Penjelasan Singkat Tentang Samudra Atlantik

Bumi terdiri dari air dan tanah. Dari keduanya ini maka hampir 3/4 luas bumi dipenuhi dengan air. Inilah kenapa bumi bisa dijadikan sebagai tempat tinggal. Yaitu banyaknya cadangan air menandakan adanya kehidupan.

Bumi memiliki 4 samudra diantaranya adalah Samudra Arktik, Hindia, Atlantik dan Pasifik. Dari keempat samudra tersebut yang terbesar dan terluas adalah samudra Pasifik. Dan kemudian disusul dengan Samudra Antlantik, Hindia dan Arktik.

Pada postingan kali ini kami cukup membahas Samudra Atlantik. Kata Atlantik berasal dari mitologi Yunani yang berarti “Laut Atlas”. Samudra ini berbentuk huruf S, memanjang dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan, terbagi dua oleh garis khatulistiwa menjadi Atlantik Utara dan Atlantik Selatan. Samudra Atlantik dibatasi oleh Amerika.

Samudra Atlantik adalah kumpulan air terbesar kedua di dunia, yang meliputi sekitar 1/5 permukaan bumi.

Samudera Atlantik Terbesar Kedua
clarck.de

Batas-batas Samudra Atlantik

  1. Sebelah barat: Benua Amerika (utara dan selatan)
  2. Sebelah timur: Benua Eropa dan Afrika
  3. Sebelah utara: Samudra Arktik
  4. Sebelah slatan: Benua Antartika

Luas samudra ini ±106.450.000 km2. Jika lautan di sekitarnya tidak dihitung, luasnya menjadi 82.362.000 km2. Koordinat geografisnya 0O00 U, 25O00 B. Luas Samudra Atlantik ± 6½ kali negara Amerika Serikat. Kedalaman rata-rata samudra ini sekitar 3.332 m.

Karakteristik Samudra Antlantik

Bentuknya yang meliuk (dari utara ke selatan) menyerupai huruf “S”. Samudra Atlantik mempunyai pesisir pantai yang tidak beraturan (irregular) yang dibatasi berbagai teluk dan lautan. Di samudra ini terdapat titik terendah di Lembah Milwauke di Palung Puerto Rico (- 8.605m).

Sering terjadi badai tropis di samudra ini. Badai tropis berkembang pada sekitar kawasan pesisir pantai Afrika dekat Tanjung Verd dan bergerak ke arah barat menuju Laut Karibia (Mei-Desember).

Angin ribut merupakan hal biasa yang terjadi di Atlantik Utara pada musim dingin di utara yang menyebabkan perlintasan samudra menjadi lebih sulit dan berbahaya. Terdapat dua terusan penting yang merupakan jalur perairan penting, yaitu Terusan Kiel dan Terusan Saint Lawrence.

Demikianlah penjelasan singkat tentang fakta geografis tentang Samudra Atlantik. Semoga menambah pengetahuan maupun sebagai media pendidikan untuk siswa dan mahasiswa.

Tinggalkan komentar