Sejarah Ferrari dan Simbol Lompatan Kuda Cavallino Rampante

Ferrari kini dikenal sebagai salah satu produsen mobil sport yang bermarkas di Maranello, Italia. Namun, mungkin tidak banyak yang tahu bagaimana sejarah Ferrari hingga bisa merajai arena balap F1.

Didirikan pada tahun 1928 oleh seorang Enzo Ferrari, sebelum benar-benar menjadi produsen mobil mewah, Enzo hanyalah seorang kepala divivi Scuderia Ferrari yang artinya ‘Si Stabil Ferrari’ yang merupakan sebuah divisi teknik balap di bawah pabrikan otomotif Alfa Romeo.

Alfa Romeo yang bertugas menyiapkan pembalap dan mobil untuk ajang balapan. Hingga pada saat Alfa Romeo disita oleh perusahaan Mussolini, Enzo memutuskan untuk memulai petalangan otomotifnya secara mandiri dengan mendirikan perusahaan, tetap dengan nama yang sama: Scuderia Ferrari.

Setelah Perang Dunia II berakhir, pada tahun 1946, Ferrari mulai melewati masa krisisnya dan mulai memproduksi mobil balapan serta mobil mewah (super car). Sejarah Ferrari bisa dibilang baru benar-benar bermula dari sini. Sepanjang sejarah Ferrari, mobil-mobil keluaran mereka menduduki peringkat unggulan dalam beragam kontes balap mobil khususnya Formula One yang telah membawa mereka meraih kesuksesan besar.

carscoops.com
carscoops.com

Sejarah simbol mobil Ferrari sendiri cukup unik. Simbol tim balap Ferrari juga menggunakan logo kuda jingkrak yang dalam bahasa Italia disebut sebagai Cavallino Rampante. ula penggunaan logo ini adalah saat Enzo Ferrari mengikuti perhelatan reli di Ravenna, Italia dan keluar sebagai pemenangnya.

Enzo pun bertemu dengan Countess Paolina yang merupakan Ibu dari seorang pilot terkenal Italia, Count Francesco Baracca. Countess Paolina meminta Edzo untuk memasang gambar kuda jingkrak itu pada setiap mobil Ferrari sebagai keberuntungan seperti yang dilakukan Count Francesco Baracca pada pesawatnya. Enzo pun kemudian mendesain ulang gambar kuda jingkrak yang hari ini kita kenal sebagai logo resmi Ferrari.

Tinggalkan komentar