawahnya ada pintu satu bukaan bercat coklat. Dua jendela di bagian kiri serta satu garai mobil yang muat untuk satu mobil. Didepannya dihiasi berbagai tanaman hias yang indah nan cantik.

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai Go Green

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai Go Green
http://www.desainrumahnya.com/

Kenapa saya namakan Go Green, karena kalau dilihat sekilas akan menampakan aura hijau dab segar. Konsep ini diaplikasikan ke dalam warna cat yang dipakai. Desain atapnya dibuat bertumpuk dengan warna coklat. Ditengah-tengahnya terdapat pintu berwarna cokelat.

Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern 2

Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Modern 2
http://www.desainrumahnya.com/

Terlihat rumah minimalis ini sangat modern dengan berbagai tanaman hias.

Rumah Minimalis Satu Lantai Eksotis

Rumah Minimalis Satu Lantai Eksotis
http://www.desainrumahnya.com/

Desain ini terlihat sangat eksotis karena perpaduan warnanya yang pas. Dua buah jendela disebelh kiri dan 3 buah jendela unik di sebelah kanan. Di tengahnya terdapat pintu besar dengan pemilihan warna coklat. Bagian depannya tumbuh berbagai tanaman hias, ditambah lampu yang akan menambah keeksotisan pada malam hari.

Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Bergaya Klasik

Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Bergaya Klasik
http://www.desainrumahnya.com/

Warna yang dipilih adalah emas pada atapnya. Dan putih agak kekuningan pada dindingnya. Disebelah kanan terdapat dua jendela besar. Desain depan rumahnya sangat klasik dan banyak sekali  rumah ynag menggunakan desain seperti itu. Taman rumput didepannya memberikan kesan luas pada rumah tersebut.

Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Dengan Taman Unik

Desain Rumah Minimalis 1 Lantai Dengan Taman Unik
http://www.desainrumahnya.com/

Warna yang dipilih adalah abu-abu pada dindingnya dan hitam pada atapnya. Yang unika adalah desain tamannya yang dibuat seperti taman kanak-kanak. Sangat cocok untuk kamu yang mempunyai anak yang masih kecil.

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai Pagar Besi

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai Pagar Besi
http://www.desainrumahnya.com/

Desain rumah seperti pada rumah minimalis lainnya. Di sekelilingnya dibuat pagar besi yang lumyan tinggi. Kesan yang terlihat adalah rumah ini lebih aman.

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai Cantik

Desain Rumah Minimalis Satu Lantai Cantik
http://www.desainrumahnya.com/

Warna cerah yang dipilih di tambah desain taman yang minimalis namun cantik akan membuat kamu betah berada di dalam rumah. Desain dinding di sebelah kanan begitu sempurna. Atap jendela juga dibuat sedemikian rupa menyesuaikan desin depan dari rumah. Ada juga jalan setapak menuju pintu masuk.

Desain Rumah Minimalis Modern 1 Lantai Dengan 3 Kamar

Hunian minimalis bisa bisa dilihat dari kamar yang digunakan. Salah satu ide bagus adalah membuat 3 kamar pada rumah minimalis satu lantai. Desain ini sangat cocok bagi keluarga yang sudah mempunyai anak. Interior dalam kamar tersebut bisa disesuaikan dengan kesuakaan anak masing-masing. . Ruangan utama biasanya menyertakan konsep terbaik, yaitu desain simple dan kontemporer.

Pembagian fungsi kamar berbeda-beda tergantung pemiliknya. Bisa memilih 1 kamar utama dan 2 kamar anak atau sebaliknya. Banyak masyarakat yang sangat menyukai konsep rumah seperti ini. Karena tidak ribet dan desainnya simple.

