Sehat Berolahraga Lari

Lari tidak pernah absen masuk dalam pelajaran olahraga jaman SD hingga SMA. Mungkin Anda sampai bosan melakoni pelajaran ini. Namun, siapa sangka jika nanti saat dewasa hingga menua justru olahraga ini yang paling Anda minati. Selain minim biaya, lari juga sangat mudah dilakukan. Tahukah Anda ternyata lari tidak hanya baik bagi kesehatan fisik tetapi juga kesehatan mental. Agar olahraga lari Anda lebih efektif, berikut adalah cara-cara yang sebaiknya persiapkan hal-hal di bawah ini sebelum mulai berlari alias jogging.

1. Niat

Tanpa niat, Anda hanya akan membuang-buang waktu karena melakukan olahraga ini setengah-setengah hingga manfaatnya pun tidak akan maksimal. Jika niat sudah tertancap dalam hati, Anda bebas berlari di mana saja, seperti arena gelanggang olahraga di kota, area kampus, atau bahkan jalanan di sekitar rumah.

2. Siapkan Perlengkapan Lari

Setidaknya, beberapa barang ini wajib Anda miliki. Pertama, sepatu lari yang nyaman. Kedua, pakaian yang dingin dan menyerap keringat. Anda juga dapat memanfaatkan sport watch yang digunakan untuk menghitung jarak lari dan denyut jantung Anda.

3. Tidak Perlu Buru-buru

Lakukan pemanasan sebelum berlari. Pemanasan penting dilakukan untuk mengurangi risiko cedera. Ingat, seberapa jauh lari Anda bukan hal yang paling, melainkan seberapa rutin Anda berlari. Kemampuan berlari akan terus bertambah jika Anda terbiasa berlari. Memaksakan diri untuk berlari lebih jauh atau lebih lama justru hanya akan mengakibatkan cedera dan rasa mual.

4. Minum Air Putih Sebelum dan Sesudah Lari

Untuk mencegah dehidrasi jangan lupa minum air putih baik sebelum maupun sesudah berlari. Selama berlari tubuh akan mengeluarkan cairan melalui keringat. Ada baiknya Anda menyiapkan air minum dalam botol untuk menemani kegiatan lari.

5. Bedakan Antara Pegal dan Cedera Setelah Lari

Bagi pelari pemula, akan sangat wajar merasakan sakit di kaki setelah berlari. Tetaplah berlari seperti biasa dan abaikan rasa sakit Anda. Sakit ini hanyalah rasa pegal atau lelah akibat tubuh yang belum terbiasa. Berbeda dengan cedera. Salah satu jenis cedera yang sering dialami pelari adalah shin splints, yaitu rasa nyeri di sepanjang tulang kering. Cedera ini bisa terjadi akibat penggunaan sepatu yang tidak tepat. Hentikan kebiasaan lari Anda sampai cedera sembuh.

Anda sudah siap berlari? Tunggu apa lagi?!

Tinggalkan komentar