Pengertian dan Sejarah Kota Batam

Kota Batam adalah sebuah kota yang berada di provinsi kepulauan Riau Indonesia. Kota Batam ini terdiri dari sebuah pulau yang dikelilingi Selat Singapura dan Selat Malaka. Batam merupakan kota nomor tiga terbesar dikepulauan Riau dan wilayah Sumatra sesudah kota Medan dan Palembang.

Menurut dinas kependudukan dan catatan sipil kota Batam tahun 2012, jumlah Batam mencapai 1.153.860 jiwa. Daerah metropolitan kota Batam terdiri dari tiga pulau diantaranya Batam, Rempang, dan Galang yang dihubungkan dengan sebuah jembatan yaitu disebut dengan jembatan barelang.

Sejarah kota batam
angganurfahrizal.blogspot.com

Batam merupakan kota letaknya sangat strategis. Selain berada di jalur pelayaran Internasional, kota ini memiliki jarak yang cukup dekat sehingga berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia..

Dahulunya pulau batam ditempati oleh orang melayu pertama kali. Pulau Batam ini dahulunya menjadi tempat pertempuran yang di pimpin oleh Hang Nadim dalam melawan penjajah yang di pemerintah pada tahun 1960-an sebagai basis logistik minyak bumi.

Kemudian pada tahun 1970-an, Batam dijadikan sebagai Singapuranya Indonesia. hal ini sudah diputuskan oleh President nomor 41 tahun 1973. Pulau Batam ini ditetapkan sebagai lingkungan kerja industri yang dikembangkan oleh Batam Otorita Batam (BOB).

Pada saat ini batam dijadikan sebagai tempat wisata di Indonesia, karena bangunan-bangunannya yang tidak kalah banding dengan kota-kota lain. selain itu pemandangan dan tempat wisatanya yang indah akan dapat membuat hari menjadi indah.

Untuk sementara cukup sampai disini pengertian tentang kota batam. Semoga dapat menambah pengetahuan kita. Terimakasih.

Tinggalkan komentar