Sepak Terjang Tokoh Game Legendaris Super Mario Selama 30 Tahun

Masih ingat dengan game Super Mario? Bagi kamu yang hidup pada era 80-an atau 90-an pasti sangat familiar dengan game ini dan bahkan sering memainkannya. Memang, game Super Mario bukanlah game yang pertama kali mengangkat tema dan genre side scrolling, namun tidak dapat dipungkiri lagi bahwa game Super Mario merupakan icon dan legenda dalam video game. Mau tahu lebih detail mengenai game Super Mario? Yuk, ikuti sepak terjang tokoh game legendaris ini selama 30 tahun.

 

Pertama Muncul di Donkey Kong

www.fitwit.com
www.fitwit.com

Mungkin, banyak yang nggak tahu bahwa tokoh Mario pertama kali muncul bukan dari game Super Mario, melainkan tokoh ini dimunculkan pada game Donkey Kong. Game yang dikeluarkan pada tahun 1981 ini menampilkan Mario sebagai tokoh yang bernama Jumpman. Pekerjaan yang digambarkan dalam game ini juga sangat berbeda. Dalam game super Mario, tokoh Mario digambarkan sebagai tukang ledeng, sedangkan dalam game Donkey Kong digambarkan sebagai tukang kayu. Untuk tugasnya yang harus dilakukan dalam game ini adalah menyelamatkan pasangannya yang bernama Pauline dari gangguan Donkey Kong.

 

Menjadi Jahat di Donkey Kong Jr

www.youtube.com
www.youtube.com

Sari berikutnya dari game Donkey Kong bernama Donkey Kong Jr. Dalam game ini, tokoh mario juga dimunculkan, namun perannya sebagai tokoh jahat dan Donkey Kong Jr, anaknya Donkey Kong sebagai tokoh baiknya. Donkey Kong Jr bertugas untuk meyelamatkan ayahnya, Donkey Kong dari sekapan mario di dalam kerangkeng besi. Untuk melepaskan ayahnya dari kerangkeng besi, Donkey Kong Jr. Dituntut untuk merebut kunci dari tangan Mario.

Mario Bros

www.teknoologia.com
www.teknoologia.com

Pada akhirnya tokoh Mario kembali dimunculkan sebagai tokoh baik dalam game yang bernama Mario Bros yang dikeluarkan pada tahun 1983. Namun, pada game ini belum ada embel-embel super. Game yang penampilannya sangat sederhana ini menuntut Mario untuk membunuh musuh-musuhnya yang keluar dari pipa air serta menghindari bola ai yang melayang-layang tanpa arah.

 

Super Mario

Super_Mario_Bros
www.emuparadise.me

Nah, game yang dikeluarkan pada tahun 1985 ini dianggap tahun keemasan dari tokoh Mario. Di game ini juga sudah ada embel-embel super pada Mario. Karena memang tokoh Mario di dalam game yang berjudul Super Mario ini memiliki kekuatan super. Berbagai rintangan harus dilewatinya untuk menyelamatkan ssang putri dari sekapan monster bawah tanah. Inilah kali pertama terdapat berbagai macam rintangan. Mungkin, inilah versi game Mario yang tidak akan dilupakan bagi pecinta game pada tahun 80-an dan 90-an.

Super Mario Bros 2

www.youtube.com
www.youtube.com

Karena pada tahap awal game Super Mario sangat sukses, maka Konami, perusahaan game mengeluarkan lagi seri selanjutnya yang berjudul Super Mario Bros 2. Dalam game ini, rintangan yang ada di game Super Mario diperbarui dan grafiknya pun dibuat lebih baik. Apakah rintangannya hanya diperbarui saja? Tentu saja tidak. Karena game ini merupakan seri kelanjutan dari game Super Mario, maka rintangannya juga dibuat lebih sulit dari sebelumnya. Inilah cikal-bakal game yang menguji kesabaran para pemainnya.

 

Super Mario Bros 3

www.techpanorma.com
www.techpanorma.com

Nah, dalam seri Super Mario Bros 3, semua terlihat lebih baik dari seri-seri sebelumnya. Game yang dikeluarkan pada tahun 1988 ini memunculkan Mario dengan berbagai macam kostum yang memiliki kekuatan super. Tampilan kostumnya memiliki tingkatan. Pokoknya, inilah seri game Mario yang paling keren dan paling matang dari sebelumnya dan menjadi awal dari berbagai macam spin-off lainnya di tahun-tahun berikutnya.

Tinggalkan komentar