Sejarah Singkat Sepak Bola Dunia dan Indonesia, Masa Kuno Hingga Modern

SEJARAH SINGKAT SEPAK BOLA  Tahukah Anda kapan pertama kali sepak bola dimainkan? Tak banyak yang mengetahui secara persis sejarah ditemukannya sepak bola. Coba Anda tanyakan kepada teman sepermainan dalam sepak bola, atau tanyakan kepada orang yang sering menonton di televisi dan menyukai permainan sepak bola di lingkungan tempat tinggal Anda.

Yah, Anda bisa menanyakannya sendiri kepada orang yang benar-benar tahu, tapi orang yang seperti itu, mengetahui dengan benar mengenai sejarah sepak bola sangatlah jarang. Nah, kalau Anda belum mengetahuinya juga, maka pada artikel ini kami akan mengulas mengenai sejarah singkat tentang sepak bola.

Sejarah Singkat Kelahiran Sepak Bola

Sejarah Kelahiran Sepak Bola
aenaston.org

Asal usul sepak bola bukan berasal dari Eropa, meski liga dan kejuaraan mereka selalu kita ikuti di layar kaca. Atau kalau Anda mengenal Pele, Ronaldo, dan Maradona, legenda pemain dari Brazil dan Argentina itu, sepak bola juga bukan dari kedua negara itu.

Padahal, seperti yang kita ketahui, dua negara Amerika Latin itu memiliki teknik sepak bola yang indah dan melahirkan pemain-pemain kelas dunia, seperti Ronaldinho, Neymar dan Lionel Messi.

Ternyata sepak bola telah ada sejak 3000 tahun yang lalu dan telah dimainkan dimainkan di seluruh penjuru dunia dalam bentuk yang berbeda-beda.

Sekitar abad kedua hingga ketiga, telah ditemukan bukti bahwa sepak bola pernah dimainkan di daratan China pada masa pemerintahan  Dinasti Tsian dan Han. Dalam sebuah dokumen militer disebutkan, permainan si kulit bundar sudah dimainkan sejak tahun 206 SM. Saat itu, orang-orang China menyebutnya tsu chu. Tsu memiliki arti “menerjang bola dengan kaki”. Sedangkan chu, berarti “bolanya dari kulit dan ada isinya”.

Masyarakat Cina saat itu memainkan permainan sepak bola yang terbuat dari binatang dengan cara menendang dan menggiringnya ke sebuah jaring yang dibentangkan pada dua buah tiang. Sebenarnya, permainan sepak bola pada masa itu mempunyai maksud untuk melatih fisik para tentara kekaisaran dan juga dimainkan untuk meramaikan acara pada saat kaisar merayakan ulang tahun.

Bill Muray, seorang pakar sejarah dalam bidang sepak bola, mengungkapkan dalam bukunya yang berjudul The World Game: A History of Soccer bahwa sepak bola sudah dimainkan sejak awal Masehi. Orang-orang Mesir kuno sudah mengenal permainan membawa dan menendang bola yang dibuat dari buntalan kain linen.

Sejarah Yunani purba juga mencatat ada sebuah permainan yang disebut episcuro, permainan menggunakan bola. Gambar di relief-relief pada dinding museum yang melukiskan anak muda yang memegang bola dan memainkannya dengan paha adalah sebuah bukti yang kuat mengenai permainan ini.

Bangsa Jepang pun tidak mau ketinggalan. Sejak abad kedelapan, konon dikabarkan bahwa masyarakat Negeri Matahari Terbit tersebut sudah mengenal permainan sepak bola. Mereka menyebutkannya sebagai kemari pada tahun 2500 SM. Bolanya terbuat dari kulit kijang berisi udara.

Bagaimana dengan sepak bola Indonesia? Di Nusantara, sepak bola pertama kali diperkenalkan oleh Belanda saat menjajah Indonesia selama 350 tahun. kala itu olahraga sepak bola menjadi permainan bergengsi yang dimainkan oleh orang-orang tertentu saja.

Sejarah Singkat Sepak Bola Modern

Sejarah Singkat Sepak Bola Modern
nikeinc.com.cn

Beberapa negara mengklaim sebagai tempat lahirnya sepak bola modern, seperti Prancis yang mengaku demikian. Meski begitu, Inggris lebih dulu dikenal dan diakui dunia sebagai tempat lahirnya sepak bola modern. Kala itu permainan sepak bola cenderung brutal karena digunakan sebagai olahraga perang. Jangan Anda bayangkan kalau permainan sepak bola seseru dan seindah sekarang.

