Hal-Hal Tentang Sistem Akuntansi yang Perlu Kamu Ketahui

Jika kamu ingin memahami apa itu sistem akuntansi maka kamu harus paham terlebih dahulu tentang pengertian akuntansi itu sendiri. Karena dengan kamu faham tentang apa itu pengertian akuntansi maka kamu juga akan memahami bagaimana sistem akuntansi.

Berdasarkan para ahli ada beberapa pengertian sistem akuntansi yang bisa menambah wawasanmu, dan berikut beberapa contohnya:

Pengertian sistem akuntansi yang pertama dari Howard F. Settler yang mengatakan jika  “Sistem akuntansi itu merupakan formulir, catatan, sebuah prosedur, dan  juga alat-alat yang digunakan untuk mengolah data mengenai usaha suatu kegiatan ekonomi.

Dan jika menurut Warren, Reeve, Fees yang bisa kamu lihat di buku yang diterjemahkan oleh Aria Farahwati tahun 2005 pada halaman 234, sistem akuntansi merupakan  sebuah metode dan prosedur yang dilakukan untuk mengumpulkan informasi, mengklarifikasikan suatu kegiatan, menyimpulkan, dan melaporkan informasi operasi serta keuangan sebuah perusahaan.

Dilihat dari beberapa definisi di atas tentang  pengertian sistem akuntansi dari beberapa ahli, maka dapat diambil kesimpulan bahwa sistem akuntansi dibuat untuk memberikan informasi  tentang keuangan serta operasional yang dibutuhkan oleh manajemen sebuah perusahaan untuk dapat mempermudah dalam mengelola sebuah perusahaan.

andrikartini.blogspot.com
andrikartini.blogspot.com

Sistem akuntansi memiliki fungsi utama yaitu sebagai pendorong seoptimal mungkin sehingga sistem dalam sebuah perusahaan tersebut dapat menghasilkan berbagai informasi akuntansi yang terstruktur, tepat waktu, efisien, dan dapat dipercaya.

Unsur pokok pada sistem akuntansi yaitu formulir, catatan-catatan yang terdiri dari jurnal perusahaan, buku besar dan juga  buku pembantu serta  juga laporan-laporan yang lainnya.

Operasi suatu sistem akuntansi meliputi tiga tahapan:

  • Dalam operasi sistem akuntansi maka harus mengenal semua dokumen bukti transaksi yang akan digunakan oleh perusahaan, baik mengenai jumlah fisik serta jumlah rupiahnya, serta data penting lainnya yang berkaitan dengan transaksi perusahaan.
  • Dalam operasi sistem akuntansi maka harus dapat mengelompokkan dan mencatat semua data yang tercantum dalam dokumen bukti transaksi ke dalam catatan-catatan akuntansi.
  • Dalam operasi sistem akuntansi maka kamu harus meringkas informasi yang tercantum dalam catatan-catatan akuntansi menjadi sebuah laporan yang cepat dan mudah dipahami untuk diberikan kepada manajemen dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

Demikian penjelasan tentang sistem akutansi mulai dari pengertian, fungsi dan unsur sistem akuntansi semoga dapat menambah wawasan kamu mengenai sistem akuntansi.

Tinggalkan komentar