Sejarah Olahraga Airsoft Gun, Permainan Ngetren Yang Jangan Sampai Kamu Lewati

Tembakan airsoft atau biasa disebut airsoft gun telah menjadi satu dari permainan populer di Indonesia. Permainan ini yang awalnya sering diidentikan dengan kaum pria ini kini juga diminati oleh sebagian kaum wanita. Ini karena airsoft gun menawarkan sejumlah tantangan unik dan melibatkan keterampilan yang positif. Misalkan saja seperti latihan kerjasama tim dan inter-koordinasi dalam sebuah kelompok untuk mencapai sebuah misi.

Bila melihat ke awal perkembangan permainan ini di Indonesia, maka rentang waktunya mungkin belum begitu lama. Bisa dikatakan jenis permainan ini tergolong baru dan baru bisa dinikmati oleh sebagian kecil orang. Penyebabnya karena kebutuhan lokasi dan perlengkapan peralatan. Tetapi seiring waktu kendala-kendala semacam itu sudah mulai teratasi karena makin banyak penyewaan tempat dan peralatan lengkap.

Kabarnya, sejarah permainan ini berasal dari Jepang di tahun 70-an. Lahir akibat ketatnya larangan tegas kepemilikan senjata api. Maka mulai dikembangkanlah ide permainan simulasi kepolisian dan militer. Banyak desain senjatanya sangat mirip dengan aslinya. Sekitar dua dekade setelah itu, airsoft gun pun dikenalkan dan dikembangkan secara pesat di Eropa dan AS. Hingga kemudian akhirnya juga tiba di Tanah Air dan mulai disukai oleh berbagai pihak.

Sebagian besar orang awam mengira kalau permainan airsoft gun hanya mengandalkan naluri mengalahkan lawan dan tindak kekerasan. Padahal perkiraan seperti itu tidak benar dan bahkan tak bisa dibuktikan. Sebab dalam permainan airsoft gun berkelompok ini juga ada rangkaian kode etik tertentu yang harus ditaati oleh setiap pemain. Selain itu, semua pemain juga harus paham cara pemakaian dan pengamanan dari jenis senjata yang dipakai walaupun semuanya baru simulasi. Sehingga, tidak usah mengkhawatirkan hal-hal negatif yang dianggap bisa menyebabkan cedera.

Daya tarik dari airsoft gun yang lain adalah karena menawarkan berbagai setail varian unik dan sangat mendalam. Sehingga banyak orang yang sudah sering bermain tetapi makin penasaran dan mungkin mengumpulkan berbagai varian senjata dan peralatan lainnya.

Airsoft Gun
Macam-macam Airsoft Gun – www.instructables.com

Di Tanah Air sendiri, perkembangan informasi tentang airsoft gun ini dimulai dari dunia internet. Tren ini lalu diikuti oleh banyak komunitas yang saling berinteraksi dan berbagai pengalaman. Mereka saling berbagi inforamsi baru sembari mengadakan pertemuan rutin dan bahkan adu kemampuan sesekali.

Dalam bermain airsoftgun juga tidak bisa asal tembak karena ada taktik dan strategi yang harus dijalankan oleh regu secara disiplin. Setiap pemain juga punya fungsinya masing-masing misalnya sebagai infanteri, penembak jitu,dan lain-lain. Mereka juga harus bisa saling bertukar fungsi untuk mencari pengalaman dan kemampuan baru.

Untuk mencari peralatannya juga semakin mudah karena terbukanya jalur informasi oleh masing-masing komunitas. Komunitas airsoft gun sangat terbuka bagi banyak orang, terutama yang mempunyai ketertarikan di permainan ini dan siap untuk mengikuti kode etik yang ditetapkan.

Mulai tahun 2000-an, airsoft gun mulai dikenal banyak orang di Indonesia dan akhirnya bisa dikembangkan menjadi berbagai macam pilihan. Permainan ini pun makin stabil dan bertambah jumlah peminatnya karena punya budaya yang kuat, selalu mengedepankan prinsip keamanan dan kode etik yang harus dipatuhi. Bila ada anggota yang melanggar kode etik tersebut maka akan ada risiko sangat berat seperti misalnya bisa diskors, dikeluarkan, atau sanksi lainnya.

Itulah sejarah airsoft gun di Indonesia. Permainan ini cukup ngetren sekarang, jadi jangan sampai kamu tidak tahu dan tidak ikut mencoba.


Rujukan :

  • Airsoftgun.co.id
  • id.wikipedia.org

Tinggalkan komentar