Seni Rupa Terapan dan Contoh Gambarnya

Seni rupa terapan merupakan seni rupa yang paling sering kita lihat dan bahkan kita manfaatkan fungsinya. Karena kita setiap hari tidak bisa lepas dari hasil karya seni rupa terapan. Karya seni rupa terapan ini tidak hanya bernilai seni saja, namun juga memiliki fungsi yang dapat menunjang berbagai kegiatan kita sehari-hari.  Jadi, seni rupa terapan adalah suatu karya seni yang tidak hanya digunakan untuk hiasan saja, namun mempunyai fungsi lain, yaitu memberikan manfaat bagi kehidupan sehari-hari manusia. Untuk mengetahui seperti apa seni rupa terapan, berikut ini beberapa contoh seni rupa terapan.

 

Arsitektur

meandbiology.wordpress.com
meandbiology.wordpress.com

Salah satu karya seni terapan yang sangat terkenal dan hasil dari karya nenek moyang bangsa Indonesia adalah Candi Prambanan. Candi Prambanan termasuk candi terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu peninggalan nenek moyang yang membanggakan.

Poster

www.posterbola.com
www.posterbola.com

Poster atau plakat merupakan desain grafis yang memuat gambar dan huruf di kertas dengan ukuran yang besar. Karya seni posditempel di dinding rumah atau kamarnya.

Poster juga bisa digunakan untuk alat atau media beriklan, propaganda, pendidikan, dan sebagainya.

Keramik

commons.wikimedia.org
commons.wikimedia.org

Keramik adalah suatu karya seni yang terbuat dari tanah liat. Namun, pengertin ini sudah tidak berlaku lagi karena keramik pada saat ini tidak hanya terbuat dari tanah liat saja. Oleh karena itu, pengertian keramik menjadi lebih luas yaitu semua karya atau kerajinan yang terbuat dari non-logam dan anorganik yang padat. (Yusuf, 1998:2)

Baju / Pakaian

www.panoramio.com
www.panoramio.com

..

Baju atau pakaian yang kita kenakan setiap hari merupakan salah satu karya seni rupa terapan. Selain itu, banyak juga di Indonesia pakaian yang memiliki seni yang menakjubkan, seperti busana adat, batik, dan sebagainnya.

Alat Transportasi Tradisional

beritadaerah.co.id
beritadaerah.co.id

Salah satu seni terapan adalah alat transportasi tradisional. Alat transportasi tradisional hingga saat ini masih bisa kita temukan di beberapa kota tertentu di Indonesia. Namun, keberadaannya sudah dibatasi dan kalah bersaing dengan transportasi tradisional. Sehingga untuk menarik peminat, transportasi tradisional ini sering diberi sentuhan seni agar tambah menarik. Contoh dari transportasi tradisional adalah delman, perahu tradisional, becak, dan sebagainya.

Senjata Tradisional

www.bali-artshop.de
www.bali-artshop.de

Di daerah tertentu di Indonesia, kita masih sering melihat senjata tradisional untuk alat menunjang pekerjaan. Namun, senjata tradisional sebagian besar digunakan untuk benda pusaka. Padahal, pada zaman dulu, senjata tradisional mempunyai manfaat yang cukup banyak, seperti berburu, bekerja, melawan musuh (berperang), dan benda pusaka.

Anyaman

panduanwisata.id
panduanwisata.id

Kerajinan yang satu ini tak dapat lekang oleh waktu. Kita masih sering melihat produk anyaman di berbagai daerah di Indonesia, terutama daerah pedesaan. Biasanya, produk hasil anyaman ini digunakan oleh ibu-ibu untuk belanja di pasar tradisonal. Bahkan, di kota-kota besar, produk anyaman di kemas dengan cara yang modern sehingga mempunyai nilai yang tinggi.

Tinggalkan komentar