Untuk warna, pilih warna yang kalem untuk dinding rumah kamu. Misalnya warna putih atau warna polos lain yang memberikan kesan santai dan nyaman untuk sekeluarga. Namun jika kamu suka warna yang colorfull, bisa mengkombinasikan berbagai macam warna sesuai imajinasi kamu. Namun saya sarankan untuk mengindari warna dinding hitam, karena akan memberikan kesan sempit pada ruangan.

Pilih mana yang ideal? Rumah 1 Lantai atau 2 Lantai?

Saat membangun rumah, ada kalanya pemilik merasa bimbang, cukup membangun rumah satu lantai atau perlu rumah dengan dua lantai? Untuk mengambil keputusan ini oerlu dipertimbangkan baik-baik. Untuk itu saya akan memberikan gambaran tentang rumah satu lantai dan dua lantai:

1. Kebutuhan Ruang

Lihat kembali kebutuhan ruangan kamu dan keluarga. Jika keluarga kamu termasuk keluarga besar dan akan berencana tinggal bersama orang tua atau adik kakak, pertimbangkan kembali luas yang dibutuhkan dengan luas lahan yang kamu miliki. Hitung dengan cermat luas tiap ruangan agar nantinya nyaman depakai seluruh anggota keluarga. Jika memang masih memungkinkan untuk menggunakan satu lantai makat tak masalah, namun jika merasa tidak cukup, rumah dua lantai mungkin akan menjadi pilihan.

2. Budget

Yang ini menjadi perhatian khusus yang tidak boleh dianggap enteng. Membangun dua lantai pasti membutuhkan dan yang lebih gede jika dibandingkan dengan satu lantai. Sebelum membangunnya, sebaiknya kamu rencanakan semua anggarannya secara rinci, berapa total biaya yang harus dibutuhkan hingga rumah benar-benar berdiri. Sekali lagi persiapkan anggaran kamu dengan cermat!.

3. Ruang Privat dan Pribadi

Jika kamu tinggal bersama orang lain, misalnya keluarga kamu (suami istri dan anak) dan keluarga orang tua di dalam satu rumah, maka sebaiknya kamu memiliki area yang benar-benar punya kamu (privat). Dan ini bisa dicapai dengan membagi rumah menjadi area publik dan area privat. Dapur, ruag keluarga, ruang makan sebagai ruang pubik dan kamar tidur sebagai ruang privat.

Jika kamu memlih rumah dua lantai, maka rumah bisa diagi menjadi dua dimana lantau bawah sebagai rumah orang tua dan alntai atas buat keluarga kamu. Keuntungan memiliki rumah dua lantai adalah kamu seakan mempunyai satu lantai khusus untuk kamu dan keluarga kecil, tapi sesekali diruangan publik seperti ruang makan kamu bisa bercengkerama dengan keluarga besar. Yang membedakan dari rumah satu lantai adalah kamu hanya mempunyai satu runan privat, yaitu kamar.

4. Desain Arsitektur Rumah

Dibandingakan dengan desain rumah satu lantai, biasanya rumah dua lantai memiliki desain yang lebih wah. Karena bisanya deain rumah satu lantai akan dikelilingi pagar tinggi yang menghalangi pemandangan dari luar. Sehingga pemilk tidak terlalu memperdulikan desain dari rumahnya.

Selain itu desain rumah dua lantai memliki lebih banyak variasi dan desain arsitektur yang bisa ditampilkan dan ditonjolkan.

Setelah melihat empat poin di atas, seharusnya kamu sudah tahu mana yang akan dipilih, desain rumah 1 lantai atau desain dumah 2 lantai?

Demikianlah artikel tentang desain rumah minimalis satu lantai yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Satu pemikiran pada “26 Inspirasi Rumah Minimalis Satu Lantai yang Nyaman dan Ekonomis”

  1. Terima kasih info tentang ini sangat bermanfaat.
    Rumah minimalis, asri, dan bersih memang lebih banyak diminati oleh calon pembeli rumah.
    Semoga website ini terus menyajikan info yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung dan pembaca.

    Balas

Tinggalkan komentar