10 Hal Kecil yang Bisa Membuat Rumah Tangga Lebih Bahagia

Adakah hal-hal kecil yang bisa suami istri lakukan untuk membuat rumah tangga lebih bahagia? Jika ada, apa sajakah itu?

Dalam buku Surprising Secret of Highly Happy Marriages, Shaunti Feldhahn mewawancara 1.000 pasangan suami istri untuk mencari tahu hal-hal yang bisa membuat rumah tangga jadi bahagia. Salah satu poin yang ia gali adalah hal-hal kecil yang bisa suami lakukan untuk membuat istrinya bahagia dan juga hal-hal kecil yang bisa istri lakukan untuk membuat suaminya bahagia.

Feldhahn mengambil 5 perilaku yang punya dampak terbesar (disukai oleh lebih dari 65% suami dan istri yang diwawancara). Dengan kata lain, para suami punya peluang besar untuk membuat istrinya merasa diperhatikan dan dicintai dengan melakukan 5 hal ini secara konsisten. Begitu pula para istri punya peluang besar untuk membuat suaminya merasa dihargai dan dicintai dengan melakukan 5 hal ini secara konsisten.

5 hal kecil yang bisa suami lakukan untuk membahagiakan istrinya

  1. Genggamlah tangannya. Misalnya saat berjalan-jalan di dalam mall atau saat menonton di bioskop. Hal ini membuat 82% wanita merasa bahagia.
  2. Kirim pesan teks, e-mail, atau telepon di siang hari untuk bilang kalau Anda mencintai dan sedang memikirkannya. Hal ini membuat 75% wanita merasa bahagia.
  3. Melingkarkan lengan di  bahunya atau di pinggangnya atau memegang lututnya saat duduk bersebelahan di depan umum. Ini membuat 74% wanita merasa bahagia.
  4. Mengucapkan  “Kamu cantik” dengan tulus. Ini membuat 76% wanita merasa bahagia.
  5. Berusaha keluar dari mood jelek. Bukan berarti suami tidak boleh marah atau merasa butuh ruang, yang penting bagi istri adalah usahanya. Ini membuat 72% wanita bahagia.

5 hal ini sangat sederhana, namun Feldhahn menjamin pernikahan akan berjalan jauh lebih menyenangkan dengan melakukannya secara rutin.

5 hal kecil yang bisa istri lakukan untuk membahagiakan suaminya

  1. Memperhatikan usaha suaminya dan mengucapkan terima kasih karenanya. Misalkan istri mengucapkan, “Terima kasih sudah memotong rumput walau cuaca lagi panas” atau “Terima kasih sudah bermain dengan anak-anak walau kamu sedang kecapekan.” Ini membuat 72% pria merasa senang.
  2. Mengucapkan “Kamu hebat dalam mengerjakan….” Ini membuat 69% laki-laki senang.
  3. Memuji kebaikan suami di depan orang lain. Ini membuat 72% laki-laki senang.
  4. Menunjukkan bahwa istri menginginkan suami secara seksual dan menunjukkan bahwa suami memuaskan istri secara seksual. Ini membuat 85% pria senang.
  5. Memperjelas tentang hal yang membuat istri bahagia. Misalnya istri mengungkapkan apresiasi atas hal yang suami lakukan untuknya dengan senyuman, pujian, pelukan, dsb. Ini membuat 88% suami merasa senang.

Mengapa sentuhan suami sangat penting bagi istri?

Beberapa istri menyebutkan mengapa sentuhan-sentuhan sederhana sangat penting bagi istri. “Jika suamiku menyentuh punggungku, ia seperti sedang menyampaikan kalau semuanya baik-baik saja,” kata seorang istri. “Jika ia merengkuh tanggannya dan menyentuhku, aku merasa semuanya baik-baik saja.”

“Ketika kami pergi ke restoran dan ia menyender lalu merangkul pundakku, ia seperti sedang bilang, ‘Kamu milikku.’ Aku tak bisa mengungkapkan dengan kata-kata betapa aku merasa sangat istimewa.”

Mengapa istri harus mengucapkan terima kasih pada suaminya?

Dari hasil survei tersebut, dapat terlihat bagaimana ucapan sesederhana “Terima kasih” dapat menyentuh suami Anda. Saat seorang wanita mengucapkan “Terima kasih” pada suaminya, itu memiliki dampak emosional yang sama dengan saat suaminya mengatakan “Aku mencintaimu” pada istrinya.

Seorang suami mengungkapkan mengapa ucapan terima kasih sangat berarti baginya:

“Ketika istriku bilang “Terima kasih” dan saya tahu kalau ia sungguh-sungguh mengatakannya, saya merasa dibutuhkan. Kadang saya merasa insecure akan kemampuan saya memperbaiki peralatan di rumah atau merencanakan kencan istimewa. Itulah mengapa saya terkadang merasa hal yang saya lakukan hasilnya kurang baik

“Namun ketika istriku mengatakan kalau ia menyukai hal yang kulakukan untuknya, aku merasa dapat tambahan energy untuk terus mencoba. Pendapatnya itulah yang paling berarti bagiku.

“Ketika ia mengatakan “Terima kasih,” tak peduli apa yang terjadi, aku merasa telah memiliki keajaiban tersendiri.”

Para istri sering merasa berterima kasih, tapi jarang yang menyadari betapa penting untuk mengucapkan terima kasih pada suaminya! Feldhahn bertanya apa dampaknya ketika istri memperhatikan hal yang kamu lakukan untuk istrimu lalu ia mengucapkan “Terima kasih.” Seorang pria mengungkapkan, “Segalanya. Itu membuatku merasa jadi Superman.”

 

Hal-Hal Kecil yang Sangat Berarti bagi Suamimu (dan Berarti juga Bagi Istrimu)

Namuniap orang punya bahasa cintanya sendiri-sendiri. Ada hal-hal kecil yang berarti hanya bagi istri atau suamimu. Penting bagi setiap istri maupun suami untuk mencari tahu hal personal yang bisa membuat pasangannya merasa senang (tentu saja ditambah berkomitmen untuk melakukannya).

Feldhahn menyebutkan kalau sebenarnya bukan tindakannya yang berarti bagi pasangan, namun alasan melakukan hal tersebut. “Suami/istriku tahu kalau hal ini penting bagiku dan ia berusaha untuk melakukannya. Ia membuatku merasa kalau ia peduli padaku.”

Ada hal-hal kecil yang sangat disukai oleh istri

wanita suka kalau suaminya membuatkan sarapan untuknyaFeldhahn bertanya, “Hal apakah yang pasanganmu lakukan, yang membuat kamu merasa diperhatikan?” Ini jawaban seorang istri.

Aku tahu ini kelihatannya sederhana.  Ia membuatkan semangkuk oatmeal di pagi hari agar aku bisa memakannya sebelum berangkat kerja. Suamiku tahu kalau aku tidak akan sarapan kalau tidak ia buatkan.
Hal lain yang ia lakukan. Suamiku ini biasa begadang untuk bekerja, tapi ia tahu kalau aku tidak mau tidur sendirian. Jadi ia selalu datang dan berbaring bersamaku. Setelah aku tidur, ia menyelinap ke luar kamar.
Atau ketika saya melihat seorang perempuan yang bajunya agak ketat dan saya bilang, “Oh, saya suka baju itu. Ia terlihat lucu,” atau “Roknya dia terlalu pendek.” Suamiku selalu bilang, “Apa? Siapa? Saya ga lihat.” Suamiku benar-benar cowo yang pintar.
Bagiku, semua itu seperti ucapan “aku mencintaimu.”

Pria sangat suka kalau istrinya mengucapkan terima kasih atas hal-hal yang sudah suaminya lakukan

sambut suami dengan wajah gembira saat ia pulang kerja

Sementara itu, hal personal yang berarti bagi pria adalah hal-hal yang membuat pria merasa diapresiasi. Seorang suami mengungkapkan.

Bekerja dan melakukan sesuatu itu cukup membebaniku. Namun istriku sangat pintar dalam mengungkapkan “Hasilnya bagus.  Aku suka,” atau “Terima kasih sudah bekerja sangat keras hari ini.
Saat aku pulang ke rumah dan ia sudah selesai mengerjakan pekerjaannya hari itu, ia akan memelukku dan berkata “Terima kasih sudah bekerja keras untukku dan anak-anak kita.”
Saya tahu betul kalau istriku sungguh-sungguh saat mengucapkannya. Saya juga melihat kalau istriku sangat senang saat saya pulang ke rumah. Saya merasa apa yang saya korbankan saat bekerja benar-benar berarti.
Saya merasa sangat senang saat saya mencoba melakukan sesuatu untuknya dan ia membalasnya seperti itu. Saya sangat suka melihat tanggapan istriku.

Saat membaca artikel ini, mungkin suami akan berpikir, “Masa sih? Merangkul pundak istriku di bioskop bisa membuatnya jauh lebih senang?”

Begitu pula mungkin istri akan berpikir, “Serius? Senyum dan mengucapkan terima kasih sudah mencuci piring benar-benar berarti buat suami saya?”

Feldhahn berseru jawaban untuk kedua pertanyaan itu adalah “Ya. Coba saja tanya suami/istrimu!”

Walau survei ini dilakukan di Amerika Serikat, 10 hal ini tampaknya universal dan berlaku juga bagi pasangan di Indonesia. Tentu akan menarik kalau survei serupa dilakukan juga di Indonesia. Selamat mempraktikkan 10 hal kecil ini di rumah dan amati dampaknya terhadap rumah tangga Anda.

Tinggalkan komentar