Saatnya Belajar dari Anak-Anak

Jika kamu merasa depresi dengan kehidupanmu, merasa tidak berguna dan merasa tidak punya harapan dalam hidup, mungkin kamu perlu waktu untuk merenung dan melihat sekitar. Kenapa itu perlu kamu lakukan? Karena di lingkungan sekitar, kita bisa mendapatkan banyak pelajaran. Pelajaran yang akan membuat kamu sadar bahwa kamu bukanlah orang paling menderita di dunia dan kamu masih punya banyak harapan dalam kehidupan ini.

Salah satu bentuk kehidupan di sekitar yang bisa kita lihat adalah kehidupan anak-anak.  Pada kehidupan anak-anak, kita bisa mempelajari banyak hal. Dari pelajaran yang kita dapat, maka tidak ada alasan lagi buat kita untuk berlarut-larut dalam kegalauan. Jadi buat kamu yang tidak bersemangat dalam hidup, maka kamu perlu belajar hal ini dari anak-anak.

Anak-anak adalah Makhluk yang Senang Berbagi

eblo.co.id

Kalau kamu perhatikan, sebagian besar anak-anak senang sekali berbagi. Bahkan di usia tertentu mereka rela memberikan barang kesayangannya kepada temannya atau anak yang usianya lebih kecil dari mereka. Jika mereka memiliki makanan yang enak, maka mereka akan menunjukkan kepada temannya dan menawarkan kepada mereka.

Tidak hanya itu, ketika kita menceritakan musibah kemanusiaan kepada mereka dan meminta mereka membantu, mereka pun dengan rela menyisihkan uang jajan mereka. Jadi, kalau kamu hingga hari ini enggan mengeluarkan sebagian uangmu, maka kamu perlu merasa malu dengan makhluk bernama anak-anak.

Tidak Takut Salah

annida-online.com

Satu hal lagi yang perlu kita contoh dari anak-anak, mereka tidak takut salah. Hal ini berlaku pada anak-anak dengan pola pengasuhan yang normal ya! Bukti bahwa anak-anak tidak takut salah adalah dengan beraninya mereka mencoba banyak hal.

Memang sih hal ini juga disebabkan karena mereka belum mempertimbangkan resiko apabila mereka melakukan sesuatu. Tapi, dibalik itu semua, keberanian untuk mencoba hal baru perlu kita tiru. Bukankah kita tidak pernah tau kalau sesuatu itu beresiko atau tidak jika tidak mencobanya?

Optimis

solusisehatku.com

Jika anak-anak bermain atau melakukan sesuatu, maka mereka akan melakukannya dengan semangat. Mereka selalu memiliki harapan yang tinggi untuk mencapai sesuatu. Buktinya bisa kita lihat dari bagaimana seorang bayi belajar berjalan, bukankah mereka tidak pernah putus asa walaupun gagal berulang kali? Nggak kebayang kan kalau mereka menyerah?

Berani Bercita-cita Tinggi

kiwibiru.blogspot.com

Untuk urusan cita-cita, maka anak-anaklah yang berani memasang cita-citanya setinggi mungkin. Dan mereka pun memasang cita-cita pada hal-hal yang mereka sukai. Tidak seperti orang dewasa kan? Orientasi pendapatan yang besar lebih diutamakan oleh orang dewasa dibandingkan kesenangan dan kebahagiaannya lagi.

Mudah Belajar Bahasa Baru

pondokibu.com

Anak-anak adalah orang yang paling mudah beradaptasi. Kalau nggak percaya, coba bawa anak-anak ke suatu tempat yang bahasanya baru buat mereka. Dibandingkan orang dewasa, maka anak-anak akan lebih cepat memahami dan berbicara dengan  bahasa setempat.

Anak Tak Pernah Menunggu Sore Demi Teriak Hore

ummi-online.com

Bahagia bagi anak-anak tak pernah bersyarat apalagi menunggu waktu tertentu. Apapun kondisi yang sedang menimpa mereka, ada saja yang bisa membuat mereka tersenyum bahagia. Contohnya saja seperti anak-anak palestina, walapun sedang dalam kondisi mencekam, mereka tetap punya waktu bermain seperti anak pada umumnya.

Satu pemikiran pada “Saatnya Belajar dari Anak-Anak”

Tinggalkan komentar