Penjelasan Singkat Tentang Sistem Eknomi Pasar

SISTEM EKONOMI PASARĀ – Sistem perekonomian melahirkan tindakan untuk memecahkan masalah-masalah dasar ekonomi dengan cara yang berbeda. Perbedaan dari setiap sistem ekonomi dengan cara yang berbeda. Perbedaan dari setiap sistem ekonomi suaatu negara memiliki cara tersendiri dalam mengambil keputusan berdasarkan permasalah ekonomi negaranya.

Sistem ekonomi itu bisa dibedakan menjadi lima yaitu sistem ekonomi pasar (market economy system), sistem ekonomi komando atau terpimpin (comman economy system), sistem ekonomi campuran (mixed economu system), sistem ekonomi pancasila dan sistem ekonomi syariah.

Dan pada kali ini kita akan membahas dua saja yaitu sistem ekonomi pasar.

Sistem Ekonomi Pasar

sistem ekonomi pasar
https://pastipajak.wordpress.com

Dalam sistem perekonomian pasar keputusan mengenai masalah-masalah ekonomi yang utama merupakan hasil dari keputusan bebas yang dibuat oleh produsen dan konsumen perorangan. Dengan kata lain, masalah-masalah ekonomi yang utama tersebut diserahkan kepada pasar. Oleh karena itu, sistem seperti ini dikenal sebagai ekonomi pasar bebas atau ekonomi pasar.

Jika sistem perekonomian komando ditunjukkan dengan sentralisasi pengambilan keputusan, dalam sistem ekonomi pasar, keputusan yang berhubungan dengan masalah ekonomi dasar didesentralisasikan, tetapi tetap terkoordinasi. Sebagai alat koordinasi utama adalah perangkat harga yang ditentukan oleh mekanisme pasar. Oleh karena itu, sistem ekonomi pasar sering dibuat dengan sistem harga.

Dengan demikian, dalam sistem perekonomian pasar, produsen dan individu (perseorangan) membuat keputusan-keputusan utama mengenai produksi dan konsumsi. Produsen berusaha untuk menghasilkan berbagai produk yang dapat mendatangkan keuntungan sebesar mungkin (menjawab masalah apa), dengan teknik produksi yang seefisien mungkin (menjawab masalah bagaimana).

Di pihak lain, individu membuat keputusan tentang konsumsi, yaitu keputusan yang menyangkut bagaimana individu membelanjakan upah dan pendapatannya (menjawab masalah untuk siapa). Sistem ekonomi pasa ini pada awalnya dianut negara Amerika Serikat dan sebagian besar negara-negara liberal di dunia, namun secarea murnim sekarang ini tidak ada satu pun negara yang menganut sistem ekonomi pasar.

Sekian pembahasan mengenai sistem ekonomi pasar. Semoga sedikit pembahasan kali ini dapat membantu Anda semua. Terima kasih sudah membaca.

Tinggalkan komentar