Dan yang mengerikan pada saat itu, tidak menggunakan bola seperti sekarang. Adalah kepala prajurit musuh yang dipenggal, kemudian dijadikan ‘bola’. Oleh karena itu, pemerintah Inggris saat itu, Raja Edward III pernah melarang olahraga ini pada tahun 1331. Bahkan dia sampai mengeluarkan peraturan resmi tentang pelarangan ini kepada para prajuritnya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Skotlandia, Raja James I pada 1424 melarang semua pria di negaranya untuk memainkan permainan olahraga sepak bola.

Saking gandrungnya masyarakat Inggris dengan sepak bola, peraturan itu tetap saja diabaikan. Sehingga pada tahun 1815, Eton College, sebuah kampus ternama di Inggris mencoba menyusun peraturan sepak bola. Kemudian aturan tersebut berkembang dan semakin banyak perguruan tinggi yang menerapkannya.

Hingga tahun 1848, aturan tersebut selalu dikembangkan dan dikenal dengan nama Cambridge Rules. Tetapi pada perkembangan selanjutnya, peraturan tersebut terpisah menjadi dua peraturan besar, yakni aturan Rugby School dan aturan yang boleh dipegang dan dibawah berlari.

Pada tanggal 26 Oktober 1863, diadakan sebuah pertemuan di Freemanson’s Tavern untuk mengukuhkan satu peraturan baku untuk sepak bola. Sebelas klub dan sekolah London mengirim perwakilannya. Dari pertemuan ini lahir organisasi sepak bola Inggris; The Football Association (FA). Kekompakan kelompok tersebut semakin kuat sehingga membuat gerah penggemar Rugby. Akhirnya pada tanggal 8 Desember 1863, rugby memutuskan untuk berpisah. Kini ada Rugby School dan The Football Association.

Pada tahun 1869, para anggota The Football Association (sering disebut Asscociation) mulai mengukuhkan larangan memegang bola saat bermain. Ini adalah cikal bakal diterapkannya peratuan hands-ball pada permainan sepak bola. Sehingga jelas perbedaannya antara sepak bola dengan rugby.

Tahun 1888, Williamk McGregor, pengurus Aston Villa mendekati 12 klib sepak bola yang ada untuk melakukan pertandingan rutin dan kemudian diberi nama English Footbal League. Dan kedua belas klub tersebut adalah:

  1. Accrington (Old Reds)
  2. Aston Villa
  3. Balckburn Rovers
  4. Bolton Wonderes
  5. Burnley
  6. Derby County
  7. Everton
  8. Notts County
  9. Preston North End
  10. Stoke City
  11. West Bromwich Albion
  12. Wolverhampton Wanderers

Setelah Itu, barulah pada 8 September di tahun yang sama, pertandingan pertama pada English Football League diselenggarakan. Kompetisi di Inggris itu sekaligus menandakan lahirnya sepak bola modern.

Sejarah Singkat Sepak Bola Indonesia

Sejarah Sepak Bola Indonesia
testing-akalsejarah.blogspot.co.id

Tahukah Anda bahwa Indonesia pernah menjadi peserta piala dunia? Tepatnya pada piala dunia yang ketiga pada tahun 1938 di Perancis. Saat itu, Indonesia masih menggunakan nama Hindia Belanda. Beberapa pemain yang kala itu ikut bertanding antara lain; Sutan Anwar, Tan Djien, Frans Meeng, Jack Sanniels, A. Nawir, Tan Mo Heng, Henks Sommers, Suvarte Soedermadji, Tjaak Pattiwael, Frans Hu Kom dan Hans Taihuttu.

Pada piala dunia tersebut ada 16 negara yang turut serta, antara lain, Italia, Norwegia, Perancis, Belgia, Brazil, Polandia, Cekoslowakia, Belanda, Hongaria, Hindia Belanda(Indonesia), Swiss, Jerman, Swedia, Austria, Kuba, dan Rumania. Sayangnya, Indonesia langsung menyerah di babak pertama dengan sistem gugur melawan tim kuat Hungaria dengan skor telak 6 : 0. Hungaria kemudian menjadi runner up setelah dikalahkan Italia di pertandingan final dengan skor 4 : 2.

Setelah piala dunia tersebut, Indonesia tidak pernah lagi berlaga di pentas sepak bola sejagad itu. Sayangnya, Indonesia selalu gagal saat babak penyisihan zona Asia saja.

Nah, begitulah sejarah singkat sepak bola dunia dan Indonesia. Kini di zaman modern, olahraga ini sudah menjadi yang paling populer di dunia mengalahkan cabang olahraga lainnya bahkan yang lebih dahulu ada. Sepak bola bukan hanya menjadi sebuah olahraga dan permainan tapi berkembang menjadi sebuah industri di mana banyak orang yang menjadikannya sebagai sumber pendapatan utama.

Tinggalkan komentar