Pengertian Sendi Peluru Lengkap Beserta Contoh dan Gambar

SENDI PELURU – Terbentuknya kerangka tubuh pada manusia bisa terjadi akibat adanya hubungan antara tulang yang satu dengan tulang lainnya.

Hubungan antartulang disebut pula artikulasi, agar bisa bergerak, pada hubungan antar tulang terdapat struktur khusus, strutur ini dinamakan dengan sendi.

Pengertian Sendi

sendi peluru
kabarmaya.co.id

Sendi merupakan penghubung antar tulang sehingga tulang bisa digerakkan. Sendi juga menjadi perantara antara tulang yang satu dengan tulang yang lainnya sehingga tulang tersebut menyatu.

Hubungan antartulang dibiasa disebut dengan artikulasi. agar terjadinya artikulasi maka dibutuhkan sendi. Sendi diapit oleh tulang rawan yang merupakan bantalan untuk sendi. sendi di ikat oleh ligamen. ligamen adalah bahan yang kuat dan lentur.

Pengertian Sendi Peluru

sendi peluru
zakapedia.com

Sendi peluru adalah bagian dari jenis persendian diartrosis. Sendi peluru ini menghubungkan antara tulang yang satu dengan tulang yang lain memungkinkan terjadinya pergerakan ke segala arah.

Contoh dari sendi peluru ini adalah hubungan tulang lengan atas dengan tulang belikat. Bahan penyusunnya antara lain kapsula sendi adalah lapisan berserabut yang melapisi sendi.

Pada bagian dalamnya terdapat rongga, ligamen (ligamentum) yang merupakan jaringan pengikat yang mengikat luar ujung tulang yang saling membentuk persendian.

Ligamentum juga berfungsi mencegah dislokasi, tulang rawan hialin (kartilago hialin) adalah jaringan tulang rawan yang menutupi kedua ujung tulang yang erguna untuk menjaga benturan dan cairan sinovial adalah cairan pelumas pada kapsula sendi.

Macam-Macam Sendi Berdasarkan Arah Gerakannya

sendi peluru
sendipedia.com

Berikut ini adalah macam-macam sendi berdasarkan arah gerakannya, yakni;

  • Sendi Engsel
    Sendi Engsel merupakan hubungan antar tulang yang memungkinkan gerakan satu arah maju atau mundur.
    Contoh sendi engsel adalah persendian pada siku, lutut, dan persendian antararuas jari tangan.
  • Sendi Peluru
    Sendi Peluru merupakan hubungan antar tulang yang memungkinkan gerak ke segala arah.
    Contoh sendi peluru adalah persendian antara tulang paha dan tulang gelang panggul serta antara persendian pangkal lengan atas dan gelang bahu.
  • Sendi Putar
    Sendi Putar merupakan hubungan antartulang yang memungkinkan gerakan tulang yang satu mengelilingi tulang lainnya sebagai poros.
    Contoh sendi putar adalah persendian tulang tengkorak dan tulang atlas serta persendian tulang hasta dan tulang pengumpul.
  • Sendi Geser
    Sendi Geser merupakan hubungan antartulang yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang yang lain.
    Contoh sendi geser adalah persendian antartulang karpal.
  • Sendi Pelana
    Sendi Pelana adalah antartulang yang memungkinkan gerakan tulang ke dua arah yang saling tegak lurus seperti gerakan orang naik kuda.
    Contoh sendi pelana adalah persendian tulang tumit dan tulang kering.

Tinggalkan komentar