Sehat dengan Membaca Buku

Meskipun masyarakat Indonesia terbilang rendah minat bacanya, tetapi membaca buku adalah hobi yang paling umum dinyatakan oleh sejumlah orang Indonesia. Kegiatan membaca buku, baik majalah, jurnal, atau beragam jenis bahan bacaan lainnya tentu memperkaya pengetahuan Anda. Ternyata, membaca juga turut andil dalam kesehatan. Agar Anda semakin giat membaca, ketahui manfaat membaca bagi kesehatan. Ini dia manfaatnya.

1. Melatih Otak

Ketika Anda membaca, akan muncul imajinasi dalam pikiran. Hal ini merangsang kekuatan otak yang tidak bisa Anda dapatkan dari menonton televisi atau mendengarkan musik. Rajin membaca akan meningkatkan kekuatan otak Anda.

2. Mengurangi stres

Membaca merupakan cara yang efektif untuk mengurangi tingkat stres Anda. Sebab, dengan membaca tingkat kortisol dalam tubuh akan berkurang, detak jantung turun, serta ketegangan otot berkurang.

3. Membuat cepat tidur

Mengapa Anda mudah kantuk saat membaca? Jawabnya adalah karena membaca membuat Anda merasa lebih rileks. Tidak heran jika Anda dapat langsung tertidur setelah membaca.

4. Meningkatkan Memori

Pada saat membaca, otak sedang berjuang untuk memahami semua alur cerita dan berusaha untuk mengingatnya. Hal ini setara dengan senam otak yang mampu meningkatkan kemampuan untuk mengingat.

5. Membuat Awet Muda

Pada uraian di atas telah dijelaskan bahwa mereka yang rajin membaca berarti sedang melatih otaknya. Pada masa mendatang, mereka yang rajin melatih otaknya ini akan mengalami penurunan kognitif yang lebih lambat daripada mereka yang tidak melatih otaknya. Bahkan membaca secara teratur mampu menangkal masalah kognitif seperti demensia atau penyakit Alzheimer.

6. Menenangkan Pikiran dan Hati

Bukan hanya santai, membaca buku juga dapat membuat Anda tenang. Terutama buku-buku spiritual, dapat menurunkan tekanan darah, menenangkan Anda, meningkatkan mood, dan mengurangi depresi.

7. Meningkatkan Konsentrasi

Kebiasaan multi-tasking yang Anda lakukan sehari-hari dapat mengurangi konsentrasi dan daya fokus. Oleh karena itu, Anda perlu membaca untuk mengembalikan tingkat konsentrasi dan membuat Anda lebih fokus.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar