Sejarah Manchester United FC

Sejarah Manchester United FC: Brand Sepak Bola Terbesar di Dunia

Manchester United Football Club memulai napas kehidupannya dengan nama Newton Heath LYR FC pada 1878. Pemainnya adalah para pekerja depot Lancashire dan Yorkshire Railway di Newton Heath.

Hari ini, dengan basisi di stadion Old Trafford di Greater Manchester, klub ini menjadi salah satu yang paling berhasil dalam sepak bola Inggris. Bahkan mungkin menjadi klub yang paling dirayakan dalam sejarah olahraga.

“Man U” adalah bisnis senilai £1 milyar yang produk intinya adalah sepak bola dan pendapatannya didapat dari merchandise dan siaran televisi. Kebanyakan penggemar Manchester United bahkan tidak tinggal di Inggris, apalagi Manchester.

 

Tonggak Sejarah Manchester United FC

1878: Manchester United didirikan sebagai Newton Heath LYR FC.

1892: Klub ini bergabung dengan Liga Sepak Bola.

1902: J.H. Davies menyelamatkan klub dari hampir bangkurt dan memberinya nama Manchester United FC.

1907/08: Tim memenangkan Kejuaraan Liga Champion.

1909: Manchester United memenangi Piala FA.

1910: Old Trafford menjadi markas tim ini.

1945: Matt Busby menjadi manajer Manchester United. Selama masa jabatannya (1945-1969, 1970-71), tim ini memenangi liga sebanyak 5 kali, Piala FA 2 kali, dan pada 1968 Piala Eropa.

1958: Delapan pemain Manchester United tewas dalam kecelakaan pesawat di Munich.

1986: Alex Ferguson menjadi manajer. Hingga akhir musim 2006/07, klub memenangi Liga Premier 9 kali, Piala FA 5 kali, dan Piala Liga 2 kali. Kemenangan lainnya termasuk UEFA Champions League dan UEFA Cup Winners’Cup.

1991: Manchester United menjual saham di London Stock Exchange.

1998: Pemerintah Inggris menghalangi pengambilalihan oleh Rupert Murdoch.

2005: Taipan Amerika Malcolm Glazer mendapatkan klub ini.

Newton Heath FC memisahkan diri dari depot rel kereta setelah tahun 1890, namun tidak bergabung dengan Liga Sepak Bola yang baru didirikan hingga 1892. Mereka hampir bangkrut kerita diselamatkan pada 1902 oleh direktur pelaksana Manchester Breweries, J.H. Davies.

Davies memutuskan bahwa perubahan nama bisa membawa perubahan keberuntungan. Setelah mempertimbangkan “Manchester Central” dan “Manchester Celtic,” atas usulan Louis Rocca, seorang imigran Italia, ia memilih “Manchester United.” Davies juga mengubah kostum mereka dari hijau dan emas menjadi merah dan putih.

Rollercoaster Keberhasilan dan Kegagalan

Setelah turun peringkat dan berjuang agar bisa kembali ke Divisi Satu, Manchester United memenangkan Kejuaraan Liga Sepak Bola pada akhir musim 1907/08. Pada 1909 klub ini memenangkan piala FA.

Old Trafford, yang dibeli dengan harga £60.000, menjadi rumah bagi klub ini pada 1910. Penurunan peringkat berlanjut dan diselamatkan dari kebangkrutan pada 1930-an.

Dalam Perang Dunia Kedua, lapangan dan stadion ini dibom. Klub terpaksa bertumpu pada niat baik tetangganya yang lebih sukses, Manchester City. Manchester City mengizinkan penggunaan lapangannya di Maine Road.

Situasi ini berlangsung sampai Old Trafford dibangun kembali pada 1949. Saat itu, manajemen tim telah diambil alih oleh mantan pemain Manchester City dan Liverpool, Matt Busby.

Tinggalkan komentar