Sejarah Google, Perusahaan Paling Favorit di Amerika

Siapa sih yang tidak mengenal Google? Mesin pencari ini populer digunakan oleh semua kalangan, terlebih lagi bagi pengguna gadget Android yang memang besutan Google itu sendiri.

Google adalah sebuah perusahaan penyedia informasi dan awalnya berfungsi sebagai mesin pencari. Namun sekarang Google sudah merambah ke berbagai aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan, seperti Gmail, Google Drive dan Google Docs.

Kata Google sendiri awalnya berasal dari kata Googlo yang diciptakan oleh Milton Sirotta. Googlo merupakan istilah untuk menyebutkan angka 1 yang diikuti oleh 100 angka 0.

Selain asal kata yang unik, Google juga memiliki sejarah yang unik. Google didirikan oleh 2 orang pemuda yaitu Larry Page dan Sergey Brin.

Mereka berdua bertemu secara tidak sengaja pada tahun 1995 ketika Larry page seorang alumnus Universitas Michigan sedang melakukan kunjungan akhir pekan dan bertemu dengan Sergey Brin seorang murid yang bertugas mengantar keliling Lary.

Dua orang tersebut memiliki pendapat dan pandangan berbeda dan pada pertemuan tersebut mereka sering berdiskusi panjang yang berakhir dengan perdebatan.

Namun ternyata perbedaan mereka malah menghasilkan suatu pendekatan yang unik dalam memecahkan masalah untuk memperoleh kembali data dari set yang masif.

Lalu pada Januari 1996 Larry dan Sergey membuat mesin pencari pertama mereka yang bernama BackRub. Mesin pencari ini melayani server stamford dan berfungsi selama lebih dari setahun.

http://a.fastcompany.net/
http://a.fastcompany.net/

Pada 15 September 1997 domain Google.com didaftarkan. Lalu sepanjang 1998 Larry dan Sergey terus menyempurnakan teknologi Google.

Larry dan Sergey terus menyempurnakan teknologi Google sepanjang awal 1998. Keduanya juga mulai mencari investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi Google.

Google akhirnya berkembang menjadi perusahaan raksasa dengan jumlah pegawai sebesar 10 ribu orang. Google juga menjadi perusahaan nomor 1 yang paling di minati di Amerika.

Tinggalkan komentar