Sifat dan Keteladanan Nabi Yusuf ‘Alaihi Salam yang Patut Kita Tiru

Nabi Yusuf ‘alaihi salam merupakan salah satu dari 25 rasul Allah yang wajib umat Islam ketahui. Beliau adalah putra nabi Ya’kub ‘alaihi salam yang juga merupakan rasul Allah. Nabi Yusuf merupakan putra ketujuh dari 12 putra-putri nabi Ya’kub.

Sebagai rasulullah, banyak keteladanan dan sifat yang bisa kita teladani dari beliau. Apa saja keteladanan beliau tersebut? Berikut beberapa sifat dan keteladanan nabi Yusuf yang bisa kita contoh dalam menjalani kehidupan kita sehari-hari :

  1. Memiliki keahlian di bidang ekonomi. Nabi Yusuf pernah berkata, “hendaklah kamu bercocok tanam selama 7 tahun berturut-turut dengan bersungguh-sungguh. Kemudian apa yang kamu panen hendaknya kamu biarkan di tangkainya kecuali sedikit untuk kamu makan”.
    Dengan kata lain beliau menyuruh kepada kita agar bekerja dengan sungguh-sungguh dan bila kita sudah mendapat hasil dari pekerjaan kita, janganlah dikeluarkan secara boros, melainkan keluarkan yang cukup untuk kita makan saja.

    www.pbs.org
    www.pbs.org
  2. Tidak mudah tergoda saat diuji dengan wanita yang cantik jelita. Sebagaimana telah kita ketahui, nabi Yusuf sering sekali digoda oleh ibu angkatnya yaitu Siti Zulaikha. Akan tetapi dengan ketaqwaannya kepada Allah SWT beliau mampu menahan hawa nafsu beliau dari godaan tersebut.
  3. Lebih memilih hidup di penjara daripada bermaksiat kepada Allah. Sikap seperti ini hanya dimiliki oleh seorang mukmin sejati.
  4. Memaafkan saudaranya yang telah mencoba mencelakai beliau. Dengan kebesaran hatinya, beliau akhirnya memaafkan perbuatan jahat saudara-saudaranya meskipun beliau sanggup untuk mengadakan pembalasan terhadap perbuatan jahat saudaranya tersebut.
  5. Tidak sombong meskipun beliau adalah orang tertampan di zamannya. Beliau adalah orang tertampan di zamannya. Meskipun begitu beliau tidak pernah menyombongkan diri dan tetap bersikap tawadhu’ kepada siapa saja.

Itulah beberapa keteladanan nabi Yusuf ‘alaihi salam yang harus kita ketahui. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

 

Tinggalkan komentar