Sel Tumbuhan Dan Fungsinya

SEL TUMBUHAN DAN FUNGSINYA – bagian tumbuhan memiliki perannya masing-masing yang tiap perannya berbeda-beda satu dengan lainnya. Namun perbedaan tersebut memiliki satu tujuan yaitu untuk megaktifkan berbagai macam jaringan-jaringan, organ, dan sistem organ sehingga dapat aktif dan bergerak seperti normalnya bergerak.

Macam-macam sel tumbuhan dan fungsinya

smpn6bandarlampung.sch.id

Untuk dapat menjalankan fungsinya beberapa dari organel sel yang dalam pembentukannya terdapat sedikit perbedaan namun tetap membangun dan bekerjasama untuk satu dengan lainnya. Sama halnya dengan sel yang dimiliki oleh hewan manusia tiap-tiap selnya memiliki pekerjaan yang berbeda-beda namun tetap dalam satu tujuan utama yang besar. Berikut ini beberapa sel tumbuhan beserta fungsinya.

Pertama yaitu nukleus yaitu merupakan salah satu dari sekian banyak sel organ lainnya dimana fungsi dari nukleus ini yaitu adalah untuk mengontrol dan mengoordinir proses terjadinya metabolisme yang bekerja didalam sel tumbuhan itu sendiri.

Kedua yaitu Mitokondria yang memiliki fungsi untuk memecah karbohidrat kompleks yang terdapat pada jaringan-jaringan tumbuhan dan juga untuk memecahkan gula sehingga dapat dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri untuk difungsikan sebagai mana mestinya.

Dapat dimanfaaatkan untuk tumbuhan untuk berbagai macam penggunaan fungsin lainnya secara bersamaan dengan satu tujuan tersebut maka dapatlah satu tumbuhan bekerja dengan baik, itulah yang biasanya disebut dengan tumbuhan sehat yang tidak mati sama sekali karena ia dapat bekerja dengan baik segbagai mana mestinya.

Ketiga yaitu adalah badan golgi yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk mengangkut zat kimia dari luar ke dalam setelah lemak dan protein disintesis oleh retikulum endoplasma yang mengerjakannya sesuai tugas yang telah biasa dilakukan.

Keempat yaitu adalah Vakuola, vakuola ini adalah yang berfungsi sebagai pengatur tekanan tugor serta berfungsi sebagai penyimpan zat kimia terbanyak, bahkan bisa dikatakan dapat membatu pencernaan intraselular pada molekul kompleks.

Kelima yaitu peroksistom, Fungsi dari sel yang satu ini yaitu memecah asam lemak menjadi fungsi gula atau glukosa, serta mdapat membantu untuk pembentukan kloroplasma dalam melakukan proses fotorespirasi.

Meskipun begitu perokistom ini juga terletak beberapa bagian tubuh dan mengerjakan berbagai macam tugas, namun tugas-tugas tersebut tetaplah dalam satu tujuan yang sama tidak berbeda sama sekali dengan yang lainnya karena mereka satu tujuan untuk dikerjakan bersama-sama.

Tinggalkan komentar