Tempat Wisata Saung Angklung Udjo yang Bisa Menjadi Ide Liburanmu

Saung Angklung Udjo atau yang juga disingkat SAU adalah suatu tempat pertunjukan. Di Saung Angklung Udjo terdapat banyak kerajinan dari bahan bambu dan workshop instrumen musik dari bambu pula.

Selain itu, Saung Angklung Udjo juga berfungsi sebagai laboratorium pendidikan dan pusat belajar dalam rangka memelihara kebudayaan Sunda khususnya angklung.

Saung Angklung Udjo didirikan pada tahun 1966 orang yang bernama Udjo Ngalegada dan istrinya, Uum Sumiati. Pendirian tersebut ditujukan untuk melestarikan dan memelihara seni kebudayaan Sunda. Lokasi Saung Angklung Udjo berada di Jalan Padusaka, Bandung, Jawa Barat.

Angklung - www.tripadvisor.compg
Angklung – www.tripadvisor.compg

Untuk datan ke sini, jika menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta, maka pilihlah jalur Cipularang. Kemudian naik jembatan layang pasopati, ikuti papan petunjuk ke Arah Cicaheum. Kurang lebih 100 meter sebelum terminal Cicaheum, ikuti papan petunjuk ke arah ke arah jalan Padasuka.

Di sana kamu akan menemui petunjuk jalan ke lokasi. Kamu juga bisa memilih angkutan umum untuk sampai ke sana. Dari Surapati, pilih angkutan umum nomor 06 dengan jurusan Cicaheum-Ciroyom. Lalu turun di perempatan Padasuka. Dari sana naik ojek ke SAU.

Untuk menonton pertunjukan di Saung Angklung Udjo biayanya adalah 60 ribu rupiah perorang. Sedangkan untuk anak di bawah umur biayanya 40 ribu per orang. Sebelum pertunjukan dimulai biasanya penonton akan mendapatkan “welcome drink” yaitu es potong.

Pertunjukkan di Saung Angklung Udjo beragam. Di antara beberapa pertunjukannya yang terkenal adalah Wayang Golek, Helaran, Tari Topeng Cirebon, Angklung Mini, Angklung Orkestra, Angklung Pa Daeng, Angklung Jaipong. Di setiap akhir pertunjukan biasanya akan ada acara menari bersama.

Itulah sekilas info tentang tempat wisata Saung Angklung Udjo. Sangat menarik bagi kamu yang ingin berlibur tetapi sekaligus mempelajari dan menikmati kebudayaan Sunda.


Sumber rujukan:

Tinggalkan komentar