Penjelasan Sendi Putar Beserta Sifat Lengkapnya

SENDI PUTAR – sendi merupakan penyambung para tulang sehingga tulang bisa digerakkan. Sendi juga perantara dari tulang satu dengan tulang-tulang lainnya sehingga tulang dapat menyatu. Hubungan antara tulang ini biasanya disebut dengan artikulasi.

Agar artikulasi bisa terjadi, maka diperlukannya suatu sendi. Sendi ini akan diapit oleh tulang-tulang rawan yang termasuk dalam bantalan untuk sendi. Sendi ini akan di ikat oleh ligamen. Sedangkan ligamen adalah suatu bahan yang lentur tapi tetap kuat.

Macam-macam Sendi Berdasarkan Arah Gerakannya

Sendi Putar

Sendi memiliki 2 peran utama yang sangat penting, yaitu sendi sebagai arah gerak, dan struktur anatomi lokasinya. Untuk mengetahui lebih lanjut. Berikut penjelasan yang bisa Anda lihat di bawah ini:

1. Sendi sebagai alat gerak

  • Sendi Engsel

Sendi engsel merupakan hubungan antara tulang yang bisa melakukan gerakan satu arah mundur atau maju. Seperti persendian pada bagian siku, lutut, dan juga persendian antara ruas jari tangan.

  • Sendi Peluru

Sendi peluru merupakan hubungan antara tulang yang bisa melakukan gerak ke semua arah. Seperti persendian antara tulang gelang panggul dan tulang paha serta antara gelang bahu dan persendian pangkal lengan atas.

  • Sendi Putar

Sendi putar merupakan hubungan antara tulang yang bisa melakukan gerakan tulang yang satu dapat mengelilingi tulang lainnya sebagai inti poros. Contoh dari sendi putar merupakan persendian tulang tengkorak serta tulang atlas dan persendian tulang hasta serta tulang pengumpul.

  • Sendi Geser

Sendi geser merupakan hubungan antara tulang yang bisa memungkinkan gerakan tulang yang satu dapat menggeser pada tulang tulang yang lain. Contoh dari sendi geser adalah persendian antara tulang karpal.

  • Sendi Pelana

Sendi Pelana merupakan tulang yang dapat memungkinkan terjadinya gerakan tulang ke dua arah yang bisa saling tegak lurus seperti pada gerakan orang sedang naik kuda. Contoh dari sendi pelana merupakan persendian tulang kering dan tulang tumit.

2. Sendi Berdasarkan Sifat

Sendi menurut sifat dan sering juga dikatakan sebagai pergerakan atau juga fungsinya, antara lain sebagai berikut:

  • Sinartosis (Synarthrosis)

Atau Sendi mati adalah hubungan antartulang yang tidak memungkinkan terjadinya gerakan, contohnya persendian pada tulang tengkorak.

  • Amfiartrosis (Amphiarthrosis)

Atau Sendi kaku adalah hubungan antartulang yang hanya sedikit memungkinkan terjadinya gerakan. Contohnya sendi kaku adalah persendian tulang-tulang pergelangan tangan, persendian tulang pergelangan kaki, dan persendian ruas-ruas tulang belakang

  • Diartrosis

Atau Sendi gerak adalah hubungan antartulang yang memungkinkan terjadinya gerak, baik gerak satu arah, dua arah, maupun ke segala arah.

Itulah penjelasan sendi putar beserta sifat lengkapnya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar