Sejarah Pramuka di Indonesia beserta Prinsip, Tujuan Pramuka Indonesia

SEJARAH PRAMUKA DI INDONESIA – Pada tahun 1961 nama pramuka resmi digunakan di Indonesia. Pramuka di Indonesia sebenarnya sudah bergerak sejak masa penjajahan belanda. Hanya saja pada masa itu masih menggunakan nama kepanduan.

Sampai saat ini pramuka masih ada di Indonesia, dan masih turun-temurun menjadi suatu gerakan yang masih aktif dilakukan di kalangan anak sekolah. Pramuka tidak hanya ada di Negara Indonesia, namun di negara-negara lain juga memiliki organisasi pramuka. Hanya saja di negara lain, namanya bukan pramuka.

Di negara lain kebanyakan memakai nama istilah Scout. Gerakan yang dikenal dengan nama Scouting atau Scout Movement ini pada dasarnya memiliki tujuan yang sangat bagus, yaitu membangun pemuda memiliki fisik, mental dan juga spiritual yang kuat. Sebelum membahas sejarah pramuka di Indonesia, akan lebih baik jika bisa tahu tentang sejarah pramuka di Dunia.

Sejarah Pramuka Dunia

Sejarah pramuka di Indonesia
Sumber: pramukasembilanpuluhjakarta.wordpress.com

Pramuka mulai hadir di dunia pada tanggal 25 Juli 1907, dan pertama kali di adakan perkemahan pramuka yaitu di pulau Brown Sea, Inggris, selama 8 hari. Hal tersebut dilakukan saat Lot Robert Baden Powell masih menjadi Letnan Jendral tentara Inggris.

Selanjutnya pendiri pramuka tersebut menulis buku mengenai prinsip dasar kepramukaan di tahun 1908. Buku tersebut yaitu Scouting for Boys, artinya adalah pramuka untuk laki-laki. Dan tidak lama setelah itu, yaitu tepatnya pada tahun 1912, adik perempuan dari Baden Powell yang bernama Agnes, membantu dalam membentuk sebuah organisasi pramuka bagi perempuan yang dikenal dengan Girls Guides.

Pada tahun 1916 di dirikan kelompok pramuka lagi dengan nama CUB atau anak srigala yang di dirikan oleh istri dari Baden Powell. Yang kegiatannya berpedoman dari sebuah buku karangan Rudyard Kliping yang berjudul The Jungle Book.

Kemudian masih berlanjut pada tahun 1918, Bapak pramuka yaitu Baden Powell membentuk organisasi baru lagi yang bernama Rover Scourt. Organisasi ini dikhususkan untuk pemuda yang sudah masuk usia 17 tahun.

4 tahun selanjutnya, yaitu tahun 1922 Bapak pramuka Baden Powell kembali menerbitkan sebuah buku dengan judul Rovering Succes, yang menceritakan tentang seorang pemuda yang harus sampanya hingga ke pantau bahagia.

Jambore Dunia

jambore
Sumber: pramukauinsgd.com

Pertama kalinya diadakan jambore seluruh dunia yaitu pada tahun 1920. Dengan tahun yang bersamaan dibentuk pula dewan Internasional pramuka. Dewan ini beranggotakan 9 orang biro yang bertempat di London.

Ada beberapa biro putra yang terbagi di beberapa negara. Masing-masing memiliki kantor khusus di beberapa negara tersebut. Negara tersebut seperti Swiss, Filipina, Nigeria, Costa Rica, dan Mesir.

Begitu juga untuk yang putri, di beberapa negara ada kantor-kantor khususnya. Khususnya di wilayah bagian Amerika Latin, Asia Pasifik, Eropa, dan Arab.

Jambore dunia yang pertama ini dilaksanakan di Olympi Hall, London, Inggris. Dihadiri oleh peserta dari 27 Negara yang diundang. Dan pada saat itu juga Baden Powell diangkat menjadi Chief Scout of The Word atau Bapak Pandu Dunia.

Sejarah Pramuka di Indonesia

SEJARAH PRAMUKA DI INDONESIA
KutaiTimurMerdeka.com

Sejarah pramuka di Indonesia cukup panjang dan melalui berbagai perubahan-perubahan dari organisasi-organisasi sehingga menjadi pramuka Indonesia. Organisasi yang di pimpin dan diciptakan oleh Baden Powell ini, tidak membutuhkan waktu lama untuk tersebar ke berbagai negara di dunia ini. Salah satunya adalah Negara Belanda, di Belanda pramuka dinamakan dengan istilah Padvinder.

Saat Belanda menjajah Indonesia, Belanda mendirikan organisasi pramuka di Indonesia yang bernama Nederland Indische Padvinders Vereeniging (NIPV). Seiring berjalannya waktu dan perkembangannya, para pemimpin gerakan nasional juga mendirikan organisasi kepanduan. Dengan harapan dan tujuan untuk membentuk manusia Indonesia bisa menjadi kader pergerakan nasional.

Dalam waktu yang tidak lama, organisasi-organisasi kepanduan lainnya mulai beridiri dan bermunculan. Seperti Javaanse Padvinders Organizatie (JPO), Sarekat Afdeling Padvindery (SIAP), Hisbul Wathon (HW), Jong Java Padvindery (JJP), dan Nationale Islamitsche Padvindery (NATIPIJ).

