Rumus Skala | Cara Menghitung Skala Peta yang Benar

RUMUS SKALA РHallo teman-teman semua selamat datang kembali di website satujam, yang mana website ini memberikan penjelasan dan penerangan materi yang sangat bermanfaat sekali untuk kita semua, salah satu pembahasan yang kali ini akan kita bahas ini adalah Rumus skala dan cara menghitung skala peta yang benar.

Oh iyah, apakah diantara teman-teman sudah ada yang mengetahui tentang Rumus skala dan cara menghitungnya? Jikalau diantara kalian ada beberapa orang yang belum begitu mengetahui atau memang belum mengetahui sama skali, maka pada kesempatan kali ini tema yang akan kami bahas ini sangat cocok sekali untuk kita semua dan untuk orang-orang yang belum mengetahuinya.

Akan tetapi sesungguhnya tidaklah sulit dan bisa juga dikerjakan oleh anak-anak SD sekalipun, asalkan mereka semua mengetahui tentang rumus-rumus skala tersebut.

Untuk orang-orang yang memang sudah mengetahui tentang rumus skala ini kalian juga bisa membaca artikel ini untuk mempertajam kembali pengetahuan-pengetahuan tentang rumus skala.

Yuk, langsung saja kita simak artikel berikut dibawah ini. Selamat membaca dan menyimak.

Penjelasan Cara Menghitung Skala Peta

rumus skala
majalahbatu.co

Yang perlu kita ketahui untuk setiap peta-peta pasti mempunyai perbandingan-perbandingan atau skala yang terdapat di kertas peta dengan aslinya. Pada umumnya perbandingan-perbandingan atau skala tersebut kegunaannya ialah untuk memastikan atau menentukan jarak dengan lain-lain sebagainya, sehingga dapat menjadi tambahan-tambahan informasi.

Untuk sebuah peta yang memiliki skala 1:10.000.000, kemudian jarak antara kota A dan jarak kota B ialah 5 CM jaraknya. Apakah kalian ada yang mengetahui jarak yang sebenarnya antara jarak kota A dan jarak Kota B?

Jikalau diantara kalian belum ada yang mengetahui, maka dibawah ini akan ada contoh dan jawaban cara menghitungnya untuk mengetahui jarak sebenarnya antara Kota A dan Jarak Kota B.

Jawaban:

Jarak yang sebenarnya adalah = 5 CM / 1:10.000.000

= 5 CM x 10.000.000 / 1
= 50.000.000

Nah itulah contoh cara menghitung dan dilengkapi oleh jawabannya, jadi jarak yang sebenarnya antara Kota A dengan Jarak Kota B ini ialah 50.000.000 CM atau juga bisa dikatan bahwa jumlah jarak anatara Kota A dengan Kota B adalah 500 KM.

______________________________________________________

Nah, demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang tema Rumus Skala dan dilengkapi dengan cara menghitung skala peta yang baik dan benar. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca, semoga bermanfaat!