Sehat Menunda Lapar

Tubuh membutuhkan makanan untuk sumber energi. Namun, munculnya stres, asupan nutrisi yang rendah, atau kelelahan dapat membuat Anda mudah lapar. Jika selalu dituruti, fungsi awal makanan sebagai asupan energi dapat berubah menjadi bencana. Obesitas, tekanan darah tinggi, atau bahkan serangan jantung akan menghampiri Anda jika pola makan yang baik tidak diterapkan. Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda terapkan untuk menunda rasa lapar.

1. Alihkan Perhatian, Jangan Terpaku Pada Rasa Lapar

Ketika rasa lapar mulain menyerang, alihkan perhatian Anda. Anda dapat mendengarkan musik, mengobrol dengan teman, atau membaca buku. Ingatlah bahwa rasa lapar yang Anda rasakan adalah rasa lapar yang sesungguhnya. Rasa lapar yang disebabkan oleh stres atau frustrasi sebenarnya sekedar “keinginan buta”. Biasanya, rasa itu hanya akan berlangsung selama 10 menit.

2. Makan Secara Perlahan Justru Membuat Lebih Cepat Kenyang

Ketika makan, Anda tidak menyadari bahwa sebenarnya perut sudah terisi penuh. Salah satu penyebabnya adalah aktivitas makan yang terburu-buru karena otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menyadari bahwa perut sudah cukup terisi. Oleh karena itu sebaiknya Anda makan secara perlahan dan berhentilah ketika perut sudah terisi kurang lebih 3/4 bagian.

3. Berhenti Belanja Camilan

Tahan diri ANd untuk tidak membeli permen, cokelat, atau es krim ketika belanja bulanan di supermarket. Mulailah membersihkan kulkas atau lemari dapur dari makanan siap saji maupun snack ringan. Pastikan Anda tidak menyimpan makanan-makanan yang bisa sewaktu-waktu menggoda nafsu makan.

4. Siapkan Buah Apel Untuk Camilan

Apel dapat mengontrol nafsu makan. Mengapa? Apel mengandung sekitar 1/5 gram dari keseluruhan jumlah serat yang Anda butuhkan setiap hari sehingga cocok untuk camilan. Makan apel akan membuat Anda lebih cepat merasa kenyang karena proses mengunyah buah apel biasanya dilakukan secara perlahan dan lama.

5. Sediakan Pula Kacang-Kacangan Untuk Camilan

Buang jauh-jauh rasa khawatir Anda pada timbulnya jerawat. Mengkonsumsi jenis kacang-kacangan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Konsumsi 2 gelas air putih dan satu ons kacang-kacangan selama 20 menit adalah cara jitu untu Anda yang mudah lapar.

6. Kontrol Nafsu Makan dengan Makanan yang Mengandung Vitamin D

Vitamin D dapat Anda peroleh dari berbagai jenis ikan, termasuk salmon dan tuna. Vitamin D berpengaruh pada kerja hormon leptin yang bertugas menjadi penanda bahwa perut sudah merasa kenyang.

7. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Berbagai Macam Nutrisi

Konsumsilah sayur, buah, susu, ikan, daging, dan susu dalam porsi kecil pada satu kali makan. Hal ini jauh lebih baik daripada makan nasi dan ayam dalam porsi besar. Mengapa? Karena kombinasi menu makanan memungkinkan tubuh mendapat berbagai jenis nutrisi sekaligus sehingga rasa kenyang bertahan lebih lama.

7. Usahakan Agar Mulut Anda Tetap Segar

Percaya atau tidak, kondisi mulut yang selalu segar lebih mungkin membuat Anda malas makan. Apalagi jika aktivitas Anda berada di luar rumah yang mengharuskan bertemu banyak orang. Sering-seringlah sikat gigi atau pakai obat kumur agar nafsu makan Anda terkendali.

Demikan cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menunda rasa lapar. Semoga informasi ini bermanfaat

Satu pemikiran pada “Sehat Menunda Lapar”

Tinggalkan komentar