Serunya Bermain Hill Walking Bersama Anak

Untuk mendekatkan hubungan kita dengan keluarga terutama anak-anak salah satunya adalah mengajak mereka keluar untuk bermain dan berekreasi, salah satu yang harus dicoba adalah dengan hiking atau hill walking, ini adalah sebuah kegiatan mendaki daerah perbukitan atau menjelajah kawasan bukit yang biasanya tidak terlalu tinggi.

Hiking dengan anak-anak adalah kesempatan bagus bagi hubungan keluarga, eksplorasi dan sukacita. Anak-anak pada umumnya memiliki pemikiran penasaran, dan suka akan sebuah petualangan. Mungkin kamu masih menyimpan pertanyaan yang penuh ketakutan untuk mengajak anakmu melakukan hiking, namun berikut adalah tips hiking bersama anak yang bisa meredam ketakutanmu.

1. Menyimpan tas hiking

Hal ini akan memudahkan kamu untuk hiking setiap saat dengan tas yang sudah siap untuk dibawa. Jangan lupa masukkan hal-hal penting bagi anak Anda seperti botol air, popok, tabir surya, baju dan makanan ringan.

2. Fokus pada kesenangan, bukan pada jarak

Saat bersama anak-anak jangan terlalu memikirkan jarak atau waktu tertentu, fokuskan pada hal yang menyenangkan dan eksplorasi diri mereka. Jarak dan waktu akan meningkat seiring meningkatnya kemampuan dan pertumbuhan anak.

3. Buat permainan/game dengan anak

Seorang anak pasti memiliki daya imajinasi yang tinggi yang didapatkan dari sebuah dongeng. Tidak ada salahnya jika Anda memasukkan permainan imajiner yang akan membuat perjalanan ini menjadi lebih menarik.

4. Hiking dengan piyama

Dengan masih mengenakan baju tidur, ini akan membuatnya sebagai petualangan kejutan. Hiking bisa saja hanya dengan mengajaknya berjalan di sekitar rumah, ke sungai atau ke bukit terdekat. Hal ini akan membuat anak-anak merasakan arti sebenarnya dari petualangan yang spontan.

5. Istirahat

Anak-anak memang penuh energi, namun tubuh kecil mereka tetep memerlukan istirahat, Katakan “ya” ketika anak-anak ingin mengambil istirahat. Dengan berhenti akan memungkinkan semua orang untuk melihat pemandangan dan mendengar suara yang mungkin diabaikan saat sedang bergerak.

6. Berikan anak-anak kita buku perjalanan yang kosong agar diisi

Berikan kebanggaan anak-anak tentang pengalaman mereka dengan memberi buku untuk melacak petualangan dan pengamatan mereka melalui tulisan dan gambar. Hal ini juga dapat meningkatkan daya pengamatan, mengingat dan menulis pada anak Anda.

Itulah beberapa hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat kegiatan hiking kamu dengan anak-anak menjadi lebih menyenangkan dan memberi kesan yang baik pada anak. Selain itu dengan kita ajak anak bermain di alam, anak dapat berimajinasi dan mengeluarkan ide-ide yang tersimpan di dalam dirinya.

Anak mengekspresikan pengetahuan yang dia miliki tentang dunia dan kemudian juga sekaligus bisa mendapatkan pengetahuan baru, dan semua dilakukan dengan cara yang menggembirakan hatinya. Tidak hanya pengetahuan tentang dunia yang ada dalam pikiran anak yang terekspresikan lewat bermain, tapi juga hal-hal yang ia rasakan, ketakutan-ketakutan dan kegembiraannya.

Tidak sedikit anak-anak yang terkesan pada suatu peristiwa disaat bermainnya dan kemudian menuangkan dalam sebuah gambar di kertas, ini bisa diartikan bahwa proses bermainnya membangkitkan idenya dalam berkreasi sehingga merangsang kemampuannya untuk melatih daya ingat pada detil peristiwa tersebut.

Satu pemikiran pada “Serunya Bermain Hill Walking Bersama Anak”

Tinggalkan komentar