Sejarah Facebook & Perkembangannya Dalam Meramaikan Dunia Internet

Sejarah Facebook ini semoga bisa memotivasi diri kita agar lebih giat, rajin dan bekerja lebih keras lagi dalam mencapai impian dan tujuan. Facebook merupakan jejaring sosial yang berkantor pusat di Amerika Serikat, tepatnya berada di Menlo Park, Calivornia. Facebook pertama kali diluncurkan pada bulan Januari tahun 2004.

Di tahun 2016 Facebook memiliki lebih dari 1,5 milyar pengguna aktif di seluruh dunia. Lebih dari separohnya adalah menggunakan telepon genggam. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama dengan teman-teman sekamarnya Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, Andrew Mc Collum dan Chris Hughes yang merupakan sesama mahasiswa di Universitas Harvard.

Keanggotaan layanan facebook pada awalnya terbatas hanya untuk mahasiswa Harvard saja. Kemudian banyak dari Universitas lain yang menginginkan facebook juga digunakan di Universitas mereka, kemudian bertambah meluas lagi sampai sekolah menengah atas. Mark mengaku sangat kuwalahan dalam memenuhi permintaan mereka. Hingga akhirnya kini Facebook dibuka untuk umum.

Facemash.com Sebagai Awal Perkenalan Mark Zuckerberg dengan Jaringan Sosial

gambar sejarah facebook
facemash

Pada oktober 2003 merupakan awal mula perkenalan Mark Zuckerberg dengan dunia jaringan sosial. Mark Zuckrberg bereksperimen dengan menciptakan facemash.com yang merupakan situs perbandingan wajah. Yaitu dengan menampilkan dua wajah wanita/pria dengan pilihan “mana yang lebih hot”.

Foto-foto yang ditampilkan oleh Mark merupakan foto dari database Universitas Harvard yang di hack oleh Mark. Dengan kejadian itu banyak teman-teman Mark yang marah karena merasa dirugikan dengan ditampilkannya foto-foto mereka. Namun setidaknya Mark jadi tahu bahwa orang-orang suka membuka internet untuk melihat foto-foto orang lain.

Thefacebook Sebagai Pondasi dan Sejarah Berdirinya Facebook

gambar sejarah facebook dimulai dari thefacebook
thefacebook

Pada tanggal 11 Januari 2004 Mark Zuckerberg mendaftarkan domain thefacebook.com yang dimodelkan dari Friendster, rupanya kasus facemash telah menginspirasi Mark untuk kembali menciptakan jejaring sosial. Mark mengatakan bahwa dirinya ingin menciptakan situs web yang bisa menghubungkan orang-orang di Universitas.

Mark menyadari bahwa Universitas Harvard membutuhkan waktu selama bertahun-tahun untuk dapat menerapkan sistem tersebut, sedangkan Mark bersama teman-temannya hanya butuh waktu seminggu. Setelah Mark merampungkan situs tersebut, hanya dalam waktu 24 jam sebanyak 1.200 dari mahasiswa Harvard telah mendaftarkan diri di situs thefacebook.com. Jumlah ini setara dengan setengah dari jumlah keseluruhan dari mahasiswa tingkat akhir.

Enam hari setelah peluncuran thefacebook.com, Mark ternyata juga sedang dalam mengembangkan situs lain yaitu HarvardConnection.com untuk Cameron Winklevoss. Setelah itu Tyler Winkelvoss dan Divya Narendra kemudian menuntut Mark dengan tuntutan dia telah mencuri ide mereka yang diterapkan Mark dalam thefacebok. Namun akhirnya Mark dan pihak-pihak yang bersangkutan ini menyelesaikan masalahnya dengan cara yang dirahasiakan.

Sean Parker dan Investasi Sebesar USD 500.000

gambar dari sejarah facebook
speeli.com

Tidak berselang lama setelah peluncuran dan perkembangan thefacebook, Sean Parker dari co-founder dari Napster menemukan thefacebook.com di komputer pacarnya. Dirinya lalu berangkat ke New York untuk menemui Mark yang akhirnya dia menjadi penasihat dari thefacebook.com secara non formal.

Pada bulan Juni 2004, theacebook.com mendapat investasi pertamanya dari Peter Theil, founder PayPal sebesar USD 500.000 dengan ganti 10.2% dari saham perusahaan tersebut. Sean Parker kemudian diangkat sebagai presiden perusahaan yang baru berdiri itu.

Pengembangan thefacebook.com terus dilakukan sampai ke luar kampus sampai akhirnya pada Desember 2004, ada 1 juta lebih orang telah terdaftar menjadi anggota thefacebook.com

Dari thefacebook Menjadi Facebook

gambar sejarah facebook

Pada Agustus 2005, thefacebook resmi berganti nama menjadi facebook dengan harga sebesar USD 200.000. Di tahun yang sama Facebook.com mendapat aliran dana dari berbagai investor dan memulai kerjasama dengan Microsoft dan Apple. Pada 2005 akhir, Facebook sudah tersebar di US, Mexico, Canada, UK, Irlandia, Australia dan New Zealand.

Sampai saat ini, facebook telah tersebar diberbagai penjuru dunia dan penggunanya terus meningkat dari tahun ke tahun. Indonesia sendiri menempati urutan ke empat sebagai pengguna facebook terbanyak di dunia. Itulah sejarah facebook.

Tinggalkan komentar