Manfaat yang Bisa Kamu Dapati Saat Memelihara Sapi Perah

Sapi merupakan salah satu hewan terpenting didunia sebagai sumber makanan manusia. Pada sapi terdapat daging, susu dan juga tenaga yang bisa digunakan untuk kesejahteraan manusia. Kontribusi sapi didunia ini adalah memenuhi kebutuhan daging dunia sebesar 50%, susu sebesar 95% dan 85% kulit didunia. Karena 95% kebutuhan akan susu dipenuhi oleh sapi, banyak sapi perah yang diternakkan dan dibudidayakan untuk mendapatkan susunya.

Dalam memilih sapi perah, kamu harus memilih bibit yang unggul. Setidaknya kamu harus mempunyai bibit dari jenis sapi Fries Holland. Sapi jenis ini mempunyai ciri – ciri yang sangat kamu kenapa dengan warna kulit putih dan bercak hitam. Selain ciri fisik, kamu juga bisa melihat dari ciri perilaku. Pada sapi jantan Fries Holland lebih bersifat agresif, sedangkan sapi betina lebih kalem dan tenang.

Sapi perah Fries Holland agar bisa dipanen susunya setidaknya harus berumur sekitar 3,5 tahun. Selain umur, sapi yang bisa diperah haruslah sudah pernah beranak. Dengan beranak, sapi akan otomatis memproduksi susu untuk anaknya sehingga dapat kamu perah setiap hari.

artikel terkait : fakta sapi perah Indoensia

susu sapi
http://indolifestyle.co.id/

Dalam memelihara sapi perah kamu harus mempunyai kandang yang sehat, karena dengan kandang sehat sapi akan menghasilkan susu yang baik. Kandang juga harus agak jauh dari pemukiman penduduk, setidaknya ada jarak sekitar 10 meter antara rumah dengan kandang. Kandang yang baik setidaknya mempunyai ventilasi udara yang lebar dan juga terkena sinar matahari yang cukup. Hal ini untuk menjaga suhu kandang agar stabil dan sesuai dengan kondisi sapi perah, sekitar 25 – 40 derajat celcius.

Pakan yang tepat akan menghasilkan susu yang berkualitas dan juga sapi yang sehat. Pakan dari sapi perah biasanya menggunakan rumput raja, rumput bengala, rumput gajah dan beberapa jenis kacang – kacangan seperti lamtoro. Selain pakan hijau kamu juga harus tetap memberikan pakan konsentrat yang terbuat dari jagung kedelai, bungkil kelapa dan masih banyak jenis konsentrat berkualitas lainnya.

baca juga : Panduan lengkap cara ternak kambing etawa

Demikian sedikit informasi mengenai sapi perah, apakah kamu masih penasaran dengan sapi perah?

 

Tinggalkan komentar