7 Tanda Serangan Jantung Pada Wanita yang Biasanya Dia Abaikan. Cegah Sebelum Terlambat!

Serangan jantung terjadi setiap 34 detik sekali. Umumnya, serangan jantung ini dihubungkan dengan penyakit yang terjadi pada pria. Namun tahukah kamu kalau sakit jantung adalah pembunuh nomor 1 pada wanita?

Masalahnya adalah wanita merasakan gejala atau nyeri yang berbeda daripada pria. Saat wanita mengalami tanda-tanda akan terkena serangan jantung, wanita cenderung menganggapnya seperti penyakit yang tidak membahayakan nyawanya, seperti maag, flu, atau penuaan.

Biasanya, wanita menganggapnya masalah kecil karena ia merasa takut dan juga karena terlalu memperhatikan keluarganya dibanding dirinya sendiri. Ada banyak wanita yang terkejut kalau mereka juga berisiko terkena serangan jantung.

Berikut ini beberapa tanda yang paling sering terjadi pada wanita saat mereka sedang mengalami atau akan mengalami serangan jantung. Beberapa di antaranya akan membuatmu terkejut.

Kalau kamu atau orang yang kamu kenal mengalami gejala-gejala berikut ini, sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Tekanan di pusat dada yang membuat terasa tidak nyaman

littlethings.com
littlethings.com

Gejala ini, yang sering terasa seperti ditindih, bisa terasa dari ringan sampai parah, dan juga bisa datang dan pergi secara tiba-tiba. Gejala ini lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

Rasa lelah yang tidak biasa

littlethings.com
littlethings.com

Walaupun pria dan wanita bisa merasakan tertekan di dada yang terasa seperti diduduki oleh seekor gajah, wanita lebih sering mengalami serangan jantung tanpa adanya gejala tertekan di dada.

Jika seorang wanita merasa kelelahan yang tidak biasa, yang membuatnya merasa kesulitan untuk mengangkat barang, atau bahkan sekadar untuk berdiri, tanpa adanya alasan yang jelas (misalnya hari itu tidak berolah raga berat sama sekali), jelas ada yang tidak beres dengan kondisi tubuhnya.

Merasa tidak nyaman di bagian tubuh yang tampaknya tidak ada hubungannya dengan serangan jantung

littlethings.com
littlethings.com

Kamu boleh percaya atau tidak, tidak nyaman di daerah seperti leher, lengan, rahang, punggung, atau perut bisa jadi pertanda kuat kalau ada yang tidak bieres dengan peredaran darahnya. Tentu risiko sakit jantung membesar jika ada gejala ini. Hal ini lebih sering terjadi pada wanita daripada pria.

 

Rasanya seperti tidak nyaman di kepala

littlethings.com
littlethings.com

Kalau kepalamu terasa ringan, keringat dingin mendadak, dan napas yang terengah-engah “seperti kamu sudah berlari marathon, padahal kamu belum banyak bergerak,” sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter. Gejala ini sering terjadi baik pada wanita dan pria.

Mual-mual

littlethings.com
littlethings.com

Mual-mual dan muntah, dibarengi dengan napas yang memburu dan rasa nyeri di rahang atau punggung, adalah beberapa gejala paling umum saat wanita akan terkena serangan jantung.

 

Gangguan pencernaan

littlethings.com
littlethings.com

Walaupun penyakit jantung itu sudah menjadi pembunuh wanita nomor 1, wanita sering berpikir gejala rasa tidak nyaman di daerah perut itu disebabkan oleh penyakit yang tidak terlalu membahayakan, seperti gangguan pencernaan, muntah, flu, atau penuaan.

 

Nyeri di leher, pundak, atau punggung bagian atas

littlethings.com
littlethings.com

Walaupun sering terasa seperti nyeri otot, rasa tidak nyaman di leher, pundak, atau punggung bagian atas adalah tanda sakit jantung yang lainnya. Hal ini lebih sering terjadi pada wanita.

 SHARE informasi penting ini ke orang-orang yang kamu sayangi, agar serangan jantung bisa dicegah sebelum nyawanya terenggut!

Tinggalkan komentar