Penyebab Sakit Amandel dan Cara Meredakannya

Penyakit tenggorokan seperti amandel merupakan penyakit yang diakibatkan adanya kerusakan pada bagian selaput lendir dalam mulut. Amandel sebenarnya adalah jaringan yang memang pasti ada dan dipunyai semua orang, fungsinya sendiri adalah sebagai pengontrol pertahanan tubuh dari masuknya kuman kedalam tubuh.

Jika jaringan amandel ini bekerja terlalu berat, akan terjadi yang namanya peradangan atau pembengkakan. Biasanya ini terjadi akibat adanya sisa-sisa makanan dari terlalu banyaknya mengkonsumsi makanan-makanan anorganik.

Sedangkan jika sudah terkena amandel, mengoperasi bukan merupakan penyelesaian dan bukan jalan terbaik untuk menghilangkan penyakit ini. Karena fungsinya tadi yang sedikit banyak turut berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh melalui daerah mulut.

Penyakit ini bisa dihindari dan dicegah dengan cara mengatur pola makan yang sehat dan seimbang, juga hindari memakan makanan yang siap saji atau junk food, banyak mengandung gula tambahan, garam berlebih dan mengandung minyak-minyak seperti makanan gorengan.

Kamu juga harus menghindari meminum minuman yang terlalu dingin dan berkepanjangan. Mengkonsumsi makanan yang sehat sangat berpengaruh baik dalam mencegah terjadinya amandel.

Ciri-ciri penderita amandel dapat dengan mudah dikenali jika penderita mengalami gejala-gejala seperti pusing-pusing, demam tinggi hingga sekitar 41 derajat, mengalami nyeri pada bagian tenggorakan dan kelenjar gondok, terasa sakit saat menelan makanan atau minuman dan badan terasa lemas.

Akibat amandel adalah sakit tenggorakan yang pada awalnya akan terjadi batuk, demam, mual bahkan muntah. Infeksi kuman pada tenggorakan dapat menyebabkan pula bau mulut, saat mulut dibuka akan terlihat banyak bintik-bintik merah dan kadang juga bintik-bintik putih bernanah.

Untuk menelan pun juga akan terasa sakit, karena pembengkakan yang terjadi pada jaringan ini sehingga tenggorokan terasa sempit dan sakit jika digunakan menelan, jangankan untuk menelan makanan terkadang pun hanya untuk menelan air liur akan terasa sakit juga.

Jika sudah terkena amandel, cara meringankannya bisa dengan memberikan asupan nutrisi yang baik. Banyak-banyak minum air putih secara teratur, bisa juga menggunakan madu murni atau air hangat yang dicampur madu murni.

Kesehatan sangat berharga, oleh sebab itu kita harus menjaga tubuh kita sendiri. Jangan menyakitinya dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan yang kurang bergizi. Demikian sedikit ulasan tentang akibat amandel, semoga bermanfaat dan bisa berguna bagi kamu yang sedang terserang amandel.

Tinggalkan komentar