Sholat Hajat Sebagai Senjata Pamungkas Untuk Menggapai Mimpimu

Pasti kamu memiliki kebutuhan dan keinginan di dalam dunia ini, dan bahkan keinginan tersebut selalu ada dan tidak terbatas. Mulai dari hal kecil hingga besar. Bagi kamu yang beriman, tentunya segala kebutuhan, harapan, cita-cita, dan keinginan tersebut, bisa dicapai dengan cara meminta kepada Allah dengan Shalat Hajat selain juga dengan berusaha.

Shalat Hajat ialah shalat sunat yang dikerjakan karena sesorang mempunyai maksud atau keperluan dan berharap jika Allah SWT mengabulkannya.

Shalat Sunnah Seusai Shalat Jum'at
wikimedia.org

Shalat hajat dilakukan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 raka’at dengan salam di setiap 2 rakaat. Shalat ini dapat dilakukan setiap waktu asalkan tidak pada waktu-waktu yang dilarang untuk melakukan shalat. Dan berikut tata cara Shalat Hajat.

  1. Yang harus dilakukan dalam sholat ialah niat terlebih dahulu. Niat yang diucapkan adalah niat khusus untuk shalat Hajat.
  2. Setelah niat lalu Membaca do’a iftitah seperti pada sholat yang lain.
  3. Kemudian Membaca surat Al-Fatihah
  4. Setelah itu Membaca salah satu surat didalam Al-Qur’an.
  5. Dan Ruku’ dengan membaca Tasbih tiga kali
  6. Kemudian I’tidal dengan membaca bacaannya
  7.  Lalu Sujud dengan membaca Tasbih 3 kali
  8. Kemudian Duduk diantara dua sujud dengan membaca bacaannya
  9. Lalu Sujud lagi dengan membaca Tasbih 3 kali
  10. Setelah rokaat pertama lalu lakakuan rokaat kedua seperti yang telah dipaparkan diatas, lalu kemudian tasyahud akhir , setelah selesai sholat maka membaca salam dua kali.

Dan Dari beberapa keterangan yang terdapat didalam kitab-kitab, shalat ini telah banyak membuktikan keampuhan atau terkabulnya seluruh permohonan dari yang mereka inginkan kepada Allah, sebagaimana yang terdapat pada alqur’an. Shalat hajat juga merupakan bagian dari rahmat dari Allah SWT untuk para hamba-Nya. Pada pelaksanaan shalat hajat ini sangat mudah dan bisa dilakukan pada siang hari ataupun malam hari, tidak seperti pada shalat – shalat lainnya secara umum. Tidak seperti sholat sunah lain yang telah ditetapkan waktunya.

Itulah tadi sedikit pembahasan tentang sholat tahajud, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sholat tahajud bisa menjadi gaya hidup kita.

Tinggalkan komentar