Sepak Terjang Sepak Bola Indonesia

Sepak bola adalah permainan olahraga dengan alat bola yang dimainkan oleh 2 tim. Masing masing tim terdiri dari sebelas pemain. Sepak bola hari ini dimainkan lebih dari 250 juta orang di dua ratus Negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sepak bola Indonesia juga sangat syarat akan cerita dan lika liku dalam kisahnya.

Sepak bola Indonesia dimulai sejak tahun 1914 kala Indonesia masih dalam masa Kolonial Hindia Belanda. Kompetisi kala itu masih ranah kota di Jawa yang hanya di juarai hanya dua tim yang dominan yaitu Batavia City dan Soerabaja City. Sejarah Sepak Bola Modern di tanah air dimulai dengan terbentuknya Organisasi yang dinamakan PSSI singkatan dari Persatuan Sepak Bola Indonesia.

PSSI didirikan pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta dengan diketuai oleh Soeratin Sosroegondo. Walaupun PSSI dilahirkan di Jaman Kolonial belanda, namun Organisasi ini menentang Penjajahan.

Sepak bola Indonesia
Sepak bola Indonesia – tribunnews.com

Jika dilihat dan di analisa saat sebelum, sesudah dan selama kelahirannya, PSSI dibidani Politisi bangsa yang langsung ataupun secara tidak langsung. Organisasi ini juga menjadi strategi memupuk benih benih nasionalisme pemuda di Tanah Air.

Setelah wafatnya ketua PSSI yang pertama, prestasi sepak bola Indonesia tidak terlalu memuaskan karena pembinaan tim nasional tidak di imbangi dengan pengembangan organisasi dan Kompetisi dalam negeri.

Pada era tahun 1970-an beberapa pemain Indonesia sempat bersaing di kancah Internasional seperti Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasarani dan juga Tan Liong Houw. Didalam perkembangannya, PSSI juga memperluas kompetisi sepak bola Indonesia diantaranya menggelar Liga super Indonesia, Divisi Utama, Divisi Satu dan juga Divisi Dua untuk pemain non Amatir dan juga divisi tiga untuk pemain amatir.

Selain itu, PSSI juga aktif dalam mengembangkan sepak bola Indonesia khususnya Wanita dalam kompetisi Umur Tertentu seperti U – 15 sampai U – 23. Namun sayang, dalam sejarah panjang Sepak Bola Indonesia tersebut, Indonesia masih belum mampu meraih Prestasi Sepak Bola Indonesia di Level Internasional.

Sepak Bola Indonesia membutuhkan Manajemen bola yang bertekat untuk merubah sepak bola nasional menjadi lebih baik kedepannya dan meraih prestasi di kancah Internasional.

Tinggalkan komentar