Sejarah Bonsai yang Melegenda

Sejarah bonsai-Bonsai merupakan tanaman mungil yang sudah berasal dari daratan China kuno dan dikenal sejak dinasti Tang berkuasa yaitu pada ahun 618-907 M. Kita ketahui bersama dinasti Tang merupakan kerajaan yang memiliki pengaruh besar dalam kemajuan peradaban Tiongkok.

Bukti keberadaan bonsai di masa dinasti yang dapat dibuktikan dengan lukisan-lukisan yang ada pada makam putra kaisar Wu Zetian. Pada lukisan tersebut menggambarkan seorang pelayan perempuan yang membawa pohon berbunga dalam pot dangkal berukuran mungil yang merupakan miniaturisasi dari tanaman dari keindahan alam atau pemandangan alam.

Di China tanaman bonsai dikenal dengan sebutan Penjing atau Penjai. Secara harfiah Penjing memiliki makna pemandangan di atas nampan. Sedangkan Penzai berarti tanaman diatas nampan. Penjing atau Penjai diciptakan dengan merekayasa pohon agar tetap kecil dan menggunakan tehnik pemotongan/ pemangkasan cabang dengan tujuan untuk menghasilkan Penjing yang sesuai estetika yang kita inginkan sehingga tercipta sebuah ilusi tentang usia tanaman yang dibonsai.

bonsaimirai.com
bonsaimirai.com

Berdasarkan subjeknya Penjing dibagi menjadi 3 macam, yaitu: Shumu penjing(Penjing Pohon), shuihan penjing(penjing air dan tanah), dan shanshui penjing (penjing lanskap/pemandangan). Ketiganya memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri bagi pecinta bonsai.

Sedangkan istilah bonsai sendiri berasal dari bahasa Jepang dan merupakan serapan dari kata asal Penzai. Secara bahasa bonsai terdiri dari dua kata, yaitu “bon” artinya pot dangkal, dan sai: penanaman tanaman. Sehingga dapat diartikan sebagai tanaman pada pot dangkal.

Demikian sekilas tentang sejarah bonsai yang bisa kami reportase-kan semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan komentar