Mengenal Seni Lukis Menggunakan Cat Air dan Perlengkapannya

Cat air atau yang populer dengan sebutan aquarel merupakan medium lukisan yang menggunakan pigmen pelarut air yang bersifat transparan. Walaupun medium permukaan yang digunakan bervariasi, namun medium yang biasa digunakan adalah kertas. Selain itu kita juga bisa menggunakan kulit, papyrus, kain, kayu atau kanvas.

Secara umum, cat air digunakan karena sifatnya yang transparan. Maka dari itu digunakan gouache yang merupakan medium pengencer air yang tidak transparan namun bersifat menutup. Karya lukisan yang dihasilkan cat air biasanya bersifat sangat ekspresif, atau bahkan bisa sangat impresif, tergantung dari teknik yang digunakan. Dalam seni lukis cat air ada beberapa peralatan yang digunakan, yaitu  :

Kuas

500px.com
500px.com

Bentuk kuas terbagi dua bentuk utama, yaitu yang berujung bundar dan yang berujung rata. Kuas yang berujung bundar biasanya memiliki seri 0000 hingga 24 tergantung dari jenisnya.

Kuas berukuran besar dan sedang biasanya digunakan untuk lukisan umum, sedangkan kuas yang berukuran kecil digunakan untuk melukis detail. Kuas dengan ujung rata digunakan agar sapuan warna secara luas dan juga merata pada lukisan. Ukuran kuas biasanya memiliki ukuran lebar dari 3 mm hingga 38 mm atau lebih besar lagi.

Cat

500px.com
500px.com

Cat yang digunakan dalam seni lukis cat air tersedia dalam tiga bentuk, yaitu pasta, cepuk besar, dan cepuk kecil. Bentuk cepuk yang besar maupun yang kecil berupa mangkuk berbentuk bujur sangkar atau persegi panjang kecil berisikan cat padat.

Bentuk pasta lebih nyaman jika digunakan dalam studio. Warna dapat dikeluarkan pada palet, disapukan dengan kuas basah. Sedangkan cat air berbentuk cepuk biasa digunakan untuk melukis di luar ruangan.

Kertas yang digunakan oleh pelukis cat air sangatlah penting. Kertas catridge adalah kertas yang ideal untuk menggambar. Dikarenakan kertasnya yang sangat tipis dan dapat bergelombang serta mengerut pada saat terkena air. Kertas yang paling cocok adalah kertas aquarel, tetapi harganya relatif mahal.

Demikianlah sedikit ulasan tentang seni lukis cat air yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Tinggalkan komentar