Dan pada akhirnya, muncul larangan penggunaan istilah kata Padvindery oleh pemerintahan Hindia pada waktu itu. Kemudian dirubahlah istilah tersebut menjadi pandu atau kepanduan oleh K.H Agus Salim.

Seiring berjalannya waktu, kesadaran akan nasionalisme para pemuda Indonesia semakin meningkat, salah satu pemicu semangatnya adalah terjadinya sumpah pemuda. Akhirnya pada tahun 1990 organisasi-organisasi kepanduan dari seluruh Indonesia bergabung menjadi organisasi Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI).

Setelah bergabung, pada tahun 1931 dibentuklah organisasi Persatuan Antar Pandu Indonesia (PAPI). Dan mengalami perubahan menjadi Badan Pusat Persaudaraan Kepanduan Indonesia (BPPKI). Namun, pada masa penjajahan Jepang organisasi yang bernama kepanduan tidak diperbolehkan dan dilarang. Dan para tokoh pandu pun memutuskan untuk beralih masuk Keibondan Seinendan dan PETA.

Organisasi kepanduan kembali berdiri di Indonesia setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan. Organisasi tersebut bernama Pandu Rakyat Indonesia yang merupakan satu-satunya organisasi pada masanya. Organisasi Pandu Rakyat Indonesia ini dibentuk pada tangga 28 Desember 1945.

Namun, pada tahun 1961 organisasi kepanduan kembali terpecah. Organisasi kepanduan terpecah menjadi 100 organisasi yang terhimpun oleh federasi  organisasi yang bernama Ikatan Pandu Indonesia (IPINDO) dan Persatuan Kepanduan Putri Indonesia (PKPI).

Kemudian federasi tersebut kembali mengalami perubahan karena sadar akan kelemahan organisasi yang sudah terpecah. Federasi tersebut memutuskan untuk bergabung menjadi satu, dan dinamakan dengan Persatuan Kepanduan Indonesia (PERKINDO). Dan di tahun itu juga prmuka di Indonesia dilahirkan. Yaitu tahun 1961.

Dikuatkan dengan Keppres RI Nomor 112 tahun 1961 tanggal 5 April 1961, yang isinya mengenai panitia pembantu pelaksana pembentukan gerakan pramuka. Dan pramuka di Indonesia diperkenalkan secara menyeluruh pada tanggal 14 Agustus 1961, dan ditetapkan pula tanggal tersebut sebagai lahirnya pramuka di Indonesia. Sejarah pramuka di Indonesia merupakan hal yang sangat perlu diketahui, terutama bagi yang sedang tahap belajar menjadi anggota pramuka Indonesia.

Prinsip Dasar Pramuka Indonesia

PRAMUKA INDONESIA
Sumber: kkmiciteureup.blogspot.com

Sejarah pramuka di Indonesia memang merupakan hal yang perlu diketahui, supaya kita warga negara Indonesia bisa lebih menghargai dan menghormati pramuka di Indonesia. Pengetahuan terhadap sejarah pramuka di Indonesia merupakan suatu hal yang sangat diperlukan. Termasuk juga tentang prinsip-prinsip dasar kepramukaan. Berikut ini adalah prinsip kepramukaan yang perlu kita ketahui.

  • Iman, dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.
  • Peduli terhadap bangsa dan tanah air, sesama hidup, dan alam seisinya.
  • Peduli terhadap dirinya pribadi.
  • Taat kepada kode kehormatan pramuka.

Itu merupakan prinsip-prinsip dari pramuka Indonesia, dengan prinsip tersebut terdapat tujuan yang baik dan mulia. Tujuan dari pramuka juga merupakan inti dari pramuka Indonesia.

Tujuan Gerakan Pramuka

Sejarah Pramuka di Indonesia Masa Penjajahan Belanda
infosejarah.com

Jika di atas sudah membahas tentang sejarah pramuka di Indonesia, maka kita perlu tahu juga tentang tujuan dasar dari gerakan pramuka di Indonesia. Ada beberapa tujuan yang perlu kita ketahui dari pramuka Indonesia, di antaranya yaitu:

  • Mempunyai kepribadian yang beriman, bertaqwa, akhlaq yang mulia, jiwa yang patriot, taat terhadap hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, bercakapan hidup, sehat jasmani dan rohaninya.
  • Menjadikan setiap warga negara yang berjiwa pancasila, setia, dan patuh terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna.

Dengan tujuan tersebut, berharap setiap pramuka bisa membangun diri sendiri, membangun diri secara mandiri menjadi anggota yang bertanggung jawab terhadap pembangunan bangsa maupun negara, dan mempunyai tingkat kepedulian yang tinggi terhadap sesama mahluk hidup, baik manusia maupun semua yang ada dilingkungan dan alam.

Demikian informasi tentang sejarah pramuka di Indonesia, dan sedikit juga menyinggung sejarah pramuka dunia. Jadi, sebenarnya jika ditulis secara keseluruhan sejarah pramuka di Indonesia cukup panjang. Artikel ini merupakan ringkasan dari sejarah pramuka yang diambil dari sumber yang terpercaya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar