Sehat dengan Makan Durian

Banyak orang bilang durian adalah rajanya buah. Mungkin ada benarnya karena buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Baunya sedap dan rasanya enak. Namun, beberapa dari Anda mungkin tidak menyukai buah ini. Beberapa fakta berikut akan menggerakkan Anda untuk menyukai buah yang kulitnya keras dan berduri ini.

1. Durian merupakan Sumber Energi

Satu penyajian duren (setara dengan 243 gram) mampu menghasilkan 350 kalori, yang bisa memenuhi 20% kebutuhan karbohidrat harian Anda. Pada setiap penyajiannya durian mengandung 13 gram lemak tak jenuh. Inilah alasan mengapa memakan durian membuat Anda kenyang.
Selain itu, kandungan thiamin dalam buah ini berperan mengubah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh menjadi energi. Namun, para penderita diabetes sebaiknya menghindari durian karena buah ini mengandung gula yang tinggi. Bagi Anda yang sedang diet sebaiknya juga menghindari buah durian.

2. Durian Menjaga Sistem Pencernaan

Setiap 243 gram durian mengandung 9 gram serat. Ini setara dengan 37% kebutuhan serat harian Anda. Jadi, mengkonsumsi durian berarti Anda telah menjaga sistem pencernaan tetap lancar dan membantu mencegah sembelit.

3. Durian Mengandung Banyak Vitamin yang Baik Bagi Tubuh

Durian juga mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C berperan sebagai antioksidan yang dapat menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit, dan membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain vitamin C, durian juga mengandung vitamin B kompleks yang dapat mencegah radikal bebas, mencegah penuaan, serta menurunkan risiko penyakit jantung. Vitamin B juga membantu meningkatkan HDL atau kolesterol baik, serta meningkatkan kadar serotonin untuk memperbaiki mood dan mencegah gejala depresi.

4. Durian Dapat Mencegah Anemia

Jika Anda mengidap anemia, cobalah mengkonsumsi buah durian. Buah durian kaya zat besi dan tembaga yang diperlukan dalam pembentukan sel darah merah, sehingga mampu mencegah anemia. Selain itu buah ini juga mengandung tembaga yang dapat membantu menjaga fungsi kelenjar tiroid.

5. Durian Juga Kaya Kalium

Kalium merupakan elektrolit yang penting bagi tubuh yang bermanfaat untuk metabolisme tubuh, membantu menjaga tekanan darah, menjaga fungsi jantung, otot, dan pencernaan. Buah durian juga mengandung zat yang baik ini.

6. Durian Membantu Anda Tidur Nyenyak

Jika Anda mengalami insomnia tidak ada salahnya mengkonsumsi buah durian. Buah ini mengandung triptofan yang merupakan asam amino esensial alias “pil tidur alami”. Triptofan dapat menjaga kestabilan emosi dan mencegah insomnia. Selain membantu Anda tidur nyenyak, triptofan juga bermanfaat bagi perawatan penyakit epilepsi.

8. Durian Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kandungan kalsium, mangan, dan fosfor yang dipadukan dengan kalium dan vitamin B dalam buah durian dapat membantu menjaga kepadatan tulang serta kesehatan gigi. Selain itu, mangan juga bermanfaat bagi kesehatan kulit.

9. Durian Juga Kaya Asam Folat

Asam folat bermanfaat untuk membantu mencegah penyakit jantung, membantu perkembangan janin bagi ibu hamil, bahkan membantu menjaga fungsi otak. Tiap penyajian mengandung sekitar 20% dari kebutuhan harian ANda. Namun, wanita hamil sebaiknya tidak memakan buah ini terlalu banyak karena kadar gula durian termasuk tinggi dan sifatnya menghasilkan panas pada tubuh.

Anda sudah mulai suka buah durian? Ingat, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Hindari makan durian terlalu banyak karena buah ini mengandung alkohol dan punya indeks glikemik yang tinggi. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar