Sehat Makan Camilan

Tidak selamanya ngemil itu buruk. Jika Anda tahu cara ngemil yang sehat dan benar justru akan membantu Anda dalam meningkatkan kesehatan. Mau tahu caranya? Simak ulasan berikut ini.

Cara Ngemil yang Sehat

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah imbangi kebiasaan ngemil Anda denga olahraga teratur. Selanjutnya, inilah cara sehat makan camilan.

1. Segenggam kacang sehari, tak lebih

Camilan yang satu ini kaya akan asam lemak omega 3 serta kaya serat dan protein. Mengkonsumsi segenggam kacang per hari dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan energi tubuh. Bahkan kacang juga baik bagi kesehatan otak dan jantung. Pilihannya antara lain kacang almond, kacang tanah, dan kenari. Ingat, ngemil kacang segenggam saja, karena mengonsumsi kacang lebih dari satu genggam karena lemak Anda akan meningkat.

2. Sayuran hijau, camilan sehat

Kalau camilan yang ini tentu sangat ideal sebab dapat menstabilkan kadar gula sekaligus mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Wortel, seledri, tomat, timun, dan brokoli adalah jenis sayuran yang dapat Anda jadikan camilan. Apabila Anda kesulitan untuk mendapatkan buah atau sayuran segar setiap saat, Anda juga bisa mencoba alternatif camilan buah dan sayuran beku.

3. Latihan mengatur porsi makan

Tahukan Anda, porsi camilan yang cukup itu adalah seperempat dari porsi makanan utama. Ngemil setiap 2-3 jam membuat Anda tidak cepat lapar dan membuat sistem metabolisme tubuh tetap terjaga dengan baik. Mulailah untuk memperhatikan porsi makanan atau camilan Anda agar asupan makanan dan minuman tercukupi denga baik.

4. Tidak ada salahnya membuat jadwal ngemil

Jika Anda membuat jadwal khusus untuk ngemil aka mempermudah dalam menyiapkan camilan. Misalnya, Anda bisa membeli beberapa buah segar dan sayuran yang akan Anda jadikan camilan keesokan harinya. Kemudian potong-potong dan simpan di dalam kulkas. Dengan demikian, Anda sudah tahu camilan apa yang akan Anda konsumsi keesokan harinya .

5. Kurangi simpanan makanan ringan dalam lemari es

Agar bisa mendapatkan dan mempertahankan cara ngemil yang sehat, sebaiknya kurangi stok camilan keripik atau kue di lemari es Anda. Denga demikian Anda tidak mudah tergiur dengan jajanan yang mengandung banyak lemak dan kalori tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar