Setelah Melihat Perjuangan Mereka, Apa Kamu Masih Berani Mengeluh Soal Pendidikan?

Pendidikan adalah salah satu hal penting dalam hidup, apakah itu pendidikan formal maupun informal. Untuk mendapatkan pendidikan yang baik, khususnya pendidikan formal, memang membutuhkan banyak effort. Effort atau usaha di sini bisa berupa fisik maupun finansial. Selain itu, untuk menunjang tercapainya sistem pendidikan yang baik juga dibutuhkan infrastruktur yang memadai.

Nah, di beberapa belahan negara, infrastruktur untuk menunjang sistem pendidikan masih belum baik. Hal ini tentu membuat para pelajar cukup kesulitan ketika ingin pergi ke sekolah, misalnya.

Hari ini kita ingin memperlihatkan 16 foto yang menggambarkan perjuangan anak-anak di berbagai negara untuk menuju ke sekolah mereka. Kebanyakan kendala yang anak-anak ini hadapi adalah infrastruktur. Mereka tidak difalitasi dengan jalan, jembatan dan sistem transportasi yang baik. Ada juga kendala karena bencana alam seperti banjir. Namun mereka tetap semangat untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Setelah melihat foto-foto ini, mudah-mudahan kamu tidak lagi mengeluh ya soal sekolah maupun kuliah. Apalagi mengeluh karena hal-hal sepele seperti capek dan malas, OK?

 

Melewati Pinggiran Pantai

REUTERS/Lorgina
REUTERS/Lorgina

Seorang wanita sedang menuntun anak-anak sekolah melintasi bagian pinggir pantai yang berbatu. Itu adalah hari pertama mereka sekolah di Sitio Kinabuksan, Desa Kawag, Subic, Provinsi Zambales, Manila bagian Utara. Foto ini diambil pada tanggal 1 Juni 2015 oleh Lorgina Minguito via REUTERS.

Melewati Tebing

REUTERS/Stringer via
REUTERS/Stringer via

Seorang laki-laki sedang mengawal anak-anak sekolah di wilayah Shengji, Kota Bijie, Provinsi Guizhou saat melewati sebuang tebing yang cukup tinggi. Foto ini diambil pada 12 Maret 2013 oleh Stringer via REUTERS. Bandingkan dengan perjuangan kamu untuk sekolah. Apa sebanding?

Jembatan Rusak

REUTERS/Beawiharta
REUTERS/Beawiharta

Anak-anak SD dan SMP di wilayah Lebak, Banten, sedang melewati sebuah jembatan dalam kondisi rusak. Mereka menuju ke sekolah mereka di Desa Sanghiang Tanjung. Foto ini diambil pada 19 Januari 2012 oleh Beawiharta via REUTERS. Coba sebutin, seberapa berat perjuangan kamu ke sekolah atau ke kampus kamu?

Di Atas Dinding Benteng

REUTERS/Vivek Prakash via .
REUTERS/Vivek Prakash via
.

Anak-anak sekolah ini sedang melewati papan di atas Benteng Galle, Sri Langka. Foto ini diambil pada 8 Juli 2009 oleh Vivek Prakash via REUTERS.

Melewati Track Sulit

REUTERS/Stringer
REUTERS/Stringer

Sejumlah anak-anak sekolah dituntun oleh guru mereka sepulang dari sekolah di wilayah Weining Yi, Hui, Miao, Provinsi Guizhou, Cina. Foto ini diambil pada 19 Januari 2012 oleh Stringer via REUTERS. Untuk pergi dan pulang sekolah, anak-anak kecil ini harus menempuh track sesulit ini.

Walau Banjir

REUTERS/Ranoco
REUTERS/Ranoco

Sejumlah siswa di Taytay, Provinsi Rizal, Manila bagian utara, mengenakan sepatu boot karet saat masuk ke dalam kelas untuk belajar. Foto ini diambil pada 18 Juli 2007 oleh Ranoco via REUTERS. Kondisi ini disebabkan karena banjir yang melanda wilayah Taytay waktu itu. Namun anak-anak di sana tetap semangat untuk sekolah.

Melewati Reruntuhan

REUTERS/Stringer
REUTERS/Stringer

Sejumlah anak di Zhengzhou, Provinsi Henan, Cina, sedang berjalan melintasi reruntuhan bangunan setelah pulang dari sekolah. Foto ini diambil pada 9 Januari 2015 oleh Stringer via REUTERS.

Banjir di Jammu

REUTERS/Mukesh Gupta
REUTERS/Mukesh Gupta

Dua orang anak sedang mengangkut bangku sekolah mereka di Desa Bassi Kalan, Jammu, India. Walaupun sekolah mereka terkena banjir, semangat mereka untuk sekolah tidak kendor. Foto ini diambil pada 10 Agustus 2011 oleh Mukesh Gupta via REUTERS.

Menyeberangi Sungai

REUTERS/Stringer
REUTERS/Stringer

Tiga orang anak SD sedang menenteng sepatu dan tas mereka ketika ingin menyeberangi sungai di Desa Nagari Koto Nan Tigo, Sumatera Barat. Foto ini diambil oleh Stringer pada 14 November 2012 via REUTERS. Bagi anak-anak seusia mereka, menerobos arus sungai tentu cukup berbahaya.

Berdesakan

REUTERS/Amr Abdallah Dalsh
REUTERS/Amr Abdallah Dalsh

Anak-anak di Gharbia, bagian utara Kairo, menuju sekolah dengan angkutan seadanya dan berdesak-desakkan. Anak-anak kecil ini harus bergelantungan di bagian belakang angkutan. Foto ini diambil oleh Amr Abdallah Dalsh via REUTERS pada 12 Maret 2012.

Walau Suasana Perang

REUTERS/Nikola Solic
REUTERS/Nikola Solic

Seorang pelajar di Afganistan melintas di depan tentara AS. Walaupun suatu waktu ada kemungkinan peluru nyasar, pelajar ini tetap sekolah. Foto ini diambil oleh Nikola Solic via REUTERS pada 12 Oktober 2009.

Melewati Jembatan Kecil

REUTERS/Danish Ismail
REUTERS/Danish Ismail

Beberapa pelajar melewati jembatan setapak yang cukup berbahaya di Srinagar, India. Foto ini diambil oleh Danish Ismail pada 11 Mei 2012. Kamu patut bersyukur jika perjuangan kamu saat sekolah tidak seberat ini.

Menyeberangi Sungai Deras

REUTERS/Stringer
REUTERS/Stringer

Dua orang pelajar SD sendang menerobos arus sungai untuk menuju sekolah di Desa Nagari Koto Nan Tigo, Sumatera Barat. Foto ini diambil pada 14 November 2012 oleh Stringer via REUTERS. Setelah melihat gambar ini, apa kamu masih merasa pantas untuk mengeluh soal permasalahan sepele di sekolah maupun kampus kamu?

Walau Kabut

REUTERS/Sigit Pamungkas
REUTERS/Sigit Pamungkas

Para pelajar di Sampit, Kalimantan Tengah, tetap semangat menuju ke sekolah walaupun kondisi berkabut. Foto ini diambil oleh Sigit Pamungkas via REUTERS pada 28 September 2012.

Harus Melewati Sungai dengan Perahu

REUTERS/Aguk Sudarmojo dari Antara Foto
REUTERS/Aguk Sudarmojo dari Antara Foto

Sejumlah pelajar di Bojonegoro menyeberangi sungat Bengawan Solo dengan perahu kayu untuk menuju ke sekolah. Foto ini diambil oleh Aguk Sudarmojo dari Antara Foto via REUTERS PADA 7 April 2015.

Walau Badai

REUTERS
REUTERS

Sejumlah pelajar di Toronto, Kanada, tetap ke sekolah walaupun sedang ada badai musim dingin. Foto ini diambil pada 12 Desember 2000 via REUTERS.

Tinggalkan komentar