Simbiosis Parasitisme antara Manusia dengan Makhluk Hidup Lainnya

SIMBIOSIS PARASITISME – Simbiosis merupakan interaksi yang terjadi pada ekosistem antar komponen biotik dengan tujuan untuk mempertahankan hidup. Simbiosis ini terbagi menjadi 6 jenis. Yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis parasitisme, simbiosis netralisme, simbiosis amensalisme, dan simbiosis kompetisi.

Macam-macam simbiosis tersebut ada yang saling menguntungkan dan ada juga yang dirugikan salah satu dari komponen biotik atau mahluk hidup yang terkait di dalam simbiosis. Pada artikel ini kita akan membahas tentang simbiosis parasitisme yang terjadi pada manusia. Untuk lebih jelasnya, mari kita lanjut membaca artikel ini.

Pengertian Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme
Sumber: 2.bp.blogspot.com

Apa itu simbiosis parsitisme? Simbiosis parasitisme adalah hubungan timbal balik yang terjadi pada dua komponen mahluk hidup yang mana pada salah komponen mahluk hidup diuntungkan dan yang lainnya dirugikan.

Simbiosis ini merupakan simbiosis yang tidak bagus, karena salah satu dari komponen makhluk hidup yang terkait dalam simbiosis ini ada yang dirugikan. Sayangnya, simbiosis ini banyak terjadi dilingkungan sekitar kita. Bahkan manusia pun tidak luput dari simbiosis parasitisme.

Simbiosis ini bisa terjadi pada diri kita dengan tanpa sepengetahuan kita atau tanpa kesadaran kita. Misal tanpa kita sadari pada rambut kepala kita terdapat kutu, terus pada sistem pencernaan terdapat cacing pita. Kutu atau cacing pita yang ada pada diri manusia merupakan suatu hal yang merugikan.

Seperti kutu, selain bisa menyebabkan kulit kepala gatel kutu juga hidup dengan memakan darah pada kulit kepala manusia. Begitu juga dengan cacing pita yang ada pada sistem pencernaan, cacing pita akan hidup dengan memakan sari-sari makanan yang dibutuhkan tubuh manusia.

Contoh Simbiosis Parasitisme pada Manusia

Kutu pada manusia
Sumber: 4.bp.blogspot.com

Ada banyak contoh simbiosis jenis ini, salah satunya seperti yang sudah disebutkan di atas yaitu cacing pita dengan manusia dan kutu dengan manusia. Selain contoh tersebut masih banyak lagi contoh-contoh dari simbiosis ini yang terjadi pada manusia, yaitu:

  • Cacing tambang dengan manusia.
  • Tikus dengan petani.
  • Rhinosporidium seeberi dengan manusia.
  • Nyamuk dengan manusia.
  • Triatomine dengan manusia.
  • Lintah dengan manusia.

Contoh-contoh tersebut tentunya suatu simbiosis yang tidak bagus bagi manusia, karena makhluk hidup-makhluk hidup tersebut memberikan kerugian pada manusia demi kelangsungan hidup makluk hidup tersebut. Demikian pembahasan pada artikel ini tentang pengertian dan contoh-contoh simbiosis parasitisme.

Tinggalkan komentar