Rumus Standar Deviasi, Pengertian, dan Manfaatnya

RUMUS STANDAR DEVIASI biasa digunakan untuk mengetahui nilai sebaran data pada sebuah sampel data dan seberapa dekat setiap titik data individu dengan garis nilai rata-rata data.

Apabila didapati nilai standar deviasi suatu sampel data sama dengan 0 (nol) maka hal tersebut menunjukkan bahwa semua nilai dalam data tersebut adalah sama. Semakin besar nilai standar deviasi suatu data maka semakin besar jarak setiap titik data dengan nilai rata-rata.

Pengertian Standar Deviasi

bristol.ac.uk

Standar deviasi biasanya juga disebut sebagai simpangan baku. Standar deviasi adalah suatu nilai yang digunakan untuk menunjukkan ukuran dispersi atau variasi. Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan standar deviasi daripada varian untuk mengetahui ukuran dispersi atau variasi.

Hal ini disebabkan nilai standar deviasi memiliki satuan ukuran yang sama dengan satuan ukuran data sumbernya. Jadi semisalkan terdapat sebuah sampel data dengan satuan meter, maka nilai standar deviasinya juga memiliki satuan meter.

Sedangkan, varian memiliki nilai satuan ukuran kuadrat, sehingga nilainya menjadi meter kuadrat.

Rumus Standar Deviasi

rumus standar deviasi
satujam.com

Standar deviasi biasanya disimbolkan dengan huruf s. Sebelum mencari nilai standar deviasi, pertama Anda harus mengetahui nilai rata-rata data tersebut. Agar semakin jelas perhatikan rumus standar deviasi atau simpangan baku pada gambar di atas.

Keterangan

s = standar deviasi

xi = nilai x ke i

 = nilai rata-rata

n = ukuran banyaknya data

Manfaat Standar Deviasi

Populasi
netoya.wordpress.com

Umumnya para ahli statistik melakukan perhitungan standar deviasi terhadap sampel dari data populasi dan menggunakan itu untuk apakah sampel data tersebut mewakili seluruh populasi. Perlu diketahui bahwa untuk mencari data yang tepat untuk suatu populasi sangatlah sulit dan hampir mustahil.

Oleh karena itu penggunaan sampel data yang dapat mewakili seluruh populasi biasa digunakan sebagai metode yang paling baik.

Jadi ketika seseorang ingin mengetahui berat badan orang dewasa laki-laki pada suatu negara, ia hanya perlu mencari tahu berat beberapa orang saja dan menghitung rata-rata dan standar deviasinya. Dari data yang didapat itu nilainya dapat mewakili seluruh populasi yang ada.

Demikian artikel mengenai rumus standar deviasi, semoga bermanfaat dan berguna bagi Anda sekalian. Salam.

Tinggalkan komentar