Fakta Sejarah Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Setiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node. Berikut ini adalah fakta fakta sejarah perkembangan jaringan komputer.

1

Mesin Teletype

tpsoft.com

Pda tahun 1940 George Stibitz menggunakan mesin Teletype untuk mengirim sebuah instruksi untuk sebuah masalah dari komputer yang berada di Dartmouth College. Instruksi tersebut dikirim ke Sebuah kalkulator kompleks di New York dan menerima nya kembali dengan hasil dari perhitungan.

2

SAGE

williamson-labs.com

Semi-Automatic Ground Environment (SAGE) yang merupakan sesepuh dalam dunia perkomunikasian antara komputer. SAGE sendiri merupakan sebuah sistem yang terdiri dari banyak komputer besar, dan merupakan sebuah perlengkapan dengan jaringan yang terasosiasi untuk mengkoordinatkan data dari berbagai macam situs-situs radar demi membuat sebuah image tunggal dari angkasa dalam area yang sangat lebar. Tugas yang diberikan kepada SAGE adalah untuk mengontrol dan mengatur respon NORAD kepada serangan udara Soviet, dimana tugas ini ia jalankan pada akhir 1950 hingga sekitar tahun 1980-an. Komputer dan layar monitornya yang besar tetap menjadi kisah dalah perang dingin, dan sering ditemui referensinya dalam beberapa kultur pop seperti pada film Dr. Strangelove maupun Colossus.

3

SABRE

imgur.com

Semi-Automated Business Research Environment (SABRE) dibuat untuk mengotomatisasi pembukuan reservasi milik American Airlines. Sistem ini dibuat oleh Sabre Holding, dan mulai online menggunakan dua rangka utama yang saling berhubungan satu sama lain. Pembuatan SABRE ini sendiri terinspirasi oleh ide yang dimiliki oleh SAGE beberapa tahun sebelumnya, dimana yang membuat SAGE adalah orang IBM. 30 hari setelah Blair Smith—salesman tingkat tinggi IBM—bertemu dengan C. R. Smith—presiden dari American Airlines— di sebuah penerbangan menuju New York dari Los Angeles pada tahun 1953, IBM mengirimkan sebuah proposal mengenai proyek SABRE ini. Baru pada tahun 1957 pertemuan ini secara resmi ditandatangani, dan sistem purwarupanya mulai berjalan pada tahun 1960.

4

Intergalactic Computer Network (ICN)

apnarm.net.au

ICN sendiri merupakan pendahulu dari ARPANET. Menurut Licklider, nnama ICN sendiri ia ciptakan untuk merujuk pada seubah sistem jejaring yang ia bayangkan sebagai sebuah kesatuan barang elektronik yang terbuka bagi siapa saja. Licklider menjadi pelopor penciptaan tiga dari hal-hal yang paling penting dalam teknologi informasi, yaitu penciptaan computer science pada universitas, pembagian waktu, dan jaringan.

5

Dartmouth Time Sharing System

viceland.com

Peneliti di Dartmouth menciptakan Dartmouth Time Sharing System (DTSS) yang mereka ciptakan bagi penggunan sistem komputer yang besar. Di tahun yang sama, Institut Teknology Massachusetts membentuk sebuah kelompok riset yang disokong oleh General Electric dan Bell Labs, dimana riset ini menggunakan sebuah komputer untuk menjalurkan dan mengatur koneksi telepon. Satu tahun berikutnya, jaringan area luas (WAN) diciptakan oleh Thomas Marill dan Lawrence G. Roberts, dimana WAN kemudian menjadi salah satu pendahulu langsung dari ARPANET yang ikut dikembangkan oleh Roberts. Di tahun yang sama, switch telepon pertama yang menggunakan kontrol komputer diperkenalkan oleh Western Electric.

6

ARPANET

manchester.ac.uk

Advanced Research Projects Agency Network (ARPANET) dibentuk pada di tengah tahun 1968. Kemudian ARPANET menjadi jaringan packet switching pertama yang dikenal dunia, dan juga yang pertama yang bisa beroperasi secara baik. Jaringan tersebut telah jadi jaringan pertama yang menerapkan TCP/IP. Penciptaan ARPANET sendiri bermula dari penyelesaian Blue Print jaringan komputer oleh Bob Taylor. Setelah ARPA menyetujui cetak biru tersebut, sebuah Request for Quotation (RFQ) dikirim kepada 140 investor yang paling potensial. Hampir seluruh perusahaan computer science menilai proposal dari ARPA dan Taylor terlalu “unik”, dan hanya 12 perusahaan yang mengajukan penawaran mereka untuk membuat jaringan tersebut. Namun pada akhirnya hanya menganggap 4 perusahaan yang layak, ARPA memotong hanya menjadi 2 perusahaan, dan akhirnya memilih BBN Technologies sebagai tender pembuat ARPANET. Akhirnya jaringan berhasil  digunakan ketika University of California, Los Angeles (UCLA) serta institusi riset Stanford di 29 Oktober 1969 malam pada pukul 10, bisa terhubung menggunakan ARPANET. Keberhasilan ARPANET membuat ITU-T merilis X.25—sebuah protokol jaringan komputer pertama yang mampu menangani koneksi WAN—secara komersil pada tahun 1972. X.25 inilah yang nantinya akan menjadi perintis pemekaran koneksi jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP.

7

Ethernet: Distributed Packet Switching for Local Computer Networks

itnotes.in

Pada tahun 1973, Robert Metcalfe menulis sebuah memo resmi di Xerox PARC yang menjelaskan tentang sistem jejaring Ethernet, sebuah sistem yang didasarkan pada jaringan Aloha yang diciptakan tahun 1960 oleh Norman Abramson. Metcalfe dan David Boggs kemudian memublikasikan sebuah paper riset dengan judul “Ethernet: Distributed Packet Switching for Local Computer Networks” dan berkolaborasi untuk menerima beberapa paten di tahun 1977 dan 1978. Pada tahun 1979, Robert Metcalfe memiliki tujuan untuk membuat Ethernet menjadi standar terbuka, membuka jalan pada sejarah jaringan komputer di masa depan yang pada 1995 dikembangkan sehingga kecepatan transfer bisa mencapai angka 10 Mbit/detik hingga 100 Mbit/detik. Pada tahun 1998, kecepatan transfer Ethernet kembali naik hingga bisa melayani kecepatan berbasis Gigabit, dan menjadi faktor utama dalam perkembangan jaringan komputer di era sekarang ini.

8

Internet Relay Chat

flossmanualsfr.net

Jarkko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan (Chatting ). Akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat. tak kurang dari 100000 komputer membentuk sebuah jaringan.

9

WWW

peakcitylife.com

Pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe penyunting dan penjelajah yang dapat menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. Programe inilah yang disebut Waring Wera Wanua atau World Wide Web.

10

Netscape Browser

quinstreet.com

Pada tahun 1994, situs-situs di internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya berbelanja melalui internet atau virtual-shopping atau e-retail muncul di situs. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0 yang merupakan web browser pertama.

Tinggalkan